Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Virtual Reality Bisa Diterapkan di Berbagai Sektor Industri

20 Mei 2016
in News
Reading Time: 1 min read
HTC Kucurkan Dana  Bagi Startup VR

Teknologi virtual reality menjadi bisnis yang menjanjikan. (foto : ilustrasi/technical)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Virtual reality merupakan salah satu teknologi terkini yang tengah naik daun. Selama ini teknologi ini identik dengan permainan (game). Namun ternyata, penerapan virtual reality jauh lebih dari itu, termasuk di terapkan di berbagai sektor industri.

Hal itu diungkapkan oleh General Manager Jogja Digital Valley Samuel Henry, dilansir Antara baru-baru ini di Jogja.

Pria yang pernah menjadi mentor di program inkubasi milik Telkom ini memaparkan, kehadiran virtual reality juga dapat ‘mengganggu’ pelaku industri atau bisnis yang sudah ada. Dalam dunia startup, hal ini dikenal dengan istilah ‘disruptive’.

“Ketika virtual reality dibawa oleh startup ke sebuah industri, pariwisata misalnya, pemain di industri ini akan ‘terganggu’ oleh startup tersebut,” tutur Samuel.

Baca juga :   Primeskills Startup Penyedia Solusi Berbasis VR

Ia mencontohkan, candi-candi di Yogyakarta bisa dibuat menjadi aplikasi virtual reality. Dengan demikian, secara spesifik, yang ‘terganggu’ di sini adalah percetakan yang memproduksi brosur-brosur berisi penjelasan tentang candi-candi tersebut, dan si pemandu wisata tidak lagi harus menjelaskan gambaran candi-candi untuk mengajak para turis berkunjung ke sana.

Industri lainnya yang bisa memanfaatkan adalah industri real estate. Untuk mendemonstrasikan real estate besutannya, pengembang hanya perlu membuat konten berbasis virtual reality.

Untuk diketahui, di Amerika Serikat hal ini sudah menjadi strategi pemasaran. Pengembang real estate mengunggah konten tersebut secara cuma-cuma di situs jejaring sosial atau website mereka, lalu (calon) pembeli dapat melihat konten tersebut dengan smartphone dan perangkat mereka yang mendukung virtual reality.

Baca juga :   Kolaborasi Tel-U dan Bio Farma Hasilkan Sistem Pencahayaan Cerdas berbasis IoT

“Bukan cuma itu, di bidang pendidikan juga bisa kok. Misalnya untuk materi pelajaran anatomi tubuh. Itu bisa menggunakan virtual reality,” tutur Samuel.


MARCIA AUDITA

Editor : Stevy Widia

Tags: jogja digital valeysektor industriVirtual Reality (VR)
Previous Post

Mobil Kalabia Evo 5 Lolos Kompetisi Shell Eco-Marathon Eropa 2016

Next Post

Pemkot Bandung Targetkan 35.000 Wirausahawan Baru

Related Posts

Industri Game Lokal Bisa Mencapai US$ 600 Juta
News

Google Akuisisi Startup Produsen MicroLED Untuk Garap Virtual Reality

7 Mei 2022
0
Shinta VR
News

Millealab dan LPPM Universitas Andalas Inisiasi Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Virtual Reality

30 November 2021
0
Game Simulasi Bisnis Dalam Bentuk VR Bisa Pangkas Birokrasi
Headline

Game Simulasi Bisnis Dalam Bentuk VR Bisa Pangkas Birokrasi

13 Juni 2021
0
Load More
Next Post
mencetak wirausaha maju

Pemkot Bandung Targetkan 35.000 Wirausahawan Baru

Tingkatkan Penjualan, XL – Bhinneka.Com Jalin Kerjasama

Tingkatkan Penjualan, XL - Bhinneka.Com Jalin Kerjasama

Roadshow The NextDev 2016 dimulai di Yogyakarta

Roadshow The NextDev 2016 dimulai di Yogyakarta

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version