Viu Gandeng Institut Kesenian Jakarta

kiri-kanan: Varun Mehta – Country Head Viu Indonesia, Ilham Habibie – Presiden dan Founder dari Berkarya!Indonesia, Suzen Tobing – Wakil Rektor Institut Kesenian Jakarta, dan Dirmawan Hatta – Filmmaker dan Mentor Viu Shorts! (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Layanan video streaming, Viu menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), sekolah film dan seni tertua di Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk memajukan industri perfilman Indonesia. Kerjasama mencakup sejumlah program inisiatif Viu Indonesia, termasuk Viu Pitching Forum dan Viu Shorts!.

Varun Mehta, Country Manager Indonesia for Viu, mengatakan Viu berkomitmen terhadap visinya untuk memberikan investasi di industri kreatif lokal.

“Sejarah panjang IKJ dalam menciptakan sineas bertalenta menjadikan kolaborasi ini sebagai bukti komitmen tersebut. Bersama-sama, Viu dan IKJ, bersemangat untuk membawa sineas dan hasil karya Indonesia ke panggung global,” ungkap Varung dalam siaran pers Selasa (12/3/2019) di Jakarta.

Kolaborasi dengan IKJ adalah salah satu dari sekian banyak inisiatif yang dilakukan Viu Indonesia untuk membuktikan komitmennya dalam mendorong terbentuknya ekosistem perfilman Indonesia. Sejak kehadirannya di Indonesia, Viu telah menjadi wadah bagi sineas Indonesia untuk memamerkan hasil karya mereka.

Rektor IKJ, Seno Gumira Ajidarma mengatakan IKJ sangat menghargai keseriusan Viu, perusahaan global yang berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem perfilman nasional.

Baca juga :   Serial Meteor Garden Tayang di Viu Indonesia

“Inisiatif yang dijalankan Viu sesuai dengan komitmen kami kepada dunia film. Semoga kolaborasi ini dapat memajukan industri film di Indonesia, hari ini maupun di masa depan,” ujarnya.

Nota kesepahaman (MOU) antara Viu dan IKJ diantaranya berupa, kesempatan bagi siswa IKJ untuk bekerja magang dalam proses produksi Viu Originals. Selain itu membuka kesempatan bagi tim pengajar IKJ untuk memberikan kontribusi sebagai salah satu mentor di program Viu Shorts!, sebuah lokakarya film untuk remaja sekolah menengah atas di kota-kota kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Kesempatan bagi tim pengajar IKJ untuk memberikan kontribusi sebagai salah satu juri dan mentor dalam program Viu Pitching Forum 2019, sebuah program fasilitasi untuk mengembangkan dan membiayai ide cerita untuk film dan film seri oleh pembuat film Indonesia, untuk diproduksi sebagai Viu Originals. Kesempatan bagi siswa tingkat akhir IKJ untuk menampilkan karya akhir terbaik mereka di platform Viu selama satu bulan, setelah proses penyaringan bersama oleh Viu dan IKJ.

Baca juga :   Sambut HUT RI ke 74, HOOQ Hadirkan Konten FreePlay

Ada juga program beasiswa senilai Rp 500 juta akan diberikan kepada siswa berprestasi di bidang Sinematografi. Beasiswa ini memungkinkan siswa yang dipilih untuk belajar di IKJ selama empat tahun. Dan kesempatan bagi alumni dan tim pengajar IKJ untuk dapat menyampaikan ide cerita mereka langsung di hadapan tim Viu Originals, melalui program Viu Pitching Friday.

Melalui Viu Pitching Forum dan Viu Shorts!, yang telah diadakan di 32 kota di Indonesia sejak 2018, Viu telah membantu ratusan sineas lokal untuk mendapatkan bimbingan, akses kepada permodalan, dan akses kepada wadah penayangan hasil karya anak bangsa di panggung global,. Dua film Viu Originals sebagai pemenang dari Viu Pitching Forum 2018, berjudul “Halustik” dan “Knock Out Girl”, telah diproduksi dan ditayangkan di 16 negara di seluruh dunia.

Di tahun 2019, Viu akan terus mendorong pertumbuhan ekosistem industri perfilman Indonesia melalui wadah Viu dan berbagai inisiatif Viu Indonesia yaitu Viu Pitching Forum dan Viu Shorts!

Baca juga :   Siswa Asal Cilegon Memenangkan Kompetisi Viu Shorts

STEVY WIDIA