youngster.id - Waralaba kebab asal Indonesia Kebab Baba Rafi melebarkan sayap dengan menambah gerai internasionaln Setelah membuka gerai di sembilan negara, kali ini giliran India menjadi negara ke-10. Jaringan Baba Rafi Group ini menggandeng salah satu perusahaan India sebagai pemegang lisensi waralabanya.
Founder dan CEO Baba Rafi Group, Hendy Setiono mengungkapkan, langkah ekspansi ini sempat tertunda cukup lama karena pandemi Covid-19.
“Kami bersyukur sekali karena masih diberi kepercayaan dan kesempatan untuk melebarkan sayap dan menambah gerai internasional kami di India. Pembukaan gerai itu semoga bisa menjadi hal yang positif dan menjadi kesempatan untuk menjangkau lebih banyak lagi pencinta kebab di seluruh dunia,” kata Hendy dalam keterangan pers, Selasa (8/12/2020).
Hal senada juga diungkap Suman Mondal, salah satu partner Baba Rafi di India. Sumang mengatakan, pihaknya berencana membuka hingga 100 outlet di India.
“Kami berharap dapat membawa Baba Rafi menjadi brand kebab terbesar di India dengan membuka lebih banyak outlet tidak hanya di kota-kota besar di India, tapi juga kota-kota yang tengah berkembang,” katanya.
Menurut Suman, India merupakan negara dengan populasi terbesar kedua di dunia dan dinilai merupakan market yang sangat besar untuk bisnis makanan. Selain itu, karakteristik demografi untuk masyarakat India hampir sama dengan masyarakat di Indonesia. Hal inilah yang membuat Baba Rafi Group yakin bahwa produk Baba Rafi dapat diterima di India dan bisnis Baba Rafi dapat berkembang pesat disana.
Menariknya, untuk menyesuaikan dengan selera masyarakat India, Baba Rafi Group mengganti bahan baku utama dengan daging ayam dan daging kambing. Saus dan bumbu yang digunakan pun juga disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat tanpa menghilangkan cita rasa dan karakter khas kebab Baba Rafi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post