Warga Jakarta Paling Aktif Berbelanja Online Sepanjang Ramadan

Aplikasi iPrice (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - iPrice melakukan riset terhadap 2 juta pengguna iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia pada 3 minggu sebelum Ramadan (17 April – 14 Mei) dan 3 minggu saat bulan Ramadan (15 Mei – 11 Juni). Dari hasil itu diperoleh kota-kota di Indonesia yang paling aktif berbelanja online sepanjang Ramadan.

“Menggunakan data Google Analytics dari tanggal 15 Mei – 12 Juni 2018 untuk menganalisa konsumen teraktif dalam berbelanja daring berdasarkan wilayah di mana tempat tinggal,” ungkap Indah Mustikasari |Content Marketing Executive dalam keterangannya baru-baru ini.

Berikut tujuh besar kota teraktif berbelanja daring di Indonesia dari 2 juta pengguna iPrice: Jakarta (42%), Surabaya (12%), Yogyakarta (9%), Medan (5%), Makassar (5%), Bandung (4%), dan Balikpapan (2%).

Menurut iPrice, meski masih didominasi oleh kota-kota besar, pengunjung aktif dari kota-kota di luar Jawa seperti Medan, Makassar, dan Balikpapan menunjukkan ketertarikan belanja daring ini sudah mengalami persebaran di seluruh Indonesia. Berkat penetrasi internet yang semakin meningkat pula, membuat masyarakat semakin melek dengan teknologi dan menganggap transaksi daring sebagai alternatif mudah untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Baca juga :   Bank Indonesia Luncurkan E-Infaq , Sedekah Non-Tunai

Selain paling aktif berbelanja online, nampaknya konsumen di Jakarta masih memiliki ketertarikan yang tinggi untuk berbelanja offline. Terbukti program midnight sale di mal besar di Jakarta beberapa minggu lalu mendatangkan 100.000 pengunjung dalam satu malam.

Sementara, di negeri tetangga Malaysia, persebaran pengunjung ini juga terpusat di negara bagian Kuala Lumpur (57%) dan Selangor (20%), merefleksikan tren kemelekan teknologi dan belanja daring yang hampir sama dengan Indonesia.

Jumlah pengguna iPrice juga mengalami pertumbuhan di bulan Ramadan yakni sebesar +30% di Indonesia dan +11% di Malaysia, menunjukkan belanja daring menjadi pilihan bagi konsumen untuk membeli barang-barang kebutuhan selama Ramadan.

 

STEVY WIDIA