youngster.id - DFINITY Foundation dan ICP HUBS menggelar World Computer Hacker League 2025 (WCHL25). Ini adalah kompetisi hackathon global yang menantang pengembang bangun aplikasi Web3 siap produksi berbasis Internet Computer.
DFINITY Foundation adalah organisasi yang jadi kontributor utama pengembangan teknologi Internet Computer Protocol (ICP). Sedangkan ICP HUBS adalah jaringan komunitas global ICP.
Direktur Adopsi Global di DFINITY Foundation Emilio Canessa mengungkapkan, WCHL25 dirancang untuk menjawab kebutuhan nyata pengembang. Berbeda dengan hackathon lainnya, WCHL25 memberi waktu mulai dari Juli hingga Oktober 2025 untuk para peserta membangun aplikasi Web3 yang siap digunakan (production-ready) dan bukan sekadar proof-of-concept.
“Kami tidak sekadar menjalankan hackathon, kami menciptakan lingkungan yang dibutuhkan para pengembang untuk meraih keberhasilan,” ungkapnya dikutip Senin (30/6/2025).
Pendaftaran WCHL25 telah dibuka untuk pengembang dari seluruh dunia. Setiap peserta akan mendapatkan bimbingan mingguan dari praktisi teknis profesional dan builders berpengalaman selama program berlangsung.
Selain itu, peserta juga akan memperoleh akses ke lokakarya, sesi eksplorasi teknologi, dan waktu kerja bersama untuk mendalami tech stack milik Internet Computer.
Peserta juga berkesempatan mempresentasikan proyeknya kepada venture capitalists dan angel investors terkemuka di ranah Web3, serta mengeksplorasi potensi kolaborasi dengan berbagai stakeholder global.
Kompetisi ini memanfaatkan jaringan ICP HUBS yang telah tersebar di berbagai wilayah termasuk Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, hingga Asia, guna menjangkau komunitas pengembang yang luas dan terkonsolidasi.
Proses seleksi akan melibatkan juri dari ekosistem ICP serta pakar industri global yang akan mengevaluasi proyek berdasarkan kualitas teknis, pengalaman pengguna, dan relevansi aplikasi di dunia nyata.
WCHL25 akan digelar dalam empat babak seleksi, berikut informasinya:
- Babak Kualifikasi – Tim peserta mengirimkan ide proyek mereka untuk diseleksi berdasarkan kriteria partisipasi.
- Putaran Nasional – Sekitar 30% dari tim yang lolos akan melaju ke tahap ini.
- Putaran Kontinental – Finalis dari tiap kawasan akan bertanding di level benua.
- Final Besar Global – Tim terbaik dari seluruh dunia akan memperebutkan penghargaan tertinggi.
STEVY WIDIA
Discussion about this post