youngster.id - Kebutuhan masyarakat akan layanan internet terus meningkat. Pasalnya berbagai aktivitas berlangsung secara digital dan di dunia maya. Hal ini mendorong PT XL Axiata Tbk semakin memperkuat digitalisasi dan pengembangan pasar internet rumah atau fiber to the home (FTTH).
Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini mengatakan pasar internet rumah dan pasar korporasi merupakan sumber pendapatan baru industri telekomunikasi. Untuk itu, kedua segmen tersebut perlu dioptimalkan untuk memacu pendapatan di tengah kondisi saturasi industri telekomunikasi.
“FTTH itu masih rendah penetrasinya sekitar 12-13 persen, jadi kemungkinan untuk pertumbuhan itu masih banyak depannya FTTH dan konvergen itu sumber pertumbuhan baru selain juga dengan B2B,” kata Dian, dalam acara Media Gathering ulang tahun ke 27 PT XL Axiata Tbk Senin (9/10/2023) di Jakarta.
Dian mengatakan, saat ini untuk penetrasi seluler sudah 100%. Hal ini seiring pertumbuhan jumlah pengguna smartphone yang besar, pemakaian layanan data pengguna juga makin tinggi. Jika dahulu jumlah pemakaian internet hanya 5-10 GB per bulan, saat ini sudah 18GB per bulan. Operator mendapat keuntungan sejalan dengan pemakaian layanan yang lebih besar.
“Mobile growth didapat dari sana. Setiap orang mempunyai usage yang lebih besar sehingga ARPU-nya lebih tinggi,” kata Dian.
Selain itu, Dian menegaskan XL Axiata berkomitmen tetap mendukung pembangunan ekonomi Indonesia agar lebih maju antara lain dalam bentuk terus membangun infrastruktur di berbagai wilayah Tanah Air.
“Perusahaan tetap mendukung pembangunan dan masyarakat di Indonesia maju dan lebih tinggi,” ujarnya.
Diakuinya, di usia yang ke-27 perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi mengalami berbagai dinamika yang luar biasa. Mulai dari persaingan antar perusahaan telko hingga saat adanya pandemi COVID-19 yang membuat perusahaan sempat terpuruk.
“Namun demikian tantangan dan dinamika dapat perusahaan lalui dengan baik yang tentunya dengan adanya dukungan berbagai regulasi pemerintah sehingga menciptakan iklim persaingan yang sehat,” kata Dian.
Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan di Indonesia, dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi. Lebih dari 150 ribu BTS dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
Sebelumnya perusahaan juga terus berupaya memperluas dan memperkuat kualitas jaringan 4G di seluruh Provinsi Aceh yang kini sebanyak 3.980 desa/kelurahan di 188 kecamatan telah terlayani jaringan, termasuk yang berada di pulau-pulau terpencil di provinsi yang terletak di bagian paling ujung barat Republik Indonesia tersebut. Total BTS yang menopang layanan di seluruh Aceh sekitar 2.300 BTS, mayoritas BTS 4G.
“Tentunya bisa sampai usia 27 tahun ini juga karena dukungan dari berbagai pihak, terutamanya para pelanggan setia. Karena itulah untuk bisa merayakan hari bahagia ini bersama sama, kami memberikan banyak promo dan bonus untuk pelanggan dan calon pelanggan kami. Semoga ke depannya, kami lebih bisa melayani pelanggan dengan maksimal dan memberikan lebih banyak lagi kontribusi untuk memajukan Indonesia, ” kata David Arcelus Oses Direktur & Chief Commercial Officer-Consumer XL Axiata.
Program spesial ini berlaku untuk layanan XL Prabayar, XL PRIORITAS, AXIS, XL SATU Fiber, dan XL Axiata Business Solutions. Pelanggan bisa mendapatkan promo dan bonus menarik selama bulan Oktober 2023 melalui aplikasi myXL, AXISNet, dan saluran-saluran penjualan seperti Tokopedia, Shopee, blibli, Dana, OVO, Grab, Gojek dan Gopay.
STEVY WIDIA
Discussion about this post