youngster.id - Di tengah situasi sekarang ini, masyarakat semakin merasakan betapa pentingnya keberadaan jaringan internet dan produk layanan digital untuk mendukung hampir semua aktivitas kehidupan. Karena itu memasuki usia ke-24 XL Axiata berkomitmen meningkatkan kualitas koneksi dan jangkauan layanan.
Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata mengungkapkan, perusahaan akan berusaha selalu menyelaraskan kepentingan usaha dan bisnis dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah.
“Kami sangat menyadari keberadaan infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi, internet, dan data digital akan semakin penting guna menopang pembangunan di semua bidang. Kami akan melanjutkan dukungan kepada pemerintah melalui pembangunan jaringan infrastruktur yang semakin luas hingga ke pelosok-pelosok area, adopsi atas teknologi terbaik dan terbaru, serta melahirkan produk-produk layanan inovatif yang akan mendorong produktivitas masyarakat Indonesia,” kata Dian di acara HUT XL Ke-24 yang disiarkan secara online Kamis (8/10/2020).
Dian menegaskan, dari evaluasi atas kualitas layanan selama masa pandemi, manajemen XL Axiata telah menempuh berbagai upaya untuk bisa memaksimalkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi harapan pelanggan. Untuk itu, XL Axiata terus meningkatkan penggunaan analitik data agar bisa lebih tepat dalam melihat ekspektasi pelanggan.
“Jika setiap pelanggan bisa memperoleh layanan yang benar-benar mereka butuhkan, maka manfaat setiap layanan XL Axiata juga akan lebih maksimal mereka dapatkan. XL Axiata juga terus mendorong pemanfaatkan jaringan infrastruktur yang terus dibangun hingga kepelosok daerah dengan menciptakan berbagai layanan yang bisa mendorong produktifvitas masyarakat di setiap area. Salah satunya melalui layanan Internet of Thing (IoT), yang bisa memfasilitasi pelaku usaha besar hingga level kecil dan mikro untuk bisa menjadi lebih maju,” tegas Dian.
Hingga akhir semester pertama 2020, jaringan data XL Axiata menjangkau lebih dari 93% populasi penduduk. Operator ini juga memiliki 139 ribu BTS, 49 ribu unit di antaranya BTS 49. Maka itu, layanan 4G XL bisa dinikmati di 456 kota/kabupaten di Indonesia.
Salah satu layanan inovatif yang masih baru yang XL Axiata mulai implementasikan adalah Voice over LTE (VoLTE). Pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2020 lalu di kota Jakarta dan Medan, XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE dan kini telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Sidoarjo.
VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.
Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh beberapa ribu BTS 4G XL Axiata yang tersebar di kota-kota yang telah terjangkau layanan ini. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan infrastruktur jaringan di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post