Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

Pusat operasional dan monitoring kualitas layanan terpadu CE dan SOC XLSMART. (Foto: istimewa/xlsmart)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) terus melakukan konsolidasi dengan fokus menjaga dan meningkatkan pengalaman pelanggan.  Salah satu langkah strategis yang diwujudkan adalah mengintegrasikan pusat operasional dan monitoring kualitas layanan terpadu atau Customer Experience (CE) & Service Operation Center (SOC).

Direktur & Chief Integration Officer XLSMART, Sanjay Vaghasia mengatakan, sejak awal merger, prioritas utama XLSMART adalah menjaga stabilitas jaringan di tengah aktivitas integrasi yang intensif, sehingga kenyamanan pelanggan tetap terjaga dan operasional jaringan juga berjalan dengan lancar.

“Dengan adanya pembaruan dan integrasi dua NOC di dua tempat yang berbeda menjadi satu lokasi ini, mempermudah XLSMART melakukan monitoring dan memastikan jaringan tetap prima, sehingga para pelanggan tidak merasakan dampak negatif dari proses transisi,” katanya dikutip Senin (29/9/2025).

Baca juga :   Fintech, Tren Startup 2016

CE & SOC ini merupakan penggabungan dua Network Operation Center (NOC) yang sebelumnya dimiliki oleh XL Axiata di XL Axiata Tower, Kuningan, Jakarta, dan Smartfren di BSD – Tangerang Selatan. Kini semua hadir di Gedung XLSMART Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan.

“Integrasi ini menandai tonggak penting dalam fase pasca-merger, di mana XLSMART memprioritaskan stabilitas jaringan dan efektifitas serta efisiensi operasional,” katanya lagi.

Dengan desain yang lebih modern dan terintegrasi, CE & SOC memantau semua layanan, termasuk layanan mobile internet, panggilan suara, SMS , Value Added Service, IoT, corporate services, internet kabel, aplikasi layanan mandiri (myXL, Axisnet, MySF), hingga aplikasi OTT, guna memastikan kualitas jaringan prima bagi seluruh pelanggan.

Direktur & Chief Technology Officer XLSMART Shurish Subbramaniam menjelaskan, pusat operasi baru ini mengkonsolidasi semua fungsi pemantauan jaringan di satu lokasi. Proses integrasi kedua NOC ini menjadi salah satu integrasi tercepat pasca-merger di industri telekomunikasi di Indonesia.

Baca juga :   Unnes Gandeng UD Impat Korea Kembangkan Startup Mahasiswa Berbasis Energi dan Lingkungan

Selain itu, CE & SOC juga memiliki sistem khusus berupa Unified Intelligent Monitoring System dengan AI digunakan terutama untuk penanganan gangguan dan peningkatan kualitas jaringan secara real-time, dengan fitur-fitur seperti auto demarcation, auto healing, auto rerouting,  dan auto balancing. Teknologi ini memungkinkan penyelesaian masalah jaringan secara otomatis dan lebih cepat, terutama dalam menghadapi insiden skala besar.

“Dengan jaringan yang semakin luas serta basis pelanggan lebih dari 82 juta tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, diperlukan satu pusat komando terpadu untuk melakukan monitoring dan pengelolaan jaringan. Melalui integrasi di CE & SOC, operasional monitoring menjadi jauh lebih efisien dan mudah dilakukan. Hal ini sangat penting karena kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami,” katanya.

Baca juga :   Layanan Pelanggan Smartfren Semakin Luas dan Fleksibel di Berbagai Platform

Menurut Shurish, dengan beroperasinya CE & SOC ini, XLSMART menegaskan komitmennya untuk terus menjaga kualitas layanan terbaik sekaligus mendukung pencapaian visi perusahaan menjadi operator paling dicintai pelanggan dan operator paling efisien di Indonesia. Dengan jaringan yang semakin luas dan modern, XLSMART saat ini telah melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia, dan akan terus menghadirkan pengalaman digital yang andal serta bernilai tambah bagi masyarakat.

“Dengan adanya pusat monitoring ini, setiap potensi gangguan jaringan dapat diantisipasi lebih cepat, sehingga pengalaman pelanggan bisa terus dijaga sekaligus ditingkatkan,” pungkasnya.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Customer Experience (CE)PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart)Service Operation Center (SOC)
Previous Post

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

Next Post

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

Related Posts

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia
Headline

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia

18 September 2025
0
Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025
Headline

Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025

6 September 2025
0
Dorong Gaya Hidup Berkelanjutan XLSmart Gelar EcoFusion Sustainability Week
News

Dorong Gaya Hidup Berkelanjutan XLSmart Gelar EcoFusion Sustainability Week

1 September 2025
0
Load More
Next Post
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version