Yogyakarta Berpotensi Jadi Pusat Ekonomi Kreatif Indonesia

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital gelar Ignition kedua Minggu, (18/9/2016) di Grha Sabha Pramana,Yogyakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Yogyakarta memiliki potensi besar untuk terus mengembangkan ekosistem digital agar menjadi pusat ekonomi kreatif Indonesia. Banyak talenta muda kreatif di kota gudeg tersebut yang mendorong munculnya komunitas kreatif yang bertambah setiap tahunnya.

Peran komunitas anak muda sangat besar di Yogyakarta. Hal itu membuat dunia startup dan industri game semakin berkembang. Ini dibuktikan dengan munculnya sejumlah startup digital baru di Yogyakarta seperti Sale Stock, Pasienia, Pijar Psikologi, Rumah Mimpi, dan lainnya. Bahkan, pengembang game dunia, Gameloft, melebarkan sayapnya hingga ke kota pelajar ini.

Untuk itu Gerakan Nasional 1000 Startup Digital (GNSD) juga digelar di Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan startup digital yang mampu memecahkan setiap permasalahan sosial. Dan menjadikan Yogyakarta sebagai pusat ekonomi kreatif terbesar di Indonesia.

“Yogyakarta sudah siap menjadi pusat ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satu faktornya adalah human resource yang mumpuni, karena ada UGM, salah satu universitas terbaik di negeri ini. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa Yogyakarta bisa melahirkan founder-founder yang tidak sekadar bertaraf lokal, bahkan bertaraf internasional. Plus, kesadaran akan pentingnya perkembangan startup sudah diwujudkan dengan adanya Innovative Academy, inkubator startup yang diinisiasi oleh UGM dan KIBAR,” tutur Leonika Sari, CEO Reblood, dalam siaran pers GNSD Minggu (18/9/2016) di di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta.

Baca juga :   Toyota Gelar Eco Youth Ke-10

Terdapat lima sesi yang akan menjadi fokus Ignition kedua Yogyakarta yaitu The Startup Journey, Don”™t Start a Business, Solve a Problem, Think Like a Founder, Fail Fast, Fail Forward dan Building a Sustainable Startup. Tujuannya adalah untuk menanamkan mindset tentang startup founder kepada anak kreatif Yogyakarta untuk mengembangkan startup yang ingin mereka bangun.