YouTube Luncurkan Fitur Yang Perkuat Hubungan Kreator Konten Dengan Penonton

kreator konten

Youtuber Han Yoora. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Setiap orang berhak memiliki kesempatan untuk mengubah passion mereka menjadi sebuah bisnis. Hal ini mendorong Youtube meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia. Fitur baru ini untuk membantu memperkuat hubungan kreator dengan para penontonnya di Indonesia dan tentu dapat meraup penghasilan.

Product Manager, Paid Digital Goods YouTube Barbara Macdonald mengatakan, kreator konten berkontribusi kepada ekonomi kreatif nasional. “Kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan baik dengan penggemar,” katanya dalam keterangan pers, Kamis (18/8/2022).

Menurut Barbara, ada banyak kreator yang sudah memanfaatkan langganan channel untuk memperkuat hubungan dengan para penontonnya di Indonesia. Pada Juni 2021, ada lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube – jumlah ini naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, juga pada bulan dan tahun yang sama, ada lebih dari 1.500 channel di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube seperti langganan channel – jumlah ini naik 2.400% dari tahun sebelumnya.

Fitur Super Chat dan Super Stickers merupakan sarana agar penggemar dapat berinteraksi dengan kreator selama live chat. Penonton dapat membeli Super Chat untuk menandai pesannya dalam live chat. Penonton juga dapat membeli Super Stickers untuk melihat gambar digital atau animasi yang muncul di feed live chat.

Youtube juga akan meluncurkan fitur Super Thanks di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih atas konten para kreator favorit. Kreator konten bidang musik dan game di YouTube Christopher Devin mengatakan, monetisasi lewat fitur membantu mereka mendapatkan pendapatan sekaligus berinteraksi dengan pengguna. “Super chat dan stiker memberi kreator akses ke sumber pendapatan tambahan sekaligus meningkatkan interaksi dengan komunitas kami,” kata Christopher.

Sementara Hans Christian kreator YouTube The Joomers mengatakan, sebagai kreator game hubungan yang bermakna dalam komunitas adalah penting. Dia mengungkapkan, tren seputar ‘mabar’ (bermain bersama) telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun belakangan.

“Sebagai kreator game di YouTube, saya menyadari bahwa semua ini bukan hanya karena momentum, tetapi yang terpenting, hubungan yang bermakna dengan komunitas kami.  Eratnya hubungan tersebut membuat kreator dan penonton merasa seperti bermain bersama, menyebarkan kegembiraan satu sama lain. Itulah mengapa saya berterima kasih atas peluncuran Super chat dan sticker. Tidak hanya membuka aliran pendapatan lain tetapi juga memungkinkan kami untuk lebih terlibat dengan komunitas kami,” ungkap Hans.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version