YouTube Perluas Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia

YouTube Shopping. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - YouTube meluncurkan program afiliasi YouTube Shopping di Indonesia. Bekerja sama dengan Shopee sebagai mitra perdana, program ini memberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk, sehingga mempermudah penonton dalam proses belanja.

General Manager dan Vice President Shopping YouTube Travis Katz mengatakan, YouTube telah menjadi wadah unik yang menghubungkan penonton, brand, dan kreator, serta menawarkan sumber inspirasi tanpa batas. Program Afiliasi YouTube Shopping semakin mempererat hubungan ini, memberikan kreator cara baru untuk mendapatkan penghasilan dan memberikan nilai tambah bagi komunitasnya.

“Kami sangat antusias untuk membawanya ke Indonesia, dengan memulai kemitraan dengan Shopee, setelah suksesnya peluncuran ini di Amerika Serikat dan Korea, dan kami yakin kreator Indonesia akan menggunakan fitur ini dengan kreatif dalam konten belanja mereka, dan kami berharap dapat melihat dampak positifnya bagi komunitas kreator dan ekosistem belanja online di Indonesia.” kata Travis dikutip Kamis (19/9/2024) di Jakarta.

Menurut dia, YouTube Shopping akan memudahkan penggemar berbelanja rekomendasi dari kreator favorit, sekaligus memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten terpercaya untuk mempromosikan produk mereka. Selain itu, melalui YouTube Shopping, kreator kini bisa mendapatkan komisi saat mereka merekomendasikan produk dalam video, memudahkan penonton menemukan dan membeli produk yang mereka minati.

“Dengan hadirnya program ini, juga memungkinkan kreator untuk menambah sumber penghasilan mereka di YouTube, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi jutaan penonton di seluruh negeri,” katanya.

Pada tahun 2023 saja, orang-orang di seluruh dunia menonton lebih dari 30 miliar jam video terkait belanja di YouTube, menunjukkan kepercayaan mereka pada rekomendasi kreator dan keinginan mereka akan ulasan serta demonstrasi produk yang otentik. Di Indonesia, tren ini semakin terbukti melalui survei Kantar, yang mengungkapkan bahwa 96% pengguna meluangkan waktu ekstra untuk menonton video online guna mencari informasi tentang produk sebelum membeli, dan YouTube memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan mereka terhadap kepastian dalam mengambil keputusan pembelian.

YouTube berencana untuk mengundang lebih banyak mitra e-commerce ke program afiliasi ini di masa mendatang untuk memperluas opsi produk yang dapat ditandai bagi para kreator dan mendukung lebih banyak brand dari berbagai ukuran untuk memperkenalkan produk mereka.

“Kami telah menyaksikan bagaimana para kreator di Indonesia menemukan dan terhubung dengan audiens mereka, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, dan kami berharap dapat semakin memberdayakan komunitas kreator dengan peluang dan pilihan monetisasi yang lebih beragam ini, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di platform kami, serta terus berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia,” ucap Ajay Vidyasagar, Direktur Regional APAC, YouTube.

YouTube akan bermitra dengan Shopee untuk meluncurkan program afiliasi YouTube Shopping di Indonesia. Kreator yang memenuhi syarat kini dapat mendaftar untuk bergabung dengan Program Afiliasi YouTube Shopping, yang memungkinkan mereka untuk menandai produk yang dijual di Shopee dalam konten mereka.

“Shopee senang dapat bekerja sama dengan YouTube dalam program inovatif yang membantu Penjual di platform kami untuk bisa terhubung dengan lebih banyak calon Pembeli melalui konten menarik yang diciptakan oleh para kreator YouTube. Kami juga sudah melihat bagaimana konten menarik bisa membantu meningkatkan Penjualan UMKM dan brand lokal di platform kami, melalui fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video. Kami yakin bahwa kerja sama dengan YouTube akan mendukung penjual; termasuk produk lokal dan UMKM di platform kami untuk bisa lebih bertumbuh,” ungkap Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia.

Indonesia menjadi yang pertama menyambut kehadiran YouTube Shopping di Asia Tenggara. Selanjutnya akan menyusul Thailand dan Vietnam.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version