youngster.id - Sebagai pengakuan terhadap adaptabilitas pemasar dengan pola pikir digital-first, YouTube Works Awards edisi pertama diluncurkan di Indonesia . Bermitra dengan Kantar dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia penghargaan ini akan memilih kampanye yang dirilis di YouTube antara 1 Januari 2019 hingga 31 Mei 2021.
Kampanye tersebut harus sudah meningkatkan hasil bisnis dan memperlihatkan kreativitas dalam hal perencanaan media, penceritaan, serta kolaborasi strategis dan kreatif antara brand & kreator.
Marketing Director Indonesia, Filipina dan SEA YouTube & NBU mengatakan, YouTube telah memberikan jangkauan dan skala masif yang mendorong dampak bisnis nyata di Indonesia melalui penceritaan yang hebat. Ini memberikan peluang untuk menghargai karya yang berhasil.
“Kami berharap untuk menyorot pengiklan dan agensi kreatif/media yang telah menghasilkan karya yang menginspirasi, memukau audiens, dan meningkatkan hasil bisnis. Kami membawa YouTube Works Awards ke Indonesia dengan antusias,” kata Veronica dalam keterangannya, Sabtu (1/5/2021).
Akan ada 8 kategori untuk penghargaan ini. Yaitu, Best YouTube Innovation, Best Collaboration: Brand & YouTube Creators, Best Media Orchestration, The Unskippable, Best Storytelling, Best Creative Personalization, Best Creative Effectiveness, dan Force for Good. Selain itu, Grand Prix akan diberikan kepada satu pemenang kategori yang paling baik dalam menunjukkan hasil cemerlang, penceritaan, dan keefektifan kampanyenya.
Ranjana Singh, CEO dari WPP yang menjadi juri mengtakan, kreativitas dalam konten digital adalah salah satu faktor penjual utama dalam layanan atau produk yang sedang dipromosikan. Kampanye pemasaran yang sukses harus menjadi pengaruh positif terhadap bisnis.
“Penghargaan ini akan mengevaluasi apakah sinergi antara kreativitas dan teknologi sudah berhasil, didukung oleh wawasan dari YouTube yang membantu kampanye pemasaran menjangkau pelanggan yang dibidiknya. Saya tidak sabar ingin melihat kiriman mengagumkan dari Indonesia dan bekerja sama dengan juri untuk memilih yang terbaik,” katanya.
Sementara itu, Rachel Goh, CMO dari Telkomsel, menambahkan, YouTube telah menjadi platform yang tepat bagi brand untuk mengenal dan menjangkau konsumen.
“Saya sangat menantikan acara penghargaan ini untuk mengapresiasi pemasar yang dapat menginspirasi orang lain terkait bagaimana meraih dan menjangkau konsumen dalam era digital ini,” ujarnya.
Hal senada disampaikan Angga Dwimas Sasongko, sutradara film yang juga menjadi juri. Menurut dia, di YouTube kita bisa melihat iklan yang ditayangkan dalam berbagai durasi, mulai dari yang singkat hingga berupa web series. Hal ini tentu disajikan oleh para brand dengan mengolah data karakter audiens dan menggunakan kreativitas untuk menghasilkan karya yang mampu menarik perhatian bahkan mendorong penonton untuk menggunakan produk atau jasa mereka.
“Pada YouTube Works Award pertama ini, saya bersama juri lainnya akan memilih karya terbaik dari para brand. Saya berharap, penghargaan ini dapat semakin menginspirasi dan memotivasi para brand untuk terus menghadirkan iklan yang relevan dengan konsumen mereka,” katanya.
Penghargaan ini – yang diselenggarakan di lebih dari 20 negara, termasuk AS, Inggris Raya, Jepang, Korea, Malaysia, dan Vietnam.
STEVY WIDIA
Discussion about this post