Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Creativepreneur

Shabrina Khairunissa : Kreatif Berjualan di Marketplace, Bisnis Kue Keringnya Tetap Bertahan di Masa Pandemi

7 Mei 2021
in Creativepreneur
Reading Time: 4 mins read
Shabrina Khairunissa

Shabrina Khairunissa, Founder & Direkltur Breena Cake and Cookies (Foto: Dok. Pribadi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bisnis kue kering selalu menarik, khususnya di saat Lebaran. Merayakan hari kemenangan rasanya kurang lengkap tanpa adanya sajian kue-kue cantik. Tak heran jika bisnis ini tetap bertahan meski di tengah situasi pandemi ini.

Banyak orang mencari kue kering untuk dijadikan hantaran Lebaran sebagai pengganti tak bisa mudik tahun ini. Tak heran jika banyak pedagang kue mengaku mendapat peningkatan omset penjualan dibanding tahun sebelumnya.

Rezeki ini juga yang dirasakan Shabrina Khairunissa, pemilik brand Breena Cake and Cookies. Pada Ramadan tahun ini permintaan pemesanan kue kering meningkat dua kali lipat dibanding hari-hari sebelumnya.

“Alhamdulillah, meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 permintaan pesanan dari pelanggan akan kue kering meningkat sejak dari awal bulan Ramadan tahun ini,” ungkap Shabrina kepada youngster.id baru-baru ini.

Hal itu berkat strategi store online yang telah ditetapkan sejak awal mulai usaha ini di tahun 2018. “Karena kami menjalankan bisnis online store, maka sejak awal kami melakukan pemasaran online. Ini sangat membantu bisnis ini bisa bertahan di masa pandemi,” ujarnya.

Selain itu, Shabrina berinovasi dengan menghadirkan menu baru yang lebih awet atau tahan lama, seperti kue kering. Tak hanya itu, Breena Cake and Cookies juga menghadirkan paket hadiah dan parcel Ramadan agar konsumen bisa mengirimkannya ke keluarga atau kerabat meski tidak bisa bertemu.

Di dalam paketnya, Breena Cake and Cookies berkolaborasi dengan penjual kerajinan tangan seperti hand bag dan/atau tembikar. Paket parsel Ramadan ini diluncurkan secara eksklusif pada momen Ramadan 2021 kali ini. “Kami terus berinovasi dan eksplorasi untuk menjaring customer dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

Berawal Dari Iseng

Menurut Shabrina, bisnis kue kering yang dikembangkannya ini berawal dari kegemarannya mencoba resep kue. Dia lalu iseng untuk menawarkan kue-kue buatan tangannya kepada teman-teman di kampus Universitas Indonesia (UI). Ternyata banyak yang suka dan kembali memesan.

Baca juga :   M. Firdaus Abdulloh : Bikin Tenun NTB Mendunia Lewat Sepatu Selo

Melihat potensi ini, Shabrina terdorong untuk menekuni bisnis olahan ini dengan serius. Dia melakuan riset pasar untuk mendapatkan respon dari orang-orang akan produk yang dibuatnya. “Setelah lulus kuliah saya terdorong untuk menjajaki bisnis kue ini dengan lebih serius lagi. Selama tujuh bulan saya riset untuk mengenal pasar, siapa target kami nantinya. Selain itu, saya juga mempelajari dengan baik cara berjualan melalui online. Karena kali ini pasar saya tak hanya teman-teman kampus tetapi lebih luas lagi,” kisah alumni Fakultas Ekonomi UI itu.

Melihat peluang ini, Shabrina terdorong masuk marketplace, seperti Tokopedia. Harapannya, produk kuenya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. “Awalnya saya pasarkan lewat media sosial. Ternyata pemesanan meningkat, bahkan sampai ke luar kota. Akhirnya untuk lebih luas lagi saya masuk marketplace,” katanya.

Diakui Shabrina, di awal memulai usaha ini tentu tidak mudah. Peta persaingan bisnis sangatlah ketat. Apalagi banyak orang yang work from home menambah jumlah toko kue online tumbuh secara pesat.

Untuk itu, Shabrina memacu diri untuk mengoptmalkan marketing channel yang ada. Dia membuat setiap produk yang ditawarkan di Breena Cake and Cookies selalu dikemas dengan sentuhan kemasan cantik serta sangat cocok sebagai hampers atau hadiah untuk dikirim kepada orang-orang diinginkan.

“Produk kami selalu memiliki kemasan yang cantik sehingga cocok sebagai hadiah atau hampers kepada orang-orang. Ini yang menjadi keunggulan kami dibanding usaha sejenis,” katanya.

Selain itu, Shabrina juga menekankan pada bahan baku yang berkualitas dan resep yang otentik. Lagi, diklaim Shabrina, Breena Cake and Cookies selalu menyuguhkan produk dengan brand image dan target customer yang tepat. “Kami berusaha untuk senantiasa mempertahankan keunikan dan keunggulan Breena,” ujar gadis berusia 24 tahun ini.

Baca juga :   Lidya Valensia Lyanto : Bertahan di Bisnis Souvenir dan Cenderamata

Saat ini Breena Cake and Cookies sudah memiliki sebanyak 15 varian produk. Di antaranya choccochip cookies, fudgy brownies dan peanut butter, dengan jangkauan pemasaran ke seluruh Indonesia.

 

Breena Cake and Cookies
Berkat inovasi dan kreativitas dalam rasa dan kemasan pemasaran, serta memanfaatkan marketplace sebagai sarana penjualannya, Breena Cake and Cookies pun mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 (Foto: Dok. Breena Cake and Cookies)

 

Tantangan Pandemi

Disebutkan Shabrina, pada masa awal pandemi ada beberapa tantangan yang dihadapi saat menjalankan bisnisnya. Tantangan bisnis Breena Cake and Cookies yang pertama, datang saat masyarakat mulai menahan belanjanya hanya untuk kebutuhan penting saja, seperti untuk kebutuhan keluarga.

“Saat itu, saya pesimis karena kalau untuk kue ini kan ibaratnya kebutuhan tambahan,” ujarnya.

Untuk itu, Shabrina mulai melebarkan penjualannya pada platform marketplace untuk menjaring pelanggan yang lebih luas. Alhasil, setelah bermigrasi, Shabrina merasa penjualannya tidak turun begitu drastis. Pasalnya ada banyak program dan kampanye yang dihadirkan marketplace tersebut, untuk mendukung penjualan seller.

Kemudian, tantangan bisnis Breena Cake and Cookies yang kedua adalah sulitnya berbelanja bahan baku kue di tengah pembatasan kegiatan. Pasalnya ia tidak bisa sering ke luar rumah untuk sekadar membeli bahan kue. Akhirnya, ia kembali memanfaatkan platform marketplace untuk berbelanja bahan kue dari supplier lokal.

Meskipun dihadapkan dengan situasi sulit, Breena Cake and Cookies tidak tinggal diam. Shabrina pun mulai meluncurkan sejumlah inovasi untuk mendongkrak penjualan.

“Produk kue saya ini, untuk daya tahannya tidak terlalu lama. Jadi saya merasa, ini sepertinya masih bisa dieksplorasi lebih lanjut untuk menjaring customer dari seluruh Indonesia,” lanjut Shabrina.

Untuk harga jual, Shabrina menetapkan harga mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 195.000. Sedang untuk bulan Ramadan 2021 ini, Breena Cake and Cookies juga mengeluarkan bentuk promosi baru berupa menu parsel Ramadan untuk lebih menarik perhatian konsumennya. Di dalam paketnya, Breena Cake and Cookies berkolaborasi dengan penjual kerajinan tangan seperti hand bag atau tembikar.

Baca juga :   Satria Dwi Putra : Mengincar Ceruk Pasar Lewat Produk “Gift Custom”

“Dengan inovasi baru yang kami luncurkan ini, tentunya untuk mempermudah jika ingin mengirimkan hadiah atau persembahan untuk teman, kerabat, maupun keluarga. Khususnya ketika pandemi, di mana tatap muka langsung menjadi sangat terbatas dan berisiko. Selain itu, kami juga memberikan peluang bagi pelaku usaha lain agar bisa merasakan berkah dari Ramadan kali ini. Khususnya bagi pengrajin anyaman tembikar,” tutur Shabrina.

Shabrina bersyukur karena produk Breena Cake and Cookies kini semakin dikenal banyak masyarakat luas.

“Tujuan saya membuka usaha  ini, karena ini passion saya. Makanya saya serius untuk menekuni dunia kewirausahaan. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan saat ini juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang-orang disekeliling saya,” ungkap Shabrina.

Shabrina berharap, ke depan usaha rintisannya dapat bertahan dan menjadi lebih maju. “Cara berjualan online tentu sangat dapat diandalkan untuk saat ini. Berkat itu, produk saya juga sudah bisa menjangkau ke seluruh Indonesia. Saya berharap Breena bisa menjaring lebih banyak customer dan memiliki offline store dalam waktu dekat,” tutupnya.

 

======================

Shabrina Khairunissa

  • Pendidikan                            : Sarjana Ekonomi, Universitas Indonesia
  • Usaha yang dikembangkan : Membuat dan memasarkan kue (kering)
  • Nama Brand                         : Breena Cake and Cookies
  • Mulai usaha                          : 2018
  • Jabatan                                 : Direktur & Founder

====================

 

FAHRUL ANWAR

Editor : Stevy Widia

Tags: Breena Cake and CookiesShabrina Khairunissausaha kue kering
Previous Post

Investree Jaring Lender Untuk Perluas Produk Pembiayaan Syariah

Next Post

Pusprenas Gelar Kompetisi Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Untuk Mahasiswa

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Pusprenas Gelar Kompetisi Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Untuk Mahasiswa

Pusprenas Gelar Kompetisi Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan Untuk Mahasiswa

Pintek  Raih Pendanaan Sebesar US$5 Juta

Pintek Sedia Rp 700 Miliar Untuk Pendanaan bagi Kebutuhan Pendidikan Indonesia

MBT FOSI

Dua Perusahaan TIK Ini Bermitra Dukung Pertumbuhan Industri Telekomunikasi & Data Center di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version