Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - Digital Community news

Kurang Sepekan Jelang Gelaran MotoGP, Telkom Intensif Pantau Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi

15 Maret 2022
in news
Reading Time: 3 mins read
Jelang Gelaran MotoGP

Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy (keempat dari kiri) bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom yang sekaligus sebagai Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022 Teuku Muda Nanta (ketiga dari kanan) usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan maupun layanan TelkomGroup untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP, disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc (keempat dari kanan), Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (ketiga dari kiri), Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan), Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono (paling kanan), Vice President Business Development ITDC Marfan Trihartiko (kedua dari kiri), & General Manager Mandalika Grand Prix Association (MGPA) I Made Ariesana (paling kiri) di Lombok, minggu lalu.

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di venue Mandalika Circuit.  Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada minggu lalu.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono. Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.

Simulasi dilakukan kepada beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.  Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Baca juga :   Telkom Cetak Kinerja Positif di Kuartal 1/2019

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc yang menyaksikan rangkaian rehearsal test mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti.

Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan bahwa timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari event World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi. “TelkomGroup telah memiliki lesson learnt pada event WSBK beberapa waktu silam. Telah kita lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP. Kami menjamin bahwa apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik, dan apa yang kita harapkan berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung,” ujar Herlan.

Baca juga :   Telkom Craft Indonesia 2018 Resmi Ditutup Catat Nilai Transaksi Lebih dari Rp 20,1 miliar

Selanjutnya, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan oleh Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat. “Kami TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan event internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan event MotoGP kali ini. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan ini juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” ujar Edi.

Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.

Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup. Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

Baca juga :   Usee Sports Futsal Challenge 2022 Kini Hadir di Semarang!

Selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit. Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Diharapkan melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional. Sehingga para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika.

#DigitalUntukSemua

#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Tags: Jelang Gelaran MotoGPKesiapan Infrastruktur Telekomunikasirehearsal testuji simulasi
Previous Post

Sinergi TelkomGroup dan Pemerintah Demi Wujudkan Infrastruktur SKKL Berkualitas

Next Post

Startup Socialpreneur Indonesia Masuk Dalam YSE Global 2021

Related Posts

Pantau Kesiapan Jaringan Infrastruktur Telekomunikasi
news

Pastikan Kebutuhan Pelanggan Terpenuhi Selama Bulan Ramadan dan Idul Fitri, Telkom Pantau Kesiapan Jaringan Infrastruktur Telekomunikasi

25 April 2022
0
Load More
Next Post
Komerce

Startup Socialpreneur Indonesia Masuk Dalam YSE Global 2021

Usaha Ultra Mikro Perempuan

Konsumen Digital Naik 21 Juta Selama Pandemi

industri keuangan

Industri Keuangan Harus Berkolaborasi Guna Memperbesar Partisipasi Masyarakat

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version