youngster.id - Beralihnya dunia bisnis ke teknologi keuangan (fintech) mewajibkan bank untuk memiliki jalur komunikasi cadangan (back-up communication line) untuk menjaga ketersediaan konektivitas dan layanan. Mengingat cabang bank adalah titik penghubung akhir dengan pelanggan, konsekuensi atas hilangnya konektivitas bisa berakibat fatal.
Untuk itu 3C Wireless dengan bangga mengumumkan peluncuran solusi konektivitas untuk cabang perbankan. Solusi ini memberikan alternatif teknologi back-up komunikasi untuk melindungi misi jaringan cabang operasi cabang penting bank.
“Kami memahami bahwa menjaga ketersediaan merupakan persyaratan utama dalam industri perbankan. 3C Wireless memberikan solusi keuangan terbaik bagi bank di Indonesia. Solusi konektivitas dari 3C pada cabang bank adalah solusi arsitektur jaringan yang dibuat sehingga bank dapat menyebarkan jaringan mereka dengan keyakinan penuh,” kata Mark Gamon, Managing Director dari 3C Wireless, pada Kamis (2/3/2017) di Jakarta.
Menurut Mark, selama dua tahun beroperasi di Indonesia, 3C Wireless telah menjadi game changer dalam mengintegrasikan teknologi keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan. Terutama dalam memberikan solusi bagi bank di Indonesia. Alhasil, Bank Indonesia sebagai pembuat regulasi, telah membuat regulasi untuk bank memiliki jaringan cadangan koneksi yang memadai di seluruh lokasi untuk menjaga ketersediaan jaringan dan pelayanan.
“Solusi dari 3C kepada cabang bank yang baru dirilis ini didasarkan pada kebutuhan industri keuangan dengan fokus khusus pada cabang perbankan, yang memungkinkan industri cabang perbankan untuk mengatasi kekhawatiran utamanya, seperti ukuran cabang dan kebutuhan yang beragam, biaya operasi yang lebih rendah, penyebaran cepat dari cabang mikro dan ATM, ketersediaan tinggi, dan penyebaran layanan baru. Peluncuran solusi baru ini merupakan bukti kemampuan 3C untuk memberikan teknologi yang paling memenuhi tuntutan dan kebutuhan layanan keuangan yang paling penting dan vital,” tambah Mark.
Solusi konektivitas pada cabang bank dari 3C adalah solusi layanan yang dikelola dan dibuat secara khusus untuk pasar transaksi keuangan. Hal tersebut dipantau, dikelola, dilayani dari Network Operation Centre 3C (NOC) yang berlokasi di Jakarta.
Ketika terhubung ke jaringan 3CSN, 3C menyediakan akses ke sistem manajemen yang komprehensif yang mendukung operasi remote dan pemantauan kinerja. Solusi 3C didesain sebagai solusi dengan ketersediaan tinggi. High bandwidth memiliki arti di mana aplikasi tidak mengalami masalah selama jaringan utama mengalami downtime serta arsitektur multi operator yang dimiliki memastikan bahwa tidak ada kegagalan pada jaringan dan memberikan komunikasi yang paling kuat dan dapat diandalkan untuk armada bank.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post