Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

5 Langkah Pencegahan Fraud Untuk Transaksi Online

17 November 2019
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
Pencegahan fraud

Perkuat Keamanan Layanan Digital, Bank Sumut Terapkan Fraud Detection System (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sebanyak 30% responden milenial yang disurvei Experian mengindikasikan bahwa pemeriksaan fraud yang berlebihan dan merepotkan berdampak pada pengalaman pelanggan serta menghalangi mereka dalam melakukan transaksi online. Bagaimana pencegahan fraud sehingga konsumen tetap nyaman bertransaksi online?

Temuan Experian dalam lingkup global tersebut penting bagi pelaku bisnis digital di Indonesia, yang berdasarkan laporan Google merupakan rumah bagi ekonomi internet dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar di Asia Tenggara.

Menurut laporan Google, nilai ekonomi internet Indonesia tengah menuju angka US$ 100 miliar di tahun 2025. Didorong oleh 152 juta pengguna, yang merupakan basis pengguna terbesar di kawasan, ekonomi internet Indonesia kini bernilai US$ 40 miliar di tahun 2019 serta mengalami pertumbuhan CAGR sebesar 49% dari tahun 2015 hingga 2019. Menurut firma konsultan Ipsos, generasi milenial adalah penggerak pertumbuhan utama dari ekonomi internet Indonesia yang mencapai 64% dari seluruh jumlah pembelanja online di tahun 2018.

Laporan  Experian  Global  Fraud  and  Identity  Report  APAC  yang  dikeluarkan  di bulan Mei 2019 memaparkan bahwa 40% bisnis di Indonesia telah mengalami peningkatan kerugian terkait dengan fraud secara online selama 12 bulan terakhir. Dan, mayoritas pelanggan (77%) di negara ini menilai ‘keamanan’ sebagai unsur yang paling penting dari pengalaman online mereka.

Baca juga :   ShopeePay Tingkatkan Keamanan Dengan Fitur Rekognisi Wajah

Lewat digitalisasi di Indonesia yang direncanakan akan bergerak sejalan dengan Visi Go Digital 2020, pendekatan yang berimbang antara pengelolaan dan kenyamanan akan menjadi hal yang penting bagi perusahaan di Indonesia saat mereka menjangkau semakin banyak pelanggan secara online.

Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa investasi pada solusi manajemen fraud tanpa gesekan akan menjadi penting bagi keberhasilan jangka panjang mereka seiring dengan upaya mereka dalam melayani pengguna digital pertama. Langkah-langkah pencegahan fraud yang efektif seharusnya tidak hanya dirancang untuk melindungi organisasi dan pelanggannya tapi juga menjaga agar pelanggan tetap dapat berinteraksi dengan cepat, mudah dan sesuai dengan keinginan dan melalui kanal yang mereka inginkan. Bisnis yang mengabaikan keinginan pelanggan akan menghambat pertumbuhan mereka, dan bahkan berdampak pada neraca keuangan mereka sebagai akibat atas potensi konflik yang akan terjadi pada pelanggan mereka.

Oleh karena itu, penciptaan  pengalaman  pelanggan tanpa gesekan mengharuskan organisasi memahami sepenuhnya tren fraud. Untuk membangun dan mengadopsi strategi pencegahan fraud tanpa gesekan yang sukses, Experian merekomendasikan lima langkah pencegahan fraud:

  1. Menggunakan Data yang Tidak Tersedia bagi Penipu  – Dalam proses autentikasi identitas, organisasi dapat menggunakan data yang ada dalam sistem mereka sendiri daripada mengandalkan data yang diberikan oleh pelanggan yang mungkin juga tersedia di kanal publik. Data demikian dapat termasuk informasi dari interaksi pelanggan sebelumnya seperti konten dari pemesanan sebelumnya, atau bahkan informasi perangkat mereka.
  2. Mempertimbangkan Kasus Bisnis untuk Kepatuhan – Banyak organisasi berinvestasi pada data analitik dengan tujuan utama memenuhi syarat-syarat kepatuhan. Namun, organisasi seharusnya mepertimbangkan keuntungan yang dapat dibawa oleh pemenuhan kepatuhan kepada  bisnis  mereka. Contohnya, layanan data yang tepat dapat membantu organisasi mengidentifikasi secara akurat dan membuktikan data pelanggan lebih mudah – yang merupakan syarat dasar dan paling penting bagi pencegahan fraud tanpa gesekan.
  3. Proaktif  –  Organisasi  bisa menjadi sangat konservatif ketika mengadopsi teknologi baru dalam melakukan autentikasi, memeriksa, atau mendeteksi aksi fraud. Namun ekspektasi pelanggan yang terus berkembang serta kemajuan teknologi menyebabkan pendeteksian fraud menjadi sebuah usaha yang bersifat terus menerus atau konstan.
  4. Menghindari Sistem IT Yang Terpisah-pisah – Sistem IT yang terpisah-pisah tidak memungkinkan Anda untuk mengkonsolidasikan data dari berbagai sumber, terkadang menjadi penghalang untuk mencegah fraud secara efektif dan bahkan membuat gesekan terhadap pelanggan. Untuk menghindari skenario seperti diatas, Anda harus berinvestasi hanya pada solusi fraud yang dapat disesuaikan dengan mudah dan mampu terintegrasi dengan penuh terhadap seluruh area operasional dari bisnis Anda, memberikan kemampuan kepada Anda untuk dengan cepat beradaptasi terhadap ancaman yang terus-menerus berubah.
  5. Jumlah Gesekan yang Tepat Terkadang Merupakan Suatu Hal Baik – Beberapa gesekan pada perjalanan pelanggan (customer journey) adalah suatu hal yang baik, bahkan terkadang diperlukan.  Untuk  transaksi  yang  bernilai  tinggi  atau  sensitif  misalnya,  pelanggan perlu merasa  yakin  bahwa  data  mereka  aman,  bahkan  jika  itu  berarti  mereka  harus melalui beberapa pemeriksaan keamanan. Namun, organisasi harus tahu bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan untuk seluruh jenis transaksi. Misalnya, pelanggan tidak seharusnya diwajibkan untuk melalui beberapa pemeriksaan hanya untuk memeriksa saldo rekening mereka. (AMBS)
Tags: belanja onlineExperianfraudmilenialtransaksi online
Previous Post

Yahoo Jepang Merger Dengan LINE

Next Post

McDonald’s Happy Meal Hadirkan Kembali Mainan Ikonik

Related Posts

e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
belanja online
Analyze

Mitgo: Dikontribusi Fashion, Belanja Online Indonesia Tunjukkan Pertumbuhan Pesat

27 Agustus 2025
0
e-commerce
Analyze

Transaksi Belanja Online Capai Rp44,4 Triliun Pada Semester I 2025

25 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
McDonald’s Happy Meal Hadirkan Kembali Mainan Ikonik

McDonald's Happy Meal Hadirkan Kembali Mainan Ikonik

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis Piezoelektrik

Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Angin Berbasis Piezoelektrik

Blibli Terapkan Strategi “Gamification” untuk Gaet Pelanggan di Harbolnas 2019

4 Tren Pesta Belanja 11.11 di Blibli.com

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version