Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Anggaran Promosi UKM Rp 12 Miliar

24 Januari 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Produk UMKM Tangerang Tembus Pasar Eropa

Pameran produk UKM. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kehadiran usaha kecil dan menengah sangat mempengaruhi ekonomi Negara. Untuk itu, pemerintah menyediakan anggaran sekitar Rp 12 miliar untuk memfasilitasi promosi dan pameran produk koperasi serta usaha kecil dan menengah pada 2018.

Hal itu disampaikan I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM. “Anggaran promosi dalam negeri pada 2017 Rp6,69 miliar menjadi Rp9,95 miliar pada 2018. Untuk promosi luar negeri dari Rp5,3 miliar pada 2017 menjadi Rp2,1 miliar pada 2018,” ungkapnya pada Selasa (23/1/2018).

Tahun 2018, Kemenkop dan UKM akan memfasitasi UMKM untuk mengikuti dua event pameran luar negeri, yaitu Malaysia International Halal Showcase (Mihas) dan Chibimart Summer di Italia atau Festival Indonesia Fair.

“Diharapkan fasilitasi pameran luar negeri mampu memperluas akses pasar produk KUMKM di wilayah Asia dan Eropa,” ujar Wayan.

Baca juga :   BizzyGuide Tawarkan Solusi Teknologi Bagi UKM

Wayan juga mengatakan realisasi pada 2017, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran telah memfasilitasi koperasi dan UKM untuk berpartisipasi di 34 event pameran dalam negeri dan 6 event pameran luar negeri.

Realisasi fasilitasi promosi dan pameran dalam negeri pada 2017 mencapai 467 UKM dari target 400 UKM sedangkan partisipasi pameran luar negeri mencapai 109 UKM dari target 60 UKM. Sementara anggaran tahun ini menetapkan target capaian pada 2018 yakni memfasilitasi sebanyak 700 peserta melalui pameran dalam negeri dan 30 peserta pada pameran luar negeri.

“Promosi dalam negeri nambah yang luar negeri berkurang karena total anggaran kami turun. Kesempatan semakin banyak sebenarnya, cuma kami tidak bisa membiayai semuanya,” jelasnya.

Baca juga :   Investasi ke Startup Indonesia Turun 40,3%

Wayan mengatakan setiap UKM yang berminat menjadi peserta pameran akan terlebih dahulu melalui tahapan yang ketat, diawali dengan seleksi dan kurasi oleh tim ahli.

Adapun persyaratan administrasinya yaitu UMKM harus memiliki sertifikat hak cipta, merek, halal (untuk produk makanan dan minuman), ISO, kapasitas produksi, maupun memiliki daya beli yang tinggi.

“Itu yang menjadi kriteria untuk menentukan apakah layak diikutkan atau tidak. Jadi kita tidak serta-merta dengan mudah mengajak mereka, yang minat banyak,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan fasilitasi pameran usaha kecil menengah ke luar negeri juga berkontribusi pada devisa negara sebesar Rp61,78 miliar melalui order buyers on site pameran atau kegiatan ini menghasilkan pemasukan negara 12 kali lipat dari anggaran promosi pameran luar negeri yang dialokasikan.

Baca juga :   Cari Vendor Acara di Pusatnya

“Untuk pameran luar negeri terjadi peningkatan omzet sebesar 4,74% dan tenaga kerja 18,2%,” katanya.

Pada 2017, promosi luar negeri dilakukan di enam kegiatan di negara Malaysia, Filipina, Inggris, Korea Selatan, Hong Kong, dan Jepang.
Kemenkop dan UKM juga akan memanfaatkan kegiatan atau pameran yang tidak dibiayai oleh pemerintah untuk promosi dan pemasaran UKM , misalnya melalui kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

“Untuk tahun 2018 ada di Guangzhou, Azerbaijan, India, Kuching, Sydney, Korea, dan Jepang,” ujar Wayan.

 

STEVY WIDIA

Tags: anggaran promosi UKMKemenkop dan UKMUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

Waspada, Trik Hacker Meretas Akun Pemain Game Online

Next Post

Pasca Gempa di Lebak, Layanan Telkomsel Tetap Berfungsi Normal

Related Posts

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara
Headline

EDS ASEAN Percepat Adopsi Digital di Kawasan, Latih 100 UKM dari 10 Negara

6 Desember 2025
0
Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
BNIdirect
News

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

2 Juli 2025
0
Load More
Next Post
Pasca Gempa di Lebak, Layanan Telkomsel Tetap Berfungsi Normal

Pasca Gempa di Lebak, Layanan Telkomsel Tetap Berfungsi Normal

Lenna, Asisten Pribadi Berteknologi AI dari Indonesia

Lenna, Asisten Pribadi Berteknologi AI dari Indonesia

Warung Pintar, Wadah Baru Membawa Ekonomi Digital Ke Masyarakat

Warung Pintar, Wadah Baru Membawa Ekonomi Digital Ke Masyarakat

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version