youngster.id - Melihat pertumbuhan produk lokal yang berkualitas dan mampu bersaing hingga pasar global, Blibli menggelar kembali menggaungkan kampanye Pejuang Lokal. Kampanye ini dijalankan dalam kolaborasi dengan 4 produk lokal diharapkan bisa menjadi inspirasi pelaku usaha lokal lainnya untuk terus naik kelas dan mengembangkan usaha.
Chief Marketing Officer Blibli Edward K. Suwignyo mengatakan, kampanye ini dijalankan dalam kolaborasi bersama produk lokal terdepan yaitu Acaii Tea, Buttonscarves, Eiger dan Realfood. Program juga untuk membentuk persepsi masyarakat bahwa produk lokal Indonesia memiliki kualitas yang setara pada produk-produk yang ada di pasar global.
“Keempat brand lokal inspiratif ini mengusung nilai-nilai yang sejalan dengan Blibli, yakni inovasi, kualitas dan orisinalitas produk yang pada akhirnya meningkatkan nilai dari brand dan kebanggaan penggunanya. Dengan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi pelaku usaha lokal lainnya untuk terus naik kelas dan mengembangkan usahanya hingga bisa sebesar mereka, ” kata Edward dalam jumpa pers, Senin (14/8/2023) di Jakarta.
Menurut Edward, Blibli juga aktif mendampingi para mitra seller lokal untuk berkembang secara inklusif melalui solusi komprehensif kepada setiap seller yang bergabung. Diantaranya edukasi strategi pemasaran melalui Blibli Seller University, layanan Blibli Seller Center untuk mengakomodir kebutuhan seller, layanan Fulfillment by Blibli untuk memudahkan penyimpanan stok di gudang Blibli dan proses retur produk, serta microsite khusus untuk pemasaran aneka produk lokal berkualitas.
“Bersama para Pejuang Lokal, kami optimis dapat mendorong semangat Bangga Buatan Indonesia dengan produk-produk lokal terkurasi dan koleksi spesial di Blibli. Sinergi Blibli dan para mitra brand lokal diharapkan mampu membuka mata konsumen terhadap kualitas produk lokal yang semakin berdaya saing, selain tentunya mendukung kemajuan bisnis mereka melalui dukungan digitalisasi dan fitur seller unggulan yang kami hadirkan di ekosistem omnichannel Blibli,” katanya.
Sementara itu, aktivis brand lokal Arto Biantoro menegaskan, brand lokal perlu membangun identitas yang orisinal, memperkuat kolaborasi, dan memiliki tujuan jangka panjang dalam membangun basis pelanggan dan mendorong kebanggaan mereka menggunakan produk asli Indonesia.
“Membangun identitas yang orisinal penting, misalnya dengan menjadi official store di Blibli, memenuhi perizinan dan sertifikasi produk sesuai aturan pemerintah sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan dan mempengaruhi proses pengambilan keputusan berbelanja. Kolaborasi bersama brand lokal maupun global juga menjadi lebih mudah dengan bergabung dalam ekosistem omnichannel Blibli yang terintegrasi untuk membangun merek, nilai, dan penetrasi pasar yang lebih luas,” papar Arto.
CEO Buttonscarves Linda Anggrea mengaku, sejak bergabung dengan Blibli pada tahun 2019, umkm produk scraft ini telah menggunakan layanan Disediakan Blibli (Fulfillment by Blibli) agar penyimpanan produk lebih aman di gudang Blibli. Proses retur dari pelanggan juga lebih mudah, serta pemenuhan pesanan yang dapat dilakukan dengan cepat.
“Kami juga memanfaatkan fitur 2 Jam Sampai Blibli, produk kami dapat tiba di tangan pelanggan dengan cepat,” ujar Linda.
Hal senada disampaikan Direktur Utama Realfood Edwin Pranata. Menurut dia, Blibli telah membuka peluang kolaborasi dalam membangun identitas brand sebagai produk minuman kesehatan unggulan asli Indonesia.
“Bergabung dengan Blibli membuka peluang untuk kolaborasi bersama brand global dan lokal dalam mencapai tujuan bersama, yakni penetrasi pasar yang lebih luas dengan produk berbahan dasar terbaik dari alam Indonesia. Sejauh ini kami telah menjalin kolaborasi eksklusif dengan Adidas dan Tefal, bahkan sekarang produk Realfood juga sudah tersedia di Ranch Market dan Farmers Market sebagai bagian dari ekosistem omnichannel Blibli Tiket,” ungkap Edwin.
Selama periode 14-18 Agustus 2023, terdapat keseruan Promo Pejuang Lokal yang memberikan kesempatan belanja hemat dan berkualitas pada kategori fashion & olahraga, gadget & elektronik, hingga otomotif dan juga tiket. Setiap harinya akan ada berbagai tema promo menarik dari berbagai macam kategori, mulai dari OOTD Paling Trend untuk fesyen, Woman’s Thematic untuk kecantikan hingga perhiasan, serta ada pula Men’s Thematic untuk kategori olahraga, jam tangan, hingga fesyen pria. Selain itu ada peluang diskon hingga 80% dan Clearance Sale untuk aneka produk dari brand lokal ternama.
STEVY WIDIA