youngster.id - Sebagai e-commerce yang punya lini khusus untuk UMKM Indonesia, Blibli.com memiliki target untuk meningkatkan jumlah pembelian hingga 3,5 kali lipat. Oleh sebab itu, Blibli berusaha meningkatkan pengalaman pengguna dengan berbagai fitur dan inisiatif.
“Target nomor satu kami adalah meningkatkan jumlah pembelian. Kalau saat ini shopping chart paling tinggi adalah untuk barang premium, kami ingin meningkatkan jumlah order juga untuk produk UMKM,” kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com saat ditemui belum lama ini di Jakarta.
Mitra yang telah bergabung dengan Bliblimart mengalami pertumbuhan 250% dari tahun sebelumnya. Jika dilihat secara order, angkanya tumbuh 400%. Menurut Kusumo, setiap kategori tumbuh dan mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat. Tiap bulan terdapat sekitar 15-20 juta pengguna dan memiliki traffic sekitar 60 juta per bulan.
Di usia ke-8, Kusumo mengatakan, Blibli.com ingin meningkatkan jumlah pembelian di platform-nya hingga 3 kali lipat ketimbang tahun sebelumnya, terutama untuk produk UMKM.
“Kami juga mau semakin banyak lagi merekrut Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ujarnya.
Saat ini, e-commerce lokal tersebut mengklaim telah memiliki sekitar 10.000 UMKM di platformnya.
Salah satu hal yang dilakukan agar Blibli.com bisa meningkatkan jumlah order adalah melalui promosi, bekerja sama dengan merchant pembayaran, logistik, serta meningkatkan jumlah warehouse atau gudang yang saat ini jumlahnya mencapai 20 unit.
“Kami ingin mengembangkan warehouse karena logistik masih jadi pekerjaan rumah di Indonesia. Kami ingin hadirkan warehouse di daerah-daerah, sehingga kalau mau beli bisa lebih cepat mendapatkan barang,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post