youngster.id - Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mulai menjadi bagian dalam kegiatan transaksi masyarakat. Metode ini telah memudahkan mereka bertransaksi tanpa harus menyiapkan uang tunai alias cashless. Hal ini mendorong Blue Bird bekerjasama dengan BNI menyediakan layanan QRIS untuk lebih dari 17.500 armada di seluruh Indonesia.
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, kolaborasi dengan BNI merupakan langkah strategis untuk tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat dan konsumen yang semakin berkembang.
“Solusi ini merupakan upaya adaptasi kami dengan perkembangan teknologi dan menyesuaikan perilaku konsumen yang semakin berkembang. Ini sejalan dengan salah satu pilar dalam strategi transformasi digital perusahaan, yaitu Multi-Payment,” jelas Adrianto pada acara penandatanganan kerjasama Blue Bird dengan BNI, Selasa (15/10/2024) di Jakarta.
Menurut dia, kolaborasi ini melengkapi kerja sama BNI dan Bluebird, yang meliputi pengelolaan ekosistem cashless di internal Bluebird melalui layanan Cash Management dan API Services, penempatan ATM CRM di beberapa pool Bluebird, serta pembukaan tabungan BNI dan TapCash bagi pengemudi. Selain itu, implementasi pembayaran non-tunai dengan QRIS BNI juga akan diterapkan di Cititrans, layanan shuttle antar kota milik Bluebird.
“Kemudahan transaksi merupakan bagian dari layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia (SNI). BNI dan Bluebird berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan memperkuat ekosistem digital yang semakin berkembang di Indonesia,” ucap Adrianto lagi.
Pengguna juga dapat menikmati layanan pembayaran QRIS ini melalui aplikasi wondr by BNI, yang baru saja diluncurkan pada 5 Juli 2024. Senior Executive Vice President Retail Digital Solutions PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Rian Eriana Kaslan mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya memperluas adopsi pembayaran digital di sektor transportasi, memudahkan para pengguna dalam melakukan transaksi non-tunai selama perjalanan.
“Dengan QRIS di seluruh armada Bluebird, kami berharap dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan sekaligus mendorong lebih banyak adopsi sistem pembayaran digital,” ujarnya.
Baik BNI maupun Bluebird berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna, sembari memperkuat ekosistem digital yang semakin berkembang di Indonesia.
Sebelumnya Bank Indonesia (BI) menyatakan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mencatatkan pertumbuhan yang signifikan dalam setahun terakhir, yakni mencapai 226,54 persen. Tren penggunaan QRIS di Indonesia tak hanya berkat kecepatan dan kepraktisan penggunaannya, namun juga berkat promo yang kerap ditawarkan berbagai platform keuangan digital kekinian.
Untuk itu, BNI memberikan promo cashback 20% bagi pengguna aplikasi wondr by BNI dengan minimal transaksi Rp 50.000,-, sehingga memberikan keuntungan lebih bagi konsumen yang memanfaatkan layanan ini.
Selain integrasi layanan QRIS dan program wondr by BNI, Ia melanjutkan kedua pihak juga melakukan branding wondr by BNI pada taksi Bluebird, dalam rangka meningkatkan awareness kepada masyarakat atas kemudahan yang ditawarkan aplikasi wondr by BNI baik untuk pembayaran atau transaksi perbankan lainnya meliputi transfer, bayar tagihan, top-up e-wallet hingga investasi.
STEVY WIDIA