youngster.id - Dalam upaya mengoptimalkan kenyamanan penonton bioskop. Terutama untuk mengakomodir keinginan penikmat film Gen-Y atau milenial dan Gen-Z yang terbiasa serba praktis dan selalu ingin update dengan film-film terbaru, Cinema XXI meluncurkan dua fitur terbaru mobile ticketing M-Tix, yaitu e-Voucher dan pembelian F&B.
Pembelian tiket secara online terbukti memberikan kenyamanan dan kecepatan bagi penikmat film melalui kepastian tersedianya tiket film yang diinginkan. Termasuk keleluasaan memilih jadwal dan posisi kursi yang strategis, tidak menghadapi antrian panjang, dan memiliki waktu yang lebih fleksibel untuk tiba di bioskop.
Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management, Cinema XXI, mengungkapkan antusiasme tinggi dalam memanfaatkan kemudahan platform digital ini didorong oleh pertumbuhan penonton usia produktif Gen-Y atau milenial dan Gen-Z. Menurut data SUSENAS (Survei Sosial Ekonomi Nasional) 2017, jumlah kedua generasi ini mencapai lebih dari 60% penduduk Indonesia.
“Merespon pertumbuhan tersebut dan untuk semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penikmat film, Cinema XXI dengan bangga mempersembahkan fitur terbaru M-Tix, yaitu e-voucher dan pembelian F&B. Pengembangan fitur-fitur baru M-Tix ini merupakan wujud nyata komitmen Cinema XXI dalam merangkul teknologi digital guna memenuhi kebutuhan pasar, terutama Gen-Y atau milenial dan Gen-Z,” kata Dewinta pada peluncuran fitur baru MTix, Rabu (13/11/2019) di Cinema XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta.
Perilaku konsumen dalam membeli tiket bioskop secara online memang menunjukkan peningkatan. Data Webedia Movies Pro dan Vertigo Research pada tahun 2018 yang melibatkan 100.000 responden di Amerika Serikat, menunjukkan penjualan tiket bioskop secara online pada tahun 2018 naik sekitar 18,7% jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Peningkatan serupa juga terjadi di Indonesia. Berdasarkan data yang dimiliki Cinema XXI, transaksi penjualan tiket online vs. offline pada Kuartal II 2019 mencapai lebih dari 40% atau mengalami pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Dewinta menegaskan, M-Tix telah hadir untuk memfasilitasi pemesanan tiket bioskop secara online sejak tahun 2006 dan akan terus menyempurnakan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar serta di saat yang sama merangkul kemajuan teknologi digital.
“Ke depannya, Cinema XXI akan mengintegrasikan M-Tix dengan sejumlah rekanan potensial dengan menggunakan sistem Application Programming Interface (API) untuk fitur points redemption agar semakin melengkapi kemudahan, kenyamanan, dan selalu memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen setia dalam menikmati film di Cinema XXI,” ungkapnya.
Sementara itu, Naning Yuliningtyas, Head of Promotion, Cinema XXI, menjelaskan, fitur terbaru M-Tix e-voucher merupakan kerja sama yang baik dengan para rekanan, seperti production house (PH), bank partner, serta rekanan lainnya. E-voucher ini dapat memberikan kemudahan dan akurasi selama proses promosi bagi para PH, dapat meningkatkan pelayanan bagi nasabah loyal bank partner, serta kedepannya dapat menjadi moda untuk melakukan loyalty/rewards points redemption bersama dengan rekanan-rekanan potensial.
“Dengan hadirnya fitur baru e-voucher M-Tix ini, kami yakin dapat menjangkau sekaligus memenuhi kebutuhan pasar Gen-Y dan Gen-Z lebih luas dan lebih baik lagi,” ujarnya.
Menurut Naning, fitur pembelian F&B di M-Tix akan semakin menambah kenyamanan pengalaman menonton di Cinema XXI karena para pengguna dapat langsung melakukan pemesanan makanan dan minuman setelah membeli tiket via M-Tix. Pesanan dapat langsung diambil di pick-up point concessions tanpa harus memakan waktu sehingga lebih cepat dan mengurangi waktu antrian. Saat ini, fitur pembelian F&B sudah dapat digunakan di lebih dari 130 lokasi bioskop dan akan terus diperluas.
“Secara keseluruhan, kedua fitur baru ini membuat layanan mobile ticketing M-Tix semakin mudah, semakin praktis, dan semakin asik. To Infinity-Z and Beyond,” pungkas Naning.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post