Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Digitalisasi Penyaluran Bantuan Usaha Warung Binaannya, BAZNAS Gandeng Warung Pintar

23 Agustus 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Warung Pintar x BAZNAS

Penyaluran bantuan usaha oleh Ikin, Pendamping Lapangan BAZNAS didampingi oleh Jiwo Damar (Assistant Impact Manager, SIRCLO) ke salah satu warung binaan BAZNAS, toko kelontong M. Ali Ruhyat (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Guna memperluas cakupan dan mempercepat pertumbuhan usaha warung Zmart binaannya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng Warung Pintar.

Zmart merupakan program pemberdayaan BAZNAS ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, menyambut baik kerja sama yang terjalin antara BAZNAS dan SIRCLO Group. Menurut Saidah, Warung Pintar akan sangat membantu dan mendorong perkembangan warung Zmart ke depannya.

“Melalui kerja sama ini kami berharap dapat meningkatkan pendapatan mustahik binaan, agar lebih berdaya ke depannya. BAZNAS selalu beradaptasi dengan kemajuan zaman, termasuk memaksimalkan potensi digital. Semoga sinergi BAZNAS dengan SIRCLO Group dapat terus terjalin dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh mustahik,” ujar Saidah, Selasa (23/8/2022).

Kerja sama antara BAZNAS dan Warung Pintar ini mencakup fasilitasi digitalisasi penerima manfaat warung untuk proses kulakan, pencatatan usaha, dan peningkatan literasi.

Baca juga :   UNIQLO Indonesia Luncurkan Panduan Modest Wear Manual

Sejak tahun 2016, BAZNAS meluncurkan Zmart yang merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung atau toko yang dimiliki mustahik skala mikro dan kecil, dan sejak tahun 2020 BAZNAS telah menginisiasi kerja sama dengan Warung Pintar. Program ini terdiri atas penyaluran bantuan kulakan barang dagangan warung, renovasi tempat usaha, dan pendampingan pemilik warung. Sampai saat ini, sudah ada 1.668 penerima manfaat warung Zmart yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini, hampir 150 penerima manfaat telah mendapatkan bantuan dari BAZNAS sejak akhir tahun 2021 yang tersebar di hampir 10 kota/kabupaten dengan total bantuan yang telah terdistribusikan sebesar 500 juta rupiah.

“Kami menilai solusi digital yang ditawarkan SIRCLO Group sangat relevan dengan kebutuhan warung binaan Zmart, terutama dalam jaminan ketersediaan barang dagangan dari Warung Pintar yang rata-rata mencapai 90% per bulan,” tambah Saidah.

Agung Bezharie, CEO New Retail Enablement SIRCLO dan Co-Founder Warung Pintar, mengatakan, visi BAZNAS melalui Zmart sejalan dengan upaya Warung Pintar untuk memajukan warung-warung di Indonesia, terutama mereka yang masih berusaha pulih dari dampak pandemi.

Baca juga :   Shopee Gandeng Baznas-Dompet Dhuafa Untuk Donasi Amal

“Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pemilik warung untuk diberikan pendampingan digitalisasi hingga bantuan modal usaha. Ke depannya, kami juga akan memastikan solusi digital Warung Pintar dapat membuat proses penyaluran dan pemantauan dampak paska program menjadi lebih efektif dan efisien,” kata Agung.

Menurut Agung, untuk mempermudah pemantauan keberlanjutan usaha dari penerima manfaat warung pasca penyaluran bantuan, Warung Pintar memfasilitasi dashboard yang terdiri dari rekap nilai dan frekuensi belanja per bulan dari masing-masing penerima manfaat, sehingga BAZNAS dapat melihat secara transparan perkembangan usaha penerima manfaat warung.

Aplikasi Sales Pintar dari Warung Pintar juga dimanfaatkan dalam penyaluran bantuan ini, yakni untuk memetakan rute warung yang harus dikunjungi, menyampaikan materi pendampingan, melakukan survei sampai mengetahui durasi pendampingan. Data yang terkumpul dapat menjadi insight demi pengembangan program BAZNAS ke depannya.

Baca juga :   Bank CIMB Niaga Ajak Anak Muda Berpartisipasi dalam Gerakan Sosial Kejar Mimpi

Data yang dikumpulkan oleh Warung Pintar menunjukkan bahwa dari hampir 150 penerima manfaat, ada 95% warung masih aktif selama 6 bulan ke belakang dan mereka secara aktif berbelanja rata-rata sebesar 2.3 juta pada bulan Juli 2022. Selain itu, ada lebih dari 500 penerima manfaat warung tersebar di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi yang saat ini masih dalam proses persiapan pengiriman bantuan.

Selain memaksimalkan pemanfaatan teknologi, kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi awalan untuk mendorong program Zmart sebagai gerakan nasional. Sebagai gerakan nasional, program Zmart akan menjadi contoh bagi BAZNAS di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten untuk melakukan program serupa.

“Warung Pintar siap mendukung pengembangan program Zmart sehingga penyaluran bantuan usaha berbasis teknologi dapat merata dan inklusif. Sehingga bersama kita dapat mempercepat kesejahteraan bagi masyarakat miskin dan dhuafa dari sebelumnya mustahik (penerima zakat) menjadi muzakki (orang yang dapat berzakat),” tutup Agung.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)SIRCLOwarung pintarZmart
Previous Post

Klinik Pintar Luncurkan Kelas Virtual Bagi Tenaga Medis Untuk Tingkatkan Kemampuan

Next Post

Dorong Pendekatan Berbasis Wawasan untuk Para Pendengar, Noice dan MoEngage Berkolaborasi

Related Posts

Harbolnas
Headline

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
0
e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Load More
Next Post
Audiobook

Dorong Pendekatan Berbasis Wawasan untuk Para Pendengar, Noice dan MoEngage Berkolaborasi

Nodeflux

Startup Nodeflux Raih TKDN 99,04% Untuk Software AI

tempat pengelolaan sampah

Kelola Limbah Kosmetik, Rekosistem Jalin Kerja Sama dengan AVO

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version