youngster.id - Ada banyak permasalahan di ibukota Jakarta. Untuk itu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Global Infotech Solution memanfaatan server IBM Power Linux dan Aplikasi Luman Helpdesk. Dengan ini layanan masyarkat akan dilayani lewat chatbot otomatis baik melalui pesan instan (chat) maupun media sosial.
“Kami merasa Lumen memiliki aplikasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Jakarta dan untuk itu kami mendukung berkembangnya aplikasi tersebut dengan menyediakan server IBM Power linux S812LC sebagai platform yang digunakan pada aplikasi tersebut,” kata Amon Fernandes, Direktur, PT Global Infotech Solution,” pada penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PT Global Infotech Solution Jumat (3/3/2017) di Balai Agung Balaikota Jakarta.
Lumen Helpdesk adalah pemenang ajang kompetisi IBM Linux Challenge 2016 yang diadakan pada bulan September lalu. Aplikasi ini merupakan inisiasi IBM Indonesia bekerjasama dengan Jakarta Smart City dan mitra-mitra lainnya. PT Global Infotech Solution bermitra dengan IBM Indonesia dengan memanfaatkan Server IBM Power Linux S812LC.
“Kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari Jakarta Smart City dan berharap aplikasi helpdesk ini dapat bermanfaat kedepannya, serta Lumen dapat terus berkembang untuk membantu masyarakat Jakarta,” tambah Amon.
Selama ini Pemprov sudah melibatkan Lumen Helpdesk untuk memberikan informasi kepada warga. Lumen Helpdesk merupakan robot helpdesk otomatis berbasis kecerdasan buatan yang dapat melayani pengguna melalui saluran pesan instan maupun media sosial.
Lumen Helpdesk membantu sejumlah warga lewat kanal pesan singkat dan pesan instan. Aplikasi itu juga akan memberikan tanggapan dari akun media sosial, untuk warga mendapatkan informasi tentang layanan Pemprov DKI Jakarta. Layanan itu akan ditanggapi secara cepat melalui sistem seperti informasi rumah sakit, lalu lintas hingga lokasi kantor kepolisian.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi kerja sama yang dilakukan perusahaan teknologi dalam membantu program pemerintah di bidang informasi. “Terima kasih atas kerja sama yang kita lakukan. Sangat membantu sekali lewat Twitter. Dan dengan seperti itu supaya orang bisa tambah pintar tahu informasi,” kata Basuki.
Menurut dia, bantuan PT Global Infotech Solution, berdasarkan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai perusahaan yang beroperasi di Jakarta.
STEVY WIDIA
Discussion about this post