Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Empat Langkah Membangun Pondasi Pemasaran Digital yang Tepat Sasaran

30 Juni 2022
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
pemasaran digital

Kolaborasi transcosmos Indonesia, Plugo dan Revolusi Lokal Dorong UMKM Memaksimalkan Pemasaran Digital (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Peningkatan penggunaan internet di Indonesia selama pandemi COVID-19 telah menghadirkan sebuah potensi yang sangat besar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanan.

Berbagai laporan mencatat peningkatan penggunaan internet dan media sosial yang cukup signifikan selama pandemi. Analisis dari Kepios mengungkap bahwa pengguna baru media sosial di Indonesia meningkat sebanyak 21 juta atau setara dengan 12,6% antara tahun 2021 dan 2022 dengan rata-rata pengguna internet menghabiskan hampir 9 jam setiap harinya untuk mengakses internet.

“Pandemi telah mengubah cara pandang para pelaku usaha terhadap pemasaran digital. Sebelum pandemi banyak pemilik usaha yang memandang pemasaran digital sebatas salah satu cara untuk menjangkau calon pembeli. Namun situasi pandemi yang berlangsung cukup lama telah mengubah hal ini. Saat ini pemasaran digital bukan lagi dilihat sebagai sekedar pilihan, namun seolah-olah telah menjadi kewajiban. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan permintaan untuk jasa terkait pemasaran digital seperti pembuatan website dan konten untuk mendukung upaya pemasaran via media sosial (social media marketing),” ujar Ryan Gondokusumo, Founder dan CEO Sribu, dalam keterangan pers, Kamis (30/6/2022).

Baca juga :   Novia Paramita : Hidupkan Usaha Kriya Dari NTB Dengan Bantuan Teknologi

Di satu sisi, era serba digital telah memudahkan para pelaku usaha dalam menjangkau calon pembeli mereka. Namun, untuk mendapatkan perhatian calon pembeli dan meyakinkan mereka untuk membeli, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan membutuhkan keahlian-keahlian khusus, ada seninya.

Berikut adalah beberapa tips Sribu mengenai cara untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital dengan tepat dan efektif:

  1. Spesifik dalam menentukan profil calon pembeli atau pengguna layanan Anda

Layaknya pemasaran secara konvensional, pemilik usaha harus menetapkan profil calon pembeli atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk. Adalah penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui profil calon pembeli secara spesifik untuk produk atau layanan yang ditawarkan serta pola kebiasaan mereka.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan panduan misalnya: Siapa calon pembeli utama yang Anda targetkan berdasarkan gender, usia, keuangan dan persona? Apa yang menjadi pertimbangan mereka untuk membeli suatu produk atau jasa? Apa saja aspek yang mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut?

  1. Menetapkan channel pemasaran digital yang akan digunakan
Baca juga :   Sepuluh Film Indonesia Terlaris Sepanjang 2018

Langkah berikutnya adalah memilih channel pemasaran digital yang akan digunakan untuk menyasar calon pembeli. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh jenis produk atau layanan yang hendak ditawarkan. Dengan mengenal calon pembeli dengan baik, maka pebisnis dapat dengan tepat menentukan channel pemasaran digital yang tepat, misalnya dengan menggunakan website, media sosial, SEO, dan lain-lain.

Sebagai contoh, untuk usaha restoran, website mungkin bukan menjadi channel yang tepat untuk memasarkan produknya dan mungkin lebih tepat apabila menggunakan media sosial. Demikian juga untuk usaha seperti alat berat di mana media sosial mungkin bukan merupakan channel yang tepat sehingga lebih baik menggunakan website dan optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization/SEO).

  1. Petakan customer journey dari target pembeli Anda

Setelah mengetahui profil calon pembeli dan pola kebiasaaan mereka, maka hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mencari tahu pola perilaku calon pembeli dalam membuat keputusan. Di era digital seperti saat ini, sangat lazim apabila calon pembeli menggunakan lebih dari 1 channel dalam perjalanan menuju keputusan membeli. Misalnya, seseorang yang sedang memilih restoran mungkin pada awalnya mengetahui tentang sebuah restoran melalui media sosial, namun kemudian menggunakan mesin pencari seperti Google untuk melihat reputasi dan ulasan mengenai restoran tersebut. Bila tertarik, Ia akan mencari website restoran untuk mengetahui lebih jauh terkait menu, fasilitas, harga, cara reservasi, dsb.

Dengan demikian, pemilik usaha perlu menyusun strategi untuk mengoptimalkan masing-masing channel untuk menarik perhatian calon pembeli dan menuntun mereka untuk mencapai keputusan untuk membeli. Setelah memetakan customer journey, maka selanjutnya pemilik usaha perlu menyusun strategi pada masing-masing channel yang dipilih.

  1. Persiapkan konten Anda sebaik dan semenarik mungkin
Baca juga :   Platform Freelancer Sribu Rilis Tiga Fitur Baru

Salah satu aspek yang paling menentukan kesuksesan suatu upaya pemasaran digital adalah konten. Di era serba digital seperti saat ini, strategi pembuatan konten yang tepat dapat menj adi kunci kesuksesan suatu bisnis. Untuk itu, pemilik usaha perlu mempersiapkan konten dengan baik dan semenarik mungkin sesuai dengan pasar yang dituju. Konten yang menarik dan tepat bisa memberikan dampak yang sangat positif pada bisnis Anda.  (*AMBS)

 

Tags: digital marketingfreelancerpemasaran digitalSribu
Previous Post

Solusi Menyejahterakan Karyawan Melalui Akses Dana Darurat

Next Post

Menerapkan Prinsip SDGs Universitas Ini Jadi Juara THE University Impact Rankings

Related Posts

influencer kecantikan
Headline

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
0
digital marketing
Headline

Integrasi Kanal Digital dan Offline, Kunci Keberhasilan Digital Marketing

3 Mei 2025
0
Sribu App
News

Platform Freelancer Sribu Rilis Tiga Fitur Baru

22 Maret 2025
0
Load More
Next Post
Western Sydney University

Menerapkan Prinsip SDGs Universitas Ini Jadi Juara THE University Impact Rankings

Digital trust

Marak Bank Digital, Proses Verifikasi Nasabah yang Cepat, Mudah dan Aman Harus Jadi Perhatian Utama Penyedia Jasa Keuangan

Wagely

Wagely, Platform Yang Bikin Karyawan Bisa Akses Gajian Kapan Saja

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version