Evermos Hadir untuk Dukung Perkembangan UMKM

Evermos - Nikkei Forum 2024

Iqbal Muslimin (Co-founder & Chief of Sustainability Evermos) saat berbicara di Nikkei Forum 29th: Future of Asia (Foto: Istimewa)

youngster.id - Sejatinya, di Indonesia terdapat 63 juta UMKM. Namun, hanya 1% dari angka tersebut yang mampu berkembang, dari sebelumnya pengusaha mikro, menjadi pengusaha skala kecil hingga medium.

Iqbal Muslimin, Co-founder & Chief of Sustainability Evermos mengatakan, hambatan utama mereka untuk berkembang adalah akses distribusi, mengingat luasnya wilayah Indonesia yang berupa kepulauan. Agar produk mereka dapat diperoleh di mana saja untuk memperluas pasar, biayanya tidak murah. Sementara, hanya 1 dari 3 orang Indonesia yang menggunakan platform online.

“Di sinilah Evermos berusaha memberi solusi dengan menghadirkan alternatif saluran distribusi offline melalui peran reseller,” ucap Iqbal, di acara Nikkei Forum 29th: Future of Asia, sebagai pembicara dalam sesi “Social Issues Faced by Asia, A Future Changed by Startups”, dikutip Selasa (4/6/2024).

Menurut Iqbal, sebagai platform connected commerce yang mendukung UMKM untuk memulai serta mengembangkan usahanya, Evermos menyediakan integrasi layanan penjualan online dan offline sehingga memungkinkan pemilik brand mendistribusikan produk mereka secara omnichannel untuk dapat dibeli oleh konsumen di mana saja.

Melalui teknologi, Evermos memberdayakan banyak perempuan, ibu rumah tangga, serta mereka yang tinggal di daerah dengan lapangan kerja yang minim, melalui pemberian akses peluang usaha sebagai reseller dari produk UMKM terkurasi yang bergabung di Evermos. Jaringan reseller yang banyak tersebar di kota tier 2 dan 3 Indonesia inilah yang memungkinkan produk dari UMKM ini dapat didistribusikan secara luas di berbagai daerah Indonesia, termasuk yang terpencil sekalipun. Melalui model bisnis ini, Evermos menunjukkan manfaat nyata dari teknologi terhadap kemakmuran dan pemberdayaan.

Diklaim Iqbal, saat ini terdapat lebih dari 900.000 reseller bergabung dan 65.000 produk dari UMKM lokal yang tersedia di platform Evermos.

“Teknologi memungkinkan kami menjangkau pengguna yang lebih luas dan efisien, memberi mereka layanan personalisasi, serta mempercepat proses operasional,” tambahnya.

Meenurutnya, meskipun banyak platform e-commerce dengan layanan serupa yang tersebar di sebagian wilayah Asia, hal yang penting dari Evermos adalah turut menyediakan lapangan pekerjaan ke banyak rumah tangga di pedesaan dan kepada masyarakat yang belum memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan bisnis mereka.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version