Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Farian Kirana, CEO Lion Parcel: “Karir Mulai dari Bawah, Bukain Pintu Sampai Buatin Kopi”

25 April 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Farian Kirana - Lion Parcel

Farian Kirana, CEO Lion Parcel, bersama Cecillia Ong, COO Cakap (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Mungkin belum cukup familiar dengan nama Farian Kirana. Pria berkaca mata yang akrab disapa Ian ini merupakan putra dari Kusnan Kirana, salah satu pendiri Lion Group. Saat ini, Ian (32) menjabat sebagai CEO Lion Parcel—anak usaha Lion Group yang bergerak di bidang pengiriman barang.

Lantas, apakah faktor internal sebagai generasi pertama pendiri Lion Group membuatnya serba mudah untuk berada di posisi puncak perusahaan ekspedisi itu? Berikut obrolan Ian dengan Cecillia Ong, Chief Operating Officer (COO) Cakap, dalam siniar milik Edtech Cakap.

Sejatinya, Ian tidak langsung menempati posisi puncak di perusahaan milik bapaknya itu. Ian memulai karirnya dari bawah, yakni sebagai corporate assistant di Lion Air.

“Lulus SMA saya kuliah sambil kerja. Pekerjaan awal saya mencatat dan follow up hasil meeting, bukain pintu, sampai buatin kopi,” ungkap Ian.

Setelah merasa cukup ilmu di Lion Air, Ian kemudian pindah ke anak usaha Lion Group lainnya, yang baru didirikan pada 14 Februari 2013, yakni Lion Express. Tidak butuh waktu lama, dalam satu setengah tahun, Ian berhasil membuat bisnis Lion Express bertumbuh. Oleh karena itu, pada tahun 2017 manajemen akhirnya memutuskan ia sebagai Chief Executive Officer (CEO) Lion Express yang kini berubah nama menjadi Lion Parcel.

Baca juga :   Lion Parcel Bantu UMKM Lewat Layanan Regpack

Bahkan di masa pandemi, Ian mampu melewatinya dengan baik karena menerapkan sejumlah strategi yang efektif.  Ian mampu membawa Lion Parcel bertahan menghadapi pandemi hingga berkembang dengan jumlah mitra, armada dan agen yang besar tersebut. Saat ini, Lion Parcel didukung oleh lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir pengiriman, dan 3.000 armada; jaringan pengiriman Lion Parcel saat ini menjangkau 98 persen kecamatan di 34 provinsi di Indonesia.

Sebagai top management, kebijakan yang ia ciptakan harus membawa perusahaan yang ia pimpin bisa masuk dalam persaingan secara sehat. Ia sadar bahwa untuk menang dalam industri jasa pengiriman barang, harus memiliki daya saing yang kuat sebagai kunci utama. Sehingga ia mulai formula dengan menyediakan layanan yang efisien, cepat, dan terpercaya.

Baca juga :   Percepat Digitalisasi di Indonesia, Indosat dan Ericsson Lanjutkan Kolaborasi Pemanfaatan Teknologi

“Sebagai orang yang paling muda dalam manajerial, saya masukan ide segar. Kita harus ciptakan ekosistem untuk bisa meningkatkan ukuran usaha ini, kita buat good branding juga,” katanya.

Ian menyadari bahwa seiring tumbuh pesatnya ekonomi digital Indonesia termasuk melalui jual-beli daring, maka sektor pengiriman barang akan terdampak. Tapi disatu sisi persaingan antar pemain perusahaan ekspedisi juga tak terhindarkan.

“Kita kasih insentif kepada kurir yang pengirimannya lebih cepat, kita percepat hari pengiriman, tracking sistem yang kita ciptakan dan yang paling penting, data. Kita belajar dan terus memperbaiki diri,” kata lulusan Manajemen Bisnis Universitas Pelita Harapan

Meski 2023 dianggap sebagai tahun yang masih suram dari segi ekonomi yang mencoba bangkit dari pasca-pandemi Covid-19, Ian bisa membuktikan bahwa kontribusi ide segar dan inovasinya bisa membuat Lion Parcel terus tumbuh. Sepanjang tahun 2023, tonase pengiriman Lion Parcel naik 50%.

Baca juga :   Transaksi Lewat Platform Fintech Pembayaran Melonjak

Terakhir, keponakan dari Rusdi Kirana ini berbagi tiga kunci hidup yang selalu ia jalani: great, growth, and grounded.

“Jangan berpuas diri, jalani setiap proses untuk bisa bertumbuh dan bersyukur atas apa yang kita miliki setelah berhasil meraih target.”

Berkaca dari perjalan karirnya, menurut Ian, sifat tidak berpuas diri dan senantiasa mengasah kemampuan dengan ilmu baru seperti bahasa, coding, hingga data analisis, mampu membawa setiap individu untuk fit di setiap perubahan tren dalam dunia kerja.

“Gak terbatas sama materi, tapi selama kita mau belajar, maka akan punya itu (kesempatan, ke arah yang lebih baik),” tutup Ian.

 

HENNNI S.

Tags: Farian KiranaLion Parcel
Previous Post

Startup Energi Terbarukan Xurya Kantongi Sertifikasi B Corp

Next Post

Dukung Entrepreneur, Bank Saqu dan Endeavor Indonesia Luncurkan Solopreneur Academy

Related Posts

TORAJAMELO x Lion Parcel
News

Perluas Jangkauan Pasar, TORAJAMELO Gandeng Lion Parcel

11 Desember 2024
0
Lion Parcel x Indah Logistik
News

Perkuat Infrastruktur Pengiriman, Lion Parcel dan Indah Logistik Berkolaborasi

8 November 2024
0
Lion Parcel
News

Bantu Seller Kelola Logistik, Lion Parcel Kembangkan Layanan COD Ongkir

14 Juni 2024
0
Load More
Next Post
Bank Saqu Solopreneur Academy

Dukung Entrepreneur, Bank Saqu dan Endeavor Indonesia Luncurkan Solopreneur Academy

AIA ePolicy

Transformasi Buku Polis Digital Ramah Lingkungan, AIA Hadirkan ePolicy

Industri Telekomunikasi

XL Dukung Program Pemerintah Bangun Industri Telekomunikasi Yang Sehat

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version