Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

IKM Perlu Manfaatkan Teknologi Digital

30 Januari 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
IKM Perlu Manfaatkan Teknologi Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menkominfo Rudiantara dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Sektor Industri melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta e-commerce mengajak para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) nasional untuk memanfaatkan teknologi digital. Langkah ini untuk dapat meningkatkan daya saing di pasar domestik dan ekspor.

“Sejalan perkembangan era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu pilar kekuatan eknomi global. Sudah saatnya sektor industri, khususnya IKM, di seluruh Indonesia memanfaatkan teknologi untuk memetik keuntungan dari transformasi digital,” kata Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Sektor Industri melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jakarta, dalam siaran pers, Minggu (29/1/2017).

Kemenperin saat ini mengembangkan program e-Smart IKM yang nantinya akan diintegrasikan ke berbagai marketplace yang telah ada. “e-Smart IKM memberikan manfaat perluasan pasar bagi IKM melalui promosi online, efektivas dan efisiensi biaya promosi dan pemasaran, juga mendapatkan program-program pembinaan dari pemerintah,” ujar Airlangga.

Baca juga :   Sayembarasa, Kompetisi Bagi Pelaku UMKM Kuliner Nasi Goreng

E-Smart IKM mengusung sembilan komoditas unggulan yang akan dikembangkan pemasarannya melalui e-commerce, yaitu kosmetik, fesyen, makanan, minuman, kerajinan, perhiasan, furnitur, herbal dan produk logam.

Program tersebut digagas Menperin sejak September 2016. Sebelumnya Airlangga mengajak generasi muda untuk melek teknologi agar menjadi pebisnis startup digital. Kemenperin juga menjalankan beberapa program untuk meningkatkan kompetensi SDM industri, antara lain melalui pendidikan, pelatihan vokasi, pemagangan serta sertifikasi.

“Untuk marketplace, e-Smart IKM bisa memberikan keuntungan, antara lain kualitas barang yang terjamin, harga lebih bersaing karena barang langsung dari produsen, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan nilai transaksi di marketplace tersebut,” tambah Menperin.

Dengan didukung oleh marketplace, lanjut Menperin, e-Smart IKM diharapkan dapat menjadi stimulus, sehingga pasar perdagangan online akan dibanjiri oleh produk-produk asli Indonesia yang berkualitas.

Baca juga :   iPrice: Shopee Salip Lazada di Pasar e-Commerce Indonesia

Berdasarkan penelitian Deloitte Access Economics 2015, Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang menggunakan teknologi digital terbukti mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 2%. Selain itu, pendapatan IKM meningkat hingga 80 % dan 17 kali lebih inovatif.

Menkominfo Rudiantara menyambut baik para pelaku IKM yang akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat meningkatkan daya saing di pasar domestik dan ekspor.

“Untuk itu, kami dan Kemenperin melakukan aksi nyata bagi pengembangan industri dalam negeri, yaitu melalui peningkatan akses internet, pengembangan sumber daya manusia, serta penggunaan aplikasi untuk pemberdayaan industri,” kata Rudiantara.

STEVY WIDIA

Tags: e-commercee-smart IKMIndustri kecil dan menengah (IKM)Kementerian Komunikasi dan InformatikaKementerian Perindustrian
Previous Post

APJII Komitmen Tangkal Hoax

Next Post

Perluas Akses Perbankan Lewat Kerjasama Dengan Fintech

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Perluas Akses Perbankan Lewat Kerjasama Dengan Fintech

Perluas Akses Perbankan Lewat Kerjasama Dengan Fintech

Mencari Bakat Untuk SDM Cyber Security

Program Born To Control Untuk Jaring Penjaga Siber

Pola Konsumsi Berita Digital di Indonesia 2016

Pola Konsumsi Berita Digital di Indonesia 2016

Discussion about this post

Recent Updates

WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Bikin Gambar Bergerak Hingga Personalisasi Tema Chat

1 Oktober 2025
Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

Deteksi TBC Dengan AI Bawa Startup Indonesia Masuk Final Kompetisi LKYGBPC Singapura

1 Oktober 2025
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version