youngster.id - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau Aprindo menargetkan nilai transaksi penjualan dalam event Indonesia Great Sale (IGS) yang digelar pada 14 – 25 Agustus 2019 mencapai lebih dari Rp35 triliun.
“Kami meyakini kerjasama dengan APRINDO adalah salah satu bentuk nyata komitmen APPBI untuk selalu berinovasi menghadirkan berbagai program menarik. Melalui Indonesia Great Sale, kami juga memberikan kemudahan dan kesempatan bagi pusat perbelanjaan untuk menarik pengunjung,” ucap Stefanus Ridwan S. Ketua Umum APPBI pada jumpa pers IGS Selasa (6/8/2019) di Jakarta.
Acara IGS yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang ke-74, pusat perbelanjaan telah menyiapkan berbagai program dan event menarik untuk pengunjung, seperti showcase fashion design yang mengangkat tema kemerdekaan hingga festival kuliner nusantara yang dilengkapi dengan berbagai program belanja, baik cashback hingga belanja berhadiah menarik.
“Event Indonesia Great Sale yang dilaksanakan secara serempak, pengunjung dapat merasakan pengalaman terbaiknya dalam berbelanja mengingat terdapat variasi produk yang ditawarkan dengan promo yang fantastis,” kata Stefanus lagi.
Ketua Aprindo Roy Mandey mengatakan, target nilai transaksi penjualan dalam event Indonesia Great Sale (IGS) mencapai lebih dari Rp35 triliun. Nilai tersebut merupakan perhitungan dari jumlah minimal pengeluaran per orang pengunjung mal yakni senilai Rp200.000 dikalikan dengan rata-rata jumlah pengunjung mal per hari dan keseluruhan jumlah pusat perbelanjaan di Indonesia.
“Jumlah pengunjung mal rata-rata di Indonesia itu sekitar 30.000 sampai 50.000 orang/hari. Kalau mal besar bisa 60.000 bahkan 100.000 saat weekend. Hitunglah rata-rata 30.000 pengunjung/hari dikalikan Rp200.000 kemudian dikalikan 321 jumlah mal di Indonesia. Ditambah adanya program – program promosi, kami targetkan sekitar Rp35 triliun lebih selama Indonesia Great Sale berlangsung,” ucapnya.
Selain itu, event ini juga diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia hingga 20%. Program diskon belanja ini akan dilaksanakan serempak di seluruh pusat perbelanjaan yang ada di 24 provinsi.
Sementara, Tjahya Widayanti, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag RI menuturkan begitu mendukung pelaksanaan event Indonesia Great Sale ini dengan tujuan event ini nantinya dapat lebih mmeacu daya beli masyarakat yang akhirnya dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
“Tentunya kami mendukung program IGS ini Selain itu, melalui event Indonesia Great Sale merupakan kesempatan emas bagi pusat perbelanjaan, ritel serta restoran-restoran yang berada di dalam pusat perbelanjaan untuk dapat menggali potensi pasar secara maksimal serta menggairahkan sektor perdagangan dan pariwisata di dalam negeri,” kata Tjahya.
FAHRUL ANWAR