youngster.id - Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di Kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang pesat ini harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital yang kompeten. Namun hasil penelitian Bank Dunia dan McKinsey, selama kurun waktu 2015-2030, di Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital.
Hal ini mendorong Telkomsel konsisten menggelar IndonesiaNEXT. Ini adalah program pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa.
Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan, IndonesiaNEXT menjadi perwujudan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler.
“Kami terus berkontribusi membuka peluang meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas mahasiswa Indonesia agar dapat menjadi talenta digital yang berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM nasional secara digital, sebagai pilar penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Saki pada Kick-Off IndonesiaNEXT Season 7 Jumat (2/12/2022) di Jakarta.
Sejak penyelenggaraan pertamanya di 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 73 ribu peserta yang berasal dari 2.900 universitas di seluruh Indonesia. Pada season 7 ini sudah lebih dari 6.000 peserta yang mendaftar.
“Dengan secara konsisten menggelar Program IndonesiaNEXT setiap tahun, Telkomsel berharap dapat membuka peluang lebih luas bagi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka,” kata Saki.
Sementara itu General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andy Proyo Santoso mengatakan, program kali ini membuka peluang bagi seluruh mahasiswa dari segala jurusan di Indonesia, mulai dari jenjang studi Diploma hingga S2.
Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT Season 7, peserta akan mengikuti setiap proses secara online dengan pola merdeka belajar mandiri dan kreatif dengan metode blended learning (synchronous dan asynchronous). Beberapa tahapan program terdiri dari National Webinar, Hard Skill, Area Bootcamp, National Bootcamp, dan Crowning Session. Pada program ini, peserta berkesempatan mendapat sertifikasi tingkat internasional dari User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft Powerpoint & Excel, serta sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
“Semua pelatihan dan sertifikat ini dapat menjadi modal dalam meningkatkan value sekaligus mempersiapkan keahlian profesi mereka di industri digital,” ujarnya.
Sementara itu Head of Industrial, Telco, Financial Services META Aldo Rambie mengatakan, melalui program pengembangan kapabilitas seperti IndonesiaNEXT, digital ecosystem enabler layaknya Telkomsel dapat berkontribusi menumbuhkan culture dan mindset yang dibutuhkan agar talenta digital dan generasi muda Indonesia mampu menciptakan dampak dan manfaat yang diharapkan.
“People adalah kunci agar Indonesia bisa semakin maju dan menggapai cita-citanya untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Beberapa jenis-jenis kapabilitas yang perlu diolah oleh para talenta digital muda di antaranya adalah kreativitas dalam berpikir, literasi niaga digital, hingga adaptivitas berinovasi. Untuk itu, kita perlu terus learning, unlearning, dan scale up,” ungkap Aldo.
IndonesiaNEXT Season 7 masih membuka pendaftaran hingga 18 Desember 2022.