Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ini Solusi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di 2024

12 Desember 2023
in Headline
Reading Time: 3 mins read
bisnis online

Ini Solusi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di 2024 (Foto: Ilusyrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menurut hasil riset SleekFlow terkait consumer behaviour, ada tiga pilar utama perilaku konsumen dalam berbelanja. Apa saja? Lalu, bagaimana kiat meningkatkan penjualan online?

Adapun tiga pilar utama perilaku konsumen dalama berbelanja adalah: Pertama, 83% konsumen memilih untuk window-shopping terlebih dulu secara online sebelum membeli barang. Artinya, kehadiran brand di platform online sangat penting untuk menjangkau  lebih banyak pelanggan.

Kedua, 72% konsumen lebih suka belanja online karena faktor harga yang lebih murah dibandingkan belanja di toko offline. Artinya, brand yang memiliki toko online dan menggunakan strategi marketing yang tepat bisa meningkatkan peluang kenaikan penjualan menjadi lebih tinggi.

Ketiga, 77% konsumen berharap mendapatkan respons cepat dari chat yang dikirim ke sebuah brand. Rata-rata, konsumen berharap pesannya dibalas dalam waktu 1-2 menit, terutama untuk bisnis yang yang membutuhkan konsultasi seperti elektronik.

Diklaim pihak SleekFlow, dari tiga pilar itu pihaknya telah membantu brand untuk mengoptimalkan strategi marketingnya, meningkatkan brand awareness secara online, hingga meningkatkan penjualan melalui Whatsapp. Tercatat, 500.000 pesan broadcast telah dikirim oleh brand untuk mendukung tiga pilar tersebut.

Selain itu, lebih dari 100 brand dari berbagai sektor bisnis bergabung dengan SleekFlow sepanjang 2023 seperti, health & wellness, properti, dan ritel. Para brand tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari marketing untuk broadcast, otomasi marketing, hingga kebutuhan untuk customer service, seperti otomasi customer satisfaction score (CSAT) maupun frequent ask question (FAQ).

Baca juga :   PT Air Mas Perkuat Jaringan Bisnis E-Commerce

“Selama 2023, kami menilai ada tiga kebutuhan utama dari brand seperti, Whatsapp Business API untuk kebutuhan broadcast, centang hijau, hingga otomasi Whatsapp. Membangun platform omnichannel serta customer relationship management (CRM) dengan status kami sebagai mitra resmi WhatsApp Business Solution Provider. Serta, kombinasi WhatsApp Business for API (WABA) dengan Omnichannel dan CRM yang membantu brand mendorong engagement hingga mencatatkan penjualan yang lebih efisien dan optimal,” kata pihak SleekFlow dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/12/2023).

Beberapa brand yang bergabung dengan SleekFlow berhasil mencatatkan kenaikan prospek penjualan hingga awareness antara lain, Pasima, marketplace jual-beli mobil bisa mendapatkan leads 5 kali lebih banyak dengan  Click to WhatsApp dibandingkan dengan landing page ads.

Lalu, Klinik Alana juga mencatatkan kenaikan reservasi treatment sebanyak 2,5 kali lipat dengan menggunakan broadcast promo. Hingga pengembang properti Kota Baru Parahyangan yang mencatatkan open rate pesan hingga 71% dengan menggunakan WABA. Persentase open rate itu lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan WABA.

Sepanjang 2023, SleekFlow juga sudah merilis beberapa fitur baru seperti Flow Builder dan AI Inbox. Flow Builder bisa membantu brand untuk membuat alur kerja yang fleksibel. Jadi, brand bisa membuat banyak pesan otomasi seperti FAQ, pendaftaran, reservasi, dan lainnya.

Sedangkan, fitur AI Inbox membantu brand untuk menjawab pesan atau pertanyaan yang masuk dengan lebih cepat, serta lebih hemat waktu. AI Inbox juga menciptakan customer service hybrid antara AI dengan manusia. Dengan begitu, customer service bisa menangani kasus yang lebih kompleks, dan meminimalisir menjawab pertanyaan yang repetitif, seperti jam operasional hingga lokasi.

Baca juga :   IdEA Buka Pendaftaran PSE Bagi Bisnis Online

Menurut SleekFlow, dalam menyambut 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pengembangan bisnis secara umum seperti, pemisahan secara tegas antara media sosial sebagai media promosi dengan marketplace sebagai media bertransaksi membuat platform media sosial akan mempertajam fitur promosinya. Misalnya, Meta berencana terus mengoptimalkan iklannya seperti, Click to WhatsApp.

Lalu, loyalitas konsumen menjadi cukup penting karena beberapa platform marketplace cenderung mengurangi promo dan meningkatkan biaya admin hingga transaksi. Hal ini, jelas berdampak terhadap konsumen yang sensitif terhadap harga, tapi bagus untuk melahirkan persaingan bisnis yang sehat.

“Untuk itu, brand perlu membangun basis customer yang loyal sehingga jika ada kebijakan kenaikan biaya admin dan pengurangan promo lebih lanjut menjadi tidak berdampak signifikan,” katanya.

Pebisnis juga bisa mulai melirik prospek pasar ekspor untuk produk Indonesia. Ekosistem pasar ekspor Indonesia makin maju dengan berkembangnya infrastruktur dari logistik, pembayaran global, hingga promosi digital yang bisa dilakukan untuk lintas negara.

Untuk bisa mengikuti tren tersebut, ada 4 solusi yang bisa dilakukan brand agar kinerja penjualan dan strategi marketingnya bisa tumbuh optimal di 2024. Keempat solusi itu antara lain,

Pertama, membangun brand loyalty yang kuat dengan konsumen. Caranya bisa membangun percakapan secara berkala dari meminta saran dari konsumen atau membuat sistem membership. Dalam membuat itu pun tidak perlu aplikasi sendiri, tetapi bisa menggunakan omni channel CRM SleekFlow.

Baca juga :   Pemerintah Terus Sempurnakan Peraturan Terkait Perdagangan Fisik Aset Kripto

Kedua, berikan konsumen ruang dan waktu untuk memutuskan pembelian. Untuk itu, para pebisnis perlu menyimpan database calon konsumen agar bisa terus terhubung dan bisa memberikan informasi terbaru.

Ketiga, mengoptimalkan channel promosi dan komunikasi yang ramah terhadap konsumen yang dituju bisa menjadi cara untuk eksplorasi pasar ekspor ke luar negeri. SleekFlow pun memberikan solusi berupa integrasi dengan WhatsApp, dan beberapa pesan instan lainnya seperti, Telegram, Line, dan WeChat.

Keempat, pebisnis juga harus siap menghadapi tingkat turnover karyawan yang makin tinggi. Untuk itu, pebisnis harus memiliki database konsumen yang tersimpan rapi sehingga ketika ada karyawan resign bisa melakukan handover dan transisi lebih mudah. Seperti, menggunakan SleekFlow yang bisa menyimpan database dengan rapi dan mudah digunakan, serta ada riwayat chat yang bisa dipelajari oleh karyawan baru. Sehingga perusahaan dapat meminimalisir adanya kerja manual dan meminimalisir database konsumen yang hilang.

“SleekFlow berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman yang mudah bagi brand untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Kami akan hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan brand mulai dari membantu untuk sales, marketing hingga support. Untuk itu, menyambut 2024, kami akan hadirkan beberapa fitur baru seperti, Ticketing, Flow Builder, dan AI Inbox Enhancement,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: bisnis onlineSleekFlow
Previous Post

Perusahaan AMDK Ini Siap Bersinergi Dukung Inovasi Berkelanjutan pada UMKM

Next Post

XL Axiata Perkuat Ekosistem Green Smart City Berbasis IoT dan AI

Related Posts

SIRCLO - Bisnis Online
Headline

Jelang Ramadan 2024, Pahami Pola Belanja Konsumen dan Optimalkan Bisnis Online

20 Februari 2024
0
sistem sentralisasi data
Headline

Menata Data Pelanggan dengan Sistem Sentralisasi

22 September 2023
0
industri pariwisata
News

Kolaborasi RevComm dan SleekFlow Dorong Customer Retention Industri Hospitality di Bali

11 September 2023
0
Load More
Next Post
XL Axiata Perkuat Ekosistem Green Smart City Berbasis IoT dan AI

XL Axiata Perkuat Ekosistem Green Smart City Berbasis IoT dan AI

Lazada Business Advisor

Lazada Berikan Proteksi Gratis untuk Pembelian Produk Gadget & Elektronik

Tokopedia dan TikTok kampanye Beli Lokal

Sinergi Tokopedia dan TikTok Dongkrak Penjualan UKM Lokal

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version