Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Jelang Liburan Akhir Tahun, Belanja Online via Ponsel di Indonesia Meningkat

15 Oktober 2022
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Online Shopping

Jelang Liburan Akhir Tahun, Belanja Online via Ponsel di Indonesia Meningkat (Foto: Ilustrasi/Youngster.id)

youngster.id - Indonesia adalah salah satu pasar mobile dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan merupakan salah satu negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi secara global. Menjadikan belanja melalui mobile tumbuh pesat, di masa liburan.

InMobi merilis laporan terbarunya yang berjudul The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide, berdasarkan survei terhadap 1.009 pengguna smartphone di Indonesia. Laporan ini merupakan bagian dari survei yang lebih luas, yang menyajikan wawasan mendalam mengenai kecenderungan belanja konsumen menjelang masa liburan di Indonesia, Singapura, Filipina dan Asia Tenggara, dengan mengamati anggaran belanja, preferensi, serta saluran konsumen di kawasan tersebut.

Berdasarkan hasil survey, sebanyak 40% responden mengungkapkan adanya penurunan pendapatan rumah tangga, dan lebih dari 80% berencana untuk meningkatkan atau mempertahankan anggaran belanja mereka dibandingkan tahun lalu dalam penjualan musiman mendatang, untuk meningkatkan ke merek premium atau mengelola kenaikan inflasi.

Baca juga :   Sedang Mencari Pendanaan? Nih, Modal Ventura Cake DeFi Alokasikan US$100 Juta untuk Modali Startup

Laporan ini menemukan bahwa aplikasi mobile telah mengambil alih belanja desktop dan in-store sebagai saluran belanja pilihan di Indonesia. Sebanyak 77% responden berencana melakukan pembelian melalui aplikasi mobile, dan di tahun ini 5 dari 10 responden mengungkapkan mereka baru mencoba model pembayaran digital. Laporan ini juga menyoroti pengalaman belanja dan perilaku pembelian online, konsumen Indonesia dapat dikategorisasi menjadi tiga tipe, yaitu Category Explorers (45%), Bargain Hunters (32%) dan Brand Lovers (23%).

“Dengan prevalensi dan pertumbuhan mobile shopping di Indonesia, brand dapat memprioritaskan mobile sebagai marketing channel yang matang dan efektif untuk mendekati konsumen. Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile. Brand dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini, dan membantu brand menjadi yang terdepan,” ujar Rishi Bedi, Managing Director, Asia Pacific InMobi, dikutip Sabtu (15/10/2022). 

Baca juga :   Indonesia Bakal Jadi Kekuatan Mobile Gaming dan Periklanan di Asia Tenggara

Dalam laporan itu ada beberapa insight mengenai preferensi belanja konsumen untuk musim liburan di Indonesia, serta tren dan rekomendasi belanja berkaitan dengan strategi marketing mobile-first:

  • Loyalitas terhadap brand semakinlancar dengan 5 dari 10 responden berencana untuk beralih ke merek yang tidak terlalu mahal dan 57% sudah mencoba brand baru sepanjang tahun.
  • Barang yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia melalui aplikasimobile tahun ini adalah produk skincare dan make-up, pakaian dan aksesoris, serta gadget.
  • Event penjualan paling penting dan populer yang akan datang di Indonesia adalah 11.11 dan 12.12, ketika semua tipe pembelanja berencana untuk melakukan pembelian dalam fase “buy” dari perjalanan belanja mereka.
  • Empattren belanja untuk musim liburan 2022 adalah: belajar, menjelajahi, dan membeli saat bepergian (on the go); menggunakan saluran yang berbeda untuk merealisasikan kebiasaan belanja yang sama; lonjakan fenomenal dalam belanja online; dan kunjungan ke toko lebih selektif. (*AMBS)
Baca juga :   Ini 3 Penyebab Banyak Startup Lakukan PHK

 

Tags: belanja online masa liburanBelanja Online via ponselInMobi
Previous Post

Voilatime Hadirkan Solusi Bagi Para Pemburu Jam Tangan Mewah

Next Post

Pameran Kerajinan Inacraft Libatkan Pengusaha Muda

Related Posts

edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring
Headline

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Peris.ai
Headline

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
RANS
Headline

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
Inacraft 2022

Pameran Kerajinan Inacraft Libatkan Pengusaha Muda

Filantropi

Filantropi Investor Melalui Investasi Berdampak

Jakarta Fashion Week (JFW) 2022

Jakarta Fashion Week 2023 Gelar Fashion Show Virtual di Metaverse

Discussion about this post

Berita Terbaru

PLTS Atap

Xurya Jangkau Lebih Banyak Industri untuk Pertumbuhan Industri Hijau

2 Februari 2023
0
edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Literasi Digital

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Peris.ai

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
Yakes Telkom x Primaya

Terus Perluas Layanan Kesehatan, Yakes Telkom Jalin Sinergi Dengan Rumah Sakit Primaya Group

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version