Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kecenderungan Bisnis UMKM Saat Ramadan Setelah Melalui Dua Tahun Masa Pandemi

17 April 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
website

UMKM mulai beralih ke platform digital. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kondisi pandemi telah mendorong akselerasi digital. Hal ini juga berlaku bagi para pelaku Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menariknya di bulan Ramadan mereka memiliki kecenderungan bisnis yang berubah, terutama setelah melalui dua tahun pandemi covid-19.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan mengatakan setidaknya terdapat tiga poin penting mengenai kecenderungan bisnis UMKM di bulan Ramadhan kali ini. Yaitu mengutamakan pengalaman pelanggan, berfokus ke platformdaring, dan lebih memperhatikan tren.

“Para pelaku bisnis yang tadinya ogah-ogahan masuk ke ranah online, ketika ada pandemi langsung sedikit panik. Mereka jadi ingin tahu bagaimana caranya meningkatkan bisnis, bagaimana memanfaatkan tren, bagaimana cara berfokus ke marketplace,” kata Indra dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022).

Menurut Indra, sepanjang masa pandemic ini pelaku UMKM secara tidak langsung mendapat edukasi mengenai pentingnya digitalisasi. Karena itu, kini pelaku UMKM cenderung akan mengutamakan pengalaman pelanggan (customer experience) dari teknologi atau solusi digital yang sudah mereka miliki.

Baca juga :   UMKM Sebaiknya Gunakan Pembayaran Digital Untuk Transaksi Keuangan

“Tak hanya dari sisi teknologi, pengalaman pelanggan terkait pilihan metode bertransaksi hingga penggunaan layanan logistik yang dapat memudahkan juga penting untuk selalu diperhatikan pelaku UMKM,” ungkapnya.

Kecenderungan kedua, menurut Indra, pelaku UMKM pemula dapat langsung berfokus pada platform penjualan daring. Indra mengatakan hal tersebut terjadi karena mereka akan mempertimbangkan biaya pengeluaran (cost) yang lebih murah ketimbang harus membuka toko secara fisik.

“Kalau mereka memulainya dengan online dulu, sambil mereka mungkin membentuk strategi omni-channel, mungkin cost akan lebih murah,” ujar Indra.

Kecenderungan ketiga yang tak kalah penting, pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan tren produk yang tengah berkembang atau yang sangat dibutuhkan di masa pascapandemi. Menurut Indra, para pelaku usaha dapat menggunakan alat pemasaran (tool marketing) yang tepat untuk mendatangkan traffic ke website toko mereka.

Baca juga :   3,4 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Lewat Program Pemerintah

“Pelaku usaha harus melihat dan memaksimalkan peluang bisnis dengan memanfaatkan banyak kanal penjualan online sebagai prioritas seperti promosi di media sosial dan memaksimalkan website,” katanya.

Sementara itu Marketing Manager JDL Express Indonesia Iqbal Prakasa menilai bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi pebisnis atau seller untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menghadirkan produk hampers.

“Tahun 2022 ini boleh dikatakan tahun bangkitnya UMKM setelah dua tahun kita melewati pandemi. Jadi, ini waktu yang pas untuk melebarkan funnel marketing tidak hanya di marketplacesaja,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Exabytes Indonesiapengalaman pelanggan (customer experience)Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Facebook Watch Hadirkan Program Unggulan Selama Ramadan

Next Post

LinkAja Permudah Pembayaran Pelayanan Publik Di Sejumlah Daerah

Related Posts

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global
News

Lewat TEI 2025, Telkom Dorong UMKM Binaan Jajaki Pasar Global

5 November 2025
0
Google.org Kucurkan Hibah US$7 Juta Untuk Percepat Ekonomi AI dan Ketahanan Pangan di ASEAN
Headline

ASEAN Foundation Gelar Pelatihan AI Bagi 100 RIbu Pelaku UMKM di Kawasan Asia Tenggara

6 Oktober 2025
0
Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia
Headline

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia

11 September 2025
0
Load More
Next Post
LinkAja x myPertamina

LinkAja Permudah Pembayaran Pelayanan Publik Di Sejumlah Daerah

RedDoorz

RedDoorz Gelar Kompetisi Foto Online Berhadiah Mudik Gratis

e-materai

Privy Kini Sediakan E-Materai Untuk Dokumen Elektronik

Discussion about this post

Recent Updates

Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Maybank Indonesia x BRI-MI

Maybank Indonesia Ditunjuk Sebagai Bank Kustodian untuk KIK EBA Syariah Perdana BRI Manajemen Investasi

13 November 2025
Rumah Energi x Microsoft

Kolaborasi Rumah Energi dan Microsoft Atasi Krisis Air dengan Teknologi Pemanenan Air Hujan

13 November 2025
ekonomi digital

Ekonomi Digital Asia Tenggara Akan Tembus US$300 Miliar GMV, E-Commerce Jadi Penyumbang Terbesar

13 November 2025
Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

Lost in Candyland, Perayaan Kreativitas 300 Penari Balet Anak

13 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version