youngster.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menetapkan program Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai fokus prioritas di tahun 2024. Untuk itu, Kemenparekraf Kembali berkolaborasi dengan tiket.com.
Sebagai mitra utama, tiket.com turut serta untuk mendorong aktivitas publikasi dan promosi dari KEN 2024 yang memperkenalkan kekayaan budaya lokal melalui festival-festival yang menarik perhatian baik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasinya kepada tiket.com atas komitmen kerja sama yang dibangun beberapa tahun belakangan ini.
“Saya mengapresiasi tiket.com sudah berkomitmen menjadi mitra kita dalam pengembangan pariwisata. Sekali lagi, kita sangat membutuhkan tiket.com apalagi di tahun-tahun yang menjadi titik terpenting dari kebangkitan kita,” ujar Menteri Sandiaga, Jum’at (16/2/2024).
Kolaborasi dalam KEN 2024 juga merupakan langkah strategis untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia dengan menciptakan pengalaman berwisata yang unik serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal di sepanjang lokasi festival.
Selain KEN 2024, tiket.com dan Kemenparekraf RI akan terus memperluas kerja sama tidak hanya pada dukungan penyelenggaraan acara, namun juga secara aktif terlibat dalam pemberdayaan pelaku usaha wisata terutama di Desa Wisata. Melalui program Jagoan Pariwisata telah membuktikan dampak positifnya selama dua tahun terakhir terhadap pelaku usaha wisata di Desa Wisata, sebuah inisiatif yang terus diintensifkan.
Co-Founder & Chief Marketing Officer, Gaery Undarsa menyampaikan semangatnya untuk terus melanjutkan kolaborasi bersama Kemenparekraf di 2024.
“Kami melihat langkah strategis ini dapat mendukung target Kemenparekraf dalam memperluas akses pelaku desa wisata secara digital, mengenalkan festival kebudayaan ke masyarakat yang lebih luas, dan mendorong perputaran ekonomi di desa wisata. Dengan program inovatif, kami berkomitmen menjadikan pariwisata Indonesia menjadi destinasi yang semakin menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional,” kata Gaery.
Tahun 2023 telah menjadi momentum penting dalam kolaborasi ini, dengan kesuksesan berbagai program kolaboratif seperti Jagoan Pariwisata, Industry Outlook, dan berbagai upaya promosi yang telah mendukung pertumbuhan pariwisata domestik.
Sinergi antara tiket.com dan Kemenparekraf di tahun 2024 mencerminkan komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata dalam negeri, dengan fokus pada pengembangan desa wisata dan pemberdayaan pelaku usaha wisata. Melalui program-program inovatif dan kolaborasi yang erat, diharapkan industri pariwisata Indonesia akan semakin berkembang, menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal serta perekonomian nasional.
STEVY WIDIA