Kopi Kenangan Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Edward Tirtanata dan James Prananto, founders Kopi Kenangan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pertumbuhan bisnis kedai kopi yang pesat membuat Kopi Kenangan begerak cepat. Startup ini merencanakan ekspansi ke empat negara di Asia Tenggara dalam waktu dekat. Belum lama ini Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 milliar dari Sequoia India.

“Targetnya kuartal IV 2019 atau kuartal I 2020 seharusnya kami sudah buka lima sampai 10 (gerai) di satu negara,” kata Edward Tirtanata, CEO dan co-founder Kopi Kenangan saat ditemui baru-baru ini di Jakarta.

Namun, ia masih merahasiakan identitas negara yang dimaksud. Edward optimistis, jaringan Kopi Kenangan bisa terus berkembang di dalam negeri dan mancanegara. “Kami merasa masih banyak kesempatan untuk tawarkan affordable market di Indonesia maupun Asia Tenggara karena tidak banyak di luar negeri yang menjual freshly ground coffee dengan harga terjangkau,” katanya.

Seiring rencana ekspansi ke mancanegara, perusahaan juga berencana melakukan perubahan nama (rebranding) jaringan kopinya agar bisa lebih diterima secara internasional. “Karena mungkin misalnya di Australia mereka enggak tahu kenangan mantan kali ya. Jadi kami ingin rebrand menjadi sesuatu yang lebih international,” ujarnya.

Saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki 90 gerai di 12 kota di Pulau Jawa. Edward menargetkan jumlahnya bertambah menjadi 200 gerai akhir tahun ini, dan mencapai 1.000-1.500 gerai pada 2021. Pendapatan sepanjang tahun ini diklaim sudah 44 kali lipat dari periode sama tahun lalu. Sedangkan kenaikan pendapatan secara bulanan mencapai tiga kali lipat.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version