youngster.id - Perusahaan telekomunikasi XLSmart memastikan tidak ada perubahan dari segi pelayanan bagi pelanggan usai penggabungan (merger) XL Axiata dan Smartfren. Pengguna layanan telekomunikasi dari dua perusahaan tersebut yakni XL, Axis, dan Smartfren tetap bisa menikmati layanan masing-masing seperti biasa.
Presiden Direktur dan CEO XLSmart Rajeev Sethi mengatakan, setelah penggabungan ini XLSmart akan memberikan layanan telekomunikasi yang lebih baik kepada para pelanggannya.
“Dari segi pelayanan kepada pelanggan tidak ada yang berubah. Tiga layanan yang kita miliki Axis, XL dan Smartfren akan terus beroperasi seperti biasa,” kata Rajeev dalam konferensi pers merger XL Axiata dan Smartfren belum lama ini di Jakarta.
Rajeev menjelaskan, XLSmart memiliki total spektrum frekuensi sebesar 152 MHz. Spektrum frekuensi tersebut merupakan gabungan dari 90 MHz milik XL Axiata dan 62 MHz milik Smartfren. Selain itu, XLSmart akan mengembangkan jaringan 5G dan teknologi kecerdasan buatan (AI) guna meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan di Indonesia.
“Kami akan memiliki akses ke layanan yang lebih besar. Jadi pelanggan bisa mengharapkan layanan yang jauh lebih baik,” ujarnya.
Menurut Rajeev, merger antara XL Axiata dan Smartfren menjadi peluang besar untuk mempercepat pengembangan jaringan 5G dalam beberapa waktu ke depan. Selain itu, XL Smart juga berfokus pada pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Teknologi AI akan digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih akurat, mengoptimalkan layanan, serta meningkatkan efisiensi jaringan.
“Ke depan, XLSmart akan membuka akses ke berbagai teknologi dan kemampuan yang signifikan bagi kami untuk berinvestasi dalam solusi digital yang lebih inovatif,” ucap Rajeev.
Untuk menyambut Idul Fitri 2025, XL Axiata juga menggelar mudik bareng Bersama ratusan pengecer dan karyawan secar gratis. Sekitar 600 peserta mendapat fasilitas mudik berupa bus dan mobil premium, dengan tujuan ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Direktur & Chief Commercial Officer Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses mengatakan, program mudik bareng ini sudah menjadi tradisi di XL Axiata ini untuk membantu para retailer dan karyawan untuk bisa mudik ke kampung halaman guna merayakan Idul Fitri atau Lebaran.
“Fasilitas ini menjadi bagian dari cara XL Axiata untuk memberikan #BerbagiKebaikanDiHariFitri serta memotivasi mitra-mitra retailer sekaligus memperkuat jalur distribusi dan penjualan tradisional,” ujarnya.
Sebagian dari peserta mendapatkan fasilitas mudik premium menggunakan mobil mewah Alphard dan Innova. Mereka adalah para retailer yang berhasil memenangi program Kompetisi Sales Racing untuk mengantar mereka sampai kampung halaman. Total ada sekitar 40 peserta dari 10 retail outlet di Jabodetabek ( meliputi wilayah Depok, Bogor, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Kab Bekasi, Kota Bekasi, dan Kab Tangerang) yang memenangi hadiah mewah ini.
Tak hanya menggelar program mudik gratis untuk retailer dan karyawan, XL Axiata juga melakukan program CSR berupa donasi buku dan santunan panti asuhan yatim piatu yang berada di Jakarta Selatan. Sebanyak 250 buku dikumpulkan untuk di donasikan pada yayasan Melati Taman Baca yang berada di Kawasan Ampera.
STEVY WIDIA