Minggu, 3 Juli 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Lebih Dari 3,7 Juta Lapangan Kerja Baru Akan Tercipta Dalam Ekonomi Digital Indonesia

3 Maret 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
generasi milenial

Bstation Siap Jadi Wadah Kreatvitas dan Gaya Hidup Digital Generasi Muda (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Diperkirakan akan ada lebih dari 3,7 juta lapangan kerja baru tercipta dalam ekonomi digital Indonesia. Untuk itu diperlukan kolaborasi dan kemitraan intensif antara pemerintah dan pihak swasta, upaya merangkul budaya pertumbuhan, perubahan dan inovasi serta memberdayakan komunitas untuk terlibat dan berkontribusi dalam ekonomi digital Indonesia.

Demikian hasil diskusi panel Studi Lazada 2021 yang diselenggarakan Lazada yang dihadiri perwakilan dari  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, serta Indonesia eCommerce Association (idEA).

“Studi Lazada 2021 ini menjadi pengingat dan pendorong bagi seluruh pemangku kepentingan, baik sektor publik maupun swasta, untuk berkolaborasi dan bergerak bersama demi pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” kata Ferry Kusnowo, Executive Director, Lazada Indonesia dalam diskusi panel virtual, Rabu (2/3/2022).

Baca juga :   Lazada Hadirkan Koleksi Eksklusif 9 Desainer Berbakat Indonesia di Jakarta Fashion Week 2022

Ferry memaparkan, Studi Lazada yang dilakukan pada kuartal keempat 2021 memberikan gambaran lanskap tenaga kerja Indonesia saat ini. Diantaranya, Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi mulai tahun 2030 dengan total usia produktif mencapai 64% dari total populasi. Kelompok usia produktif ini akan menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Untuk itu kolaborasi dan kemitraan intensif antara pemerintah dan pihak swasta menjadi penting.  “Semua pihak bisa mendukung dan memperkuat infrastruktur, termasuk diantaranya memastikan ketersediaan sumber daya pendidikan yang berkualitas dan inklusif demi pertumbuhan talenta di Indonesia,” kata Ferry.

Sementara itu Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Mohammad Rudy Salahuddin menjelaskan, potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar, namun memang masih ada beberapa tantangan, khususnya dalam membangun sektor talenta digital.

Baca juga :   Zilingo Trade Bantu Persiapan Lebaran dari Rumah

“Pemerintah mendorong swasta untuk aktif dalam kegiatan pendidikan dan vokasi yang ditujukan kepada talenta digital. Kami tidak dapat kerja sendiri, diperlukan kolaborasi banyak pihak, utamanya pelaku usaha sebagai end user dari tenaga kerja tersebut,”ungkap Rudy.

Dia mengungkapkan, e-commerce menjadi penopang dari nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia dengan nilai pertumbuhan mencapai 52% year on year. “Secara keseluruhan pada tahun 2021 nilai ekonomi digital mencapai US$ 70 miliar. Tumbuh signifikan sebesar 49% year on year dan pada tahun 2025 nilai ekonomi digital diprediksi akan mencapai US$ 146 miliar atau tumbuh 20% annual growth rate,” jelasnya.

Rudy juga mengatakan bahwa potensi ekonomi digital di Indonesia yang sangat besar juga memiliki tantangan di mana salah satunya adalah masalah penyiapan talenta digital Indonesia. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia jika tidak disertai peningkatan kualitas SDM justru akan menjadi boomerang bagi perekonomian Indonesia. Angkatan kerja masih didominasi sebanyak 56% berpendidikan SMP ke bawah akibatnya keterampilan digital tenaga kerja juga terbatas.

Baca juga :   Lazada Forward Scholarship, Jaring Talenta Muda Indonesia Yang Siap Kerja

“Hal tersebut juga menyebabkan sekitar 23 juta pekerja di Indonesia akan rentan digeser oleh otomatisasi. Secara nasional digital kompetitif indeks kita relatif masih rendah berada di peringkat 53 dari 56 negara,” ungkapnya.

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi digital IndonesiaLazada IndonesiaStudi Lazada 2021
Previous Post

TikTok Perpanjang Durasi Video hingga 10 Menit

Next Post

Brand Smartphone Ini Bidik Anak Muda Dengan Angkat Tren Subkultur

Related Posts

Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas
Headline

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
0
PUBG
Headline

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

3 Juli 2022
0
crowde
Headline

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
Load More
Next Post
POCO

Brand Smartphone Ini Bidik Anak Muda Dengan Angkat Tren Subkultur

huawei-seed-for-the-future-2019 (2)

Huawei Luncurkan Solusi Digital dan Berdayakan Pembangunan Hijau di Asia Pasifik

Tiket NFT Liga 1 Seri 5 di BRI Liga 1

Moflip dan LOKET Hadirkan Tiket NFT Liga 1 Seri 5 di BRI Liga 1

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Connect with
Login
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
Notify of
I allow to create an account
When you login first time using a Social Login button, we collect your account public profile information shared by Social Login provider, based on your privacy settings. We also get your email address to automatically create an account for you in our website. Once your account is created, you'll be logged-in to this account.
DisagreeAgree
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terbaru

Lazada Manjakan Konsumen Jelang Harbolnas

7 Kiat Penting Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce

3 Juli 2022
0
PUBG

PUBG Mobile Gelar Kolaborasi dengan UMKM Kuliner Lokal Sei’Tan

3 Juli 2022
0
Collabonation Tour

Konser Musik Collabonation Tour Hadir di 50 Kota

2 Juli 2022
0
crowde

Startup Fintech CROWDE Jadi Wadah Saluran Dana BJB Bagi Para Petani

2 Juli 2022
0
Sampoerna University

Upaya Sampoerna University Tumbuhkan Kreativitas Berwirausaha

2 Juli 2022
0
Film Kau dan Dia

Film Drama “Kau dan Dia” Sukses Raih 8 Juta Penonton di Platform Streaming

2 Juli 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

wpDiscuz
0
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
| Reply

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version