Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Lewat TBS 2019, Blibli Dorong UMKM Bertransformasi

15 Juli 2019
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
E-Commerce Turut Mendorong UKM Masuk Ranah Digital

Peluncuran The Big Start 2019. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Meskipun usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) dinilai berpotensi besar bagi perekonomian Indonesia namun bisnis ini masih belum optimal Salah satu yang menjadi tantangan adalah masih kurangnya pelaku UMKM yang mau mengubah bisnis dari konvensional ke digital.

Delloite‎ Access Economics melaporkan baru sekitar 9% pelaku UMKM di Indonesia yang memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produk. Sementara McKinsey Global Institute menyampaikan hanya 5% UMKM yang sudah mampu bertransaksi secara online.

Berbagai upaya dilakukan tak hanya oleh pemerintah tetapi juga pihak swasta untuk mengoptimalkan potensi UMKM tersebut. Salah satunya adalah program The Big Start yang digagas oleh Blibli.com sejak tahun 2016 silam.

Deputy Chief Marketing Officer Blibli, Andy Adrian mengatakan, The Big Start merupakan kompetisi usaha yang fokus mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

Baca juga :   Telkom Craft 2017, Tingkatkan Kualitas Produk UKM Dengan Digital

“Blibli berupaya mengajak semua pihak untuk memaksimalkan potensi besar UMKM,” kata Andy saat ditemui belum lama ini.

Menurut dia, ada empat keunggulan dari pelaku UMKM yang perlu naik kelas. Yaitu akses terhadap bahan baku, akses tenaga kerja, skill produksi, dan kearifan lokal. “Apalagi tren saat ini adalah generasi milenial lebih tertarik menggunakan dan menciptakan produk lokal dan bangga terhadap produk lokal,” ungkap Andy lagi.

Di sisi lain ada 7 tantangan bagi para pelaku usaha UMKM di Indonesia, yakni akses pasar, modal, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, kreativitas dan inovasi, serta platform online. Dan Blibli ingin memberi solusi melalui TBS.

“Melalui TBS, Blibi berupaya untuk memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha,” tegas Andy.

Baca juga :   Presiden : Produk UMKM Terintegrasi Teknologi Bisa Tembus Pasar Ekspor

Sementara itu SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli, Geoffrey L Dermawan, mengatakan pihaknya memiliki komitmen jangka panjang dalam program pengembangan bisnis UMKM. Untuk itu, Blibli tidak hanya akan berhenti di program The Big Start tetapi para peserta juga akan dibantu untuk masuk ke platform Blibli khusus produsen lokal yakni Galeri Indonesia.

Hal ini tentu merupakan upaya yang sangat bagus mengingat salah satu tantangan yang perlu diatasi adalah jumlah pelaku UMKM di Indonesia yang memanfaatkan platform e-commerce masih sangat sedikit.

“Sebenarnya TBS ini hanya langkah awal bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnis dan usaha. Setelah mengikuti program The Big Start, para peserta akan mendapat kesempatan menaruh produk-produk kreatif mereka di Galeri Indonesia, kategori khusus di Blibli.com bagi produk kreatif hasil produksi lokal,” lanjut Geoffrey.

Baca juga :   Headhunter Wakili Indonesia di Grand Final Legion of Champions Bangkok

Geoffrey menyampaikan para pelaku usaha yang masuk ke dalam Galeri Indonesia akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari tim Blibli. Ia menjelaskan setiap minggu selalu ada agenda pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM dengan topik yang berbeda-beda.

“Jadi, kita mengharapkan Galeri Indonesia ini bisa mendorong para pelaku UMKM ini untuk terus meningkatkan kualitas produk serta menjangkau pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Saat ini produk-produk di Galeri Indonesia mayoritas berasal dari sektor-sektor favorit, yaitu fashion, kesehatan & kecantikan, kuliner, rumah dan dekorasi, serta seni dan kerajinan. Selaras dengan Galeri Indonesia, The Big Start pada tahun ini akan fokus pada empat kategori utama tersebut.

STEVY WIDIA

Tags: blibli.comThe Big Starts (TBS) 2019Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Previous Post

Bekraf Game Prime 2019 : Wadah Bagi Developer Lokal Bertumbuh

Next Post

Investree Sedia SBR007 Dengan Cash Back Hingga Rp30 Juta

Related Posts

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia
Headline

Bliink Hadirkan Platform Manajemen Perjalanan Bisnis Untuk UMKM Indonesia

11 September 2025
0
Pertamina UMK Academy 2025 Jaring 730 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Headline

Pertamina UMK Academy 2025 Jaring 730 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah

4 September 2025
0
BNI Luncurkan BNIdirect bisnis, Solusi Digital Praktis untuk UMKM
News

BNI Luncurkan BNIdirect bisnis, Solusi Digital Praktis untuk UMKM

16 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Investree Distribusi Produk Investasi Sukuk Tabungan Seri ST-002

Investree Sedia SBR007 Dengan Cash Back Hingga Rp30 Juta

9 Startup Juara Lintasarta Appcelerate 2019

9 Startup Juara Lintasarta Appcelerate 2019

Shopee 8.8 Men Sale Diskon Hingga 90%

Shopee 8.8 Men Sale Diskon Hingga 90%

Discussion about this post

Recent Updates

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

30 September 2025
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

Punya 7,6 Juta Member, Sociolla Award 2025 Lakukan Kurasi Berdasar Review Pengguna

30 September 2025
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version