Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Gaet Pelanggan Versi Startup Sampingan

20 September 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
strategi pemasaran

Digital marketing. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam kondisi pandemi seperti saat ini utamanya dimana perilaku masyarakat berubah bisnis akan didorong untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan keadaan. Untuk itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sehingga tidak hanya dapat menggaet pelanggan tetapi juga mempertahankannya.

Head of Business: Field Marketing Sampingan Maria Britta mengatakan,di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online.

“Untuk itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan,” ucapnya dalam siaran pers, Senin (20/9/2021).

Maria Britta merangkum lima strategi efektif yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanannya guna menggaet pelanggan.

  1. Berikan Strategi Pemasaran yang Bervariatif
Baca juga :   Telkom Indonesia untuk Indonesia 52 Tahun Hadir Untuk Negeri, Membangun Ekonomi Digital Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa

Tak hanya terpaku pada satu jenis strategi marketing, strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan. Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.

“Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiencesnya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum, dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” kata Maria.

  1. Menggunakan Sosial Media dengan Baik

Sosial media tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatu tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis. Tidak hanya menggandeng pelanggan, anda bisa juga menggandeng para agen dan reseller. Selalu update konten sosial media anda. Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang sedang berkembang saat ini. Pastikan bahwa kita berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis.

Baca juga :   Apa itu Bullseye Marketing?

“Dengan demikian, pelaku usaha bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan,” ujarnya.

  1. Tidak Mengabaikan Pemasaran Lapangan

Meskipun teknologi memudahkan melakukan pemasaran secara online, bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara offline. Hal ini dapat dilakukan memanfaatkan sales kanvas, dimana mereka dapat memberikan visualisasi produk/layanan kepada pelanggan, selain itu interaksi terhadap calon pelanggan juga dapat lebih personal dengan menyesuaikan intonansi dan bahasa tubuh.

“Kami di Sampingan pun hadir menyediakan layanan pemasaran lapangan yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk menarik perhatian calon pelanggannya secara langsung dengan pendekatan yang lebih personal,” jelas Maria.

  1. Memanfaatkan Event Marketing
Baca juga :   Pembeli Hemat Hingga Rp 2 Milar di Shopee Super Brand Day

Event merupakan salah satu channel dan medium yang tepat untuk memperkenalkan produk/layanan kepada pelanggan. Kompetisi dan event ini dapat dilakukan secara offline maupun online untuk menciptakan kedekatan emosional dan juga rasional antara pelanggan dengan produk / layanan yang ada. Dengan demikian, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.

  1. Membuat Giveaway dan Promo

Membuat giveaway dan promosi juga bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan pelaku usaha. Tak hanya dilakukan melalui sosial media, giveaway dan promosi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan. Manfaatkan acara-acara yang menarik dan cocok dengan produk dan layanan seperti seminar, diskusi publik, pameran maupun pertunjukkan musik.

 

STEVY WIDIA

Tags: platform digitalstartup Sampinganstrategi pemasaran
Previous Post

Zynga Luncurkan ReVamp, Game Muslihat Multipemain Untuk Snapchat

Next Post

Tara.app Layanan Pembayaran Digital UMKM dari Indepay

Related Posts

paltform digital
Headline

Perlu Kolaborasi Agar Potensi Platform Digital Jadi Alat Layanan Publik

20 Agustus 2025
0
Influencer marketing
Headline

impact.com: Pebisnis Travel Harus Menata Kembali Fokus Strategi Pemasarannya

9 Mei 2025
0
SMS Indonesia
News

Sukseskan Brand Melalui Edukasi dan Keterlibatan Pasien, SMS Indonesia Gandeng 1500 Rumah Sakit

16 Desember 2023
0
Load More
Next Post
Indepay

Tara.app Layanan Pembayaran Digital UMKM dari Indepay

Marketing

ITS dan MarkPlus Institute Luncurkan Program TechnoMarketing

AstraPay

Astra Terjun ke Bisnis Pembayaran Digital, Layani Angsuran Hingga Transportasi

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version