youngster.id - Venture Capital Living Lab Ventures (LLV) mengumumkan pendanaan pra-seri A ke startup di bidang kreatif DCT Agency. Pendanaan dengan nominal dirahasiakan ini diikuti sejumlah investor lainnya.
“Potensi industri kreatif dan startup di Indonesia sangat besar sehingga berpeluang menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Mulyawan Gani Chief Transformation Officer Sinar Mas Land dalam keterangan resmi Kamis (26/1/2023).
Living Lab Ventures merupakan corporate venture capital (CVC) dari Sinar Mas Land fokus untuk memberikan investasi untuk inkubasi dan akselerasi digital entreprenuer potensial di Indonesia. Pihaknya mengincar sektor agnostik agar dapat menjangkau jaringan investasi yang lebih luas.
Tesis investasinya berfokus pada tiga aspek utama, yakni Smart Technologies, Digital Life, dan Mobility. Sejauh ini, Living Lab Ventures telah berinvestasi di startup SWAP Energy, Doogether, serta menginkubasi startup marketplace KlikGazz.
Sebelumnya, Living Lab Ventures hadir untuk mewadahi pengembangan aspek digital yang dapat mendukung pengembangan township yang dilakukan oleh Sinar Mas Land. Fokusnya adalah membangun ekosistem digital menyeluruh di kawasan kota mandiri Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.
Partner Living Lab Ventures Bayu Seto menjelaskan, pemilihan DCT Agency sebagai salah satu penerima dana investasi merupakan langkah mendukung geliat pertumbuhan startup di Tanah Air.
“Keberadaanya di ekosistem LLV juga akan membantu DCT Agency untuk saling berinteraksi dengan startup lainnya di berbagai bidang. Kami menyaksikan bahwa DCT Agency ini sangat potensial untuk semakin berkembang dan turut memajukan industri kreatif Indonesia,” katanya.
Beroperasi sejak 2021, DCT Agency bergerak di bidang talent management dan digital advertising untuk mendukung branding perusahaan. CEO & Founder DCT Agency David Nugroho mengatakan, pihaknya menghadirkan empat layanan melalui Key Opinion Leader (KOL) Campaign, TikTok Live E-commerce, dan TikTok Ads and Shop Manager sesuai kebutuhan.
“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas pendanaan yang diberikan LLV kepada DCT Agency. Semoga suntikan dana investasi ini dapat membantu kami dalam berkembang dan memberikan dampak lebih luas untuk melahirkan talenta-talenta digital yang mampu mendorong penetrasi digitalisasi Indonesia,” katanya.
DCT Agency mengklaim telah melahirkan lebih dari 500 kreator di industri kreatif Indonesia. Di sepanjang 2022, DCT Agency menyebut telah mengantongi sebanyak 77,8 miliar tayangan dari 500 KOL di dalam jaringannya.
Dengan pencapaian ini, pihaknya akan memperluas layanannya ke platform lain dan menawarkan Software-as-a-Services (SaaS).
Saat ini, DCT Agency telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai 1st Best FnB MCN, Top 2 Best MCN, dan Nominated Best Fashion MCN dalam ajang TikTok Shop Indonesia Summit 2022 pada November 2022 lalu.
STEVY WIDIA
Discussion about this post