Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Manfaatkan Chatbot Guided Conversation, Efisiensi Layanan Pelanggan Bank DBS Indonesia Naik 80%

30 Juni 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Chatbot Guided Conversation

Manfaatkan Chatbot Guided Conversation, Efisiensi Layanan Pelanggan Bank DBS Indonesia Naik 80% (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bank DBS Indonesia memperkenalkan Guided Conversation, sebuah fitur yang terintegrasi ke dalam platform chatbot interaktif dan dirancang untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih tanggap, real-time, dan produktif.

Head of Technology and Operations Bank DBS Indonesia Sujatno Polina mengatakan, pihaknya memahami bahwa di balik setiap transaksi, ada nasabah dengan kebutuhan yang unik dan berbeda-beda. Mulai dari pertanyaan tentang akun dan rekening mereka, status pengajuan kartu kredit, cicilan, investasi, dan lain-lain.

“Guided Conversation adalah bagian dari komitmen kami untuk mengombinasikan data dan pengetahuan tentang nasabah dengan teknologi guna menyederhanakan pengalaman nasabah. Dengan kehadiran fitur ini, kami percaya dapat mendukung nasabah dalam menjalani hari-harinya dengan maksimal, tanpa perlu dirumitkan dengan urusan perbankan, atau ‘Live more, Bank less’,” kata Sujatno, Senin (30/6/2025).

Baca juga :   Menristek Gandeng Startup dan VC Untuk Program Percepatan

Dengan adanya Guided Conversation, nasabah dapat mengakses chatbot ini kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi DBS digibank secara gratis. Selain itu, fitur ini disertai dengan panduan perintah atau prompt yang cerdas, disesuaikan dengan beragam pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh nasabah.

Guided Conversation dapat menangani kebutuhan perbankan umum, seperti informasi kartu, pengiriman, dan penggantian kartu, dengan respons cepat tanpa harus menghubungi agen layanan pelanggan. Meski begitu, untuk isu yang lebih rumit, permintaan nasabah akan dialihkan ke agen agar dapat ditangani secara menyeluruh. Selain itu, dengan teknologi dua faktor autentikasi (2FA), Soft Token Provisioning, dan Know Your Customer (KYC) yang dibutuhkan untuk masuk ke aplikasi DBS digibank, seluruh interaksi dan transaksi dapat dipastikan privasi dan keamanannya.

Baca juga :   Asih Susiyanti : Sukses Memadukan Kreativitas Dengan Produk Tenun Lokal

Sejak diluncurkan, Guided Conversation telah secara signifikan meningkatkan keterlibatan nasabah di Bank DBS Indonesia, dengan tingkat adopsi 15 kali lipat dari enam ratus (Januari 2024) menjadi 10,2 ribu pengguna (Maret 2025) sekaligus mengurangi biaya operasional sebesar 25%.

Lebih dari itu, salah satu success story Guided Conversation juga mampu menjawab pertanyaan tentang status pengiriman kartu. Sebagai hasilnya, fitur GC Card Delivery yang dirilis pada Juni 2024 berhasil menurunkan peringkat pertanyaan terkait status pengiriman kartu dari posisi ketiga menjadi ke-11 dalam interaksi ke customer center. Secara keseluruhan, kehadiran Guided Conversation berhasil memangkas permintaan layanan manual hingga 80%.

“Guided Conversation tidak hanya mendorong efisiensi layanan, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 18%. Fitur ini merupakan batu loncatan dalam layanan pelanggan di Bank DBS Indonesia. Ke depannya, kami akan mengembangkan sistem ini lebih jauh dengan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI), yang tidak hanya memberikan jawaban otomatis, tetapi juga mampu berinteraksi secara lebih alami dan intuitif. Dengan pemahaman bahasa alami (Natural Language Processing/NLP), sistem ini dapat mengenali kebutuhan nasabah secara lebih cerdas dan memberikan solusi yang tepat,” tutup Sujatno.

Baca juga :   ArgaPro Hadirkan Layanan P2P Lending Untuk UMKM

 

STEVY WIDIA

Tags: Guided Conversationplatform chatbot
Previous Post

Tingkatkan Literasi Keuangan Investor Indonesia, QFIA Luncurkan Inisiatif Pendidikan Publik Global Kedua

Next Post

Dorong Pertumbuhan Pasar di Indonesia iQIYI Gandeng Telkomsel

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Dorong Pertumbuhan Pasar di Indonesia iQIYI Gandeng Telkomsel

Dorong Pertumbuhan Pasar di Indonesia iQIYI Gandeng Telkomsel

Lenovo Perluas Ekosistem Copilot+PC di Indonesia, Didukung AMD Ryzen AI Generasi Terbaru

Lenovo Perluas Ekosistem Copilot+PC di Indonesia, Didukung AMD Ryzen AI Generasi Terbaru

BNIdirect

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version