Melalui Solusi Teknologi, Omzet Mitra SIRCLO Meningkat 34%

SIRCLO Group

3 Tips Bagi Pelaku UMKM untuk Genjot Performa Bisnis Sampai Akhir Tahun. (Foto: dok.youngster.id)

youngster.id - Hampir 1 juta UMKM telah bergabung ke dalam ekosistem SIRCLO Group yang terdiri dari pemilik brand, warung dan mikro/nano influencer. Omzet UMKM meningkat 34% setelah bergabung dengan SIRCLO.

Masing-masing memiliki beragam tantangan, seperti; tidak adanya informasi terkait digitalisasi bisnis, kurangnya akses terhadap sistem distribusi barang yang mumpuni, hingga sulitnya mendapat kesempatan untuk meningkatkan omzet dan pendapatan.

Dalam laporannya beratjuk “Integrasi Digital SIRCLO Group untuk Usaha dan Kesejahteraan UMKM”, startup ini menyampaikan dampak dari berbagai solusi yang ditawarkan atas tantangan yang dihadapi UMKM di Indonesia. Khususnya melalui ragam solusi di dalam ekosistem SIRCLO Group yang melayani UMKM, yaitu SIRCLO Store (dasbor yang membantu brand UMKM berjualan online melalui berbagai berbagai kanal sekaligus, seperti website dan marketplace), Warung Pintar (solusi digital bagi para pemilik warung untuk memenuhi segala kebutuhan warung mereka), dan IbuSibuk (solusi pemberdayaan ekonomi bagi komunitas Ibu untuk menjadi influencers).

Brian Marshal, CEO dan Founder, SIRCLO Group, menjelaskan laporan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen sosial dari berbagai solusi yang ditawarkan oleh SIRCLO Group.

“Kami percaya, jika setiap kegiatan bisnis mulai dari hulu ke hilir dilakukan dengan sistem dan cara yang berkelanjutan, kami pun dapat memberikan manfaat yang tidak hanya dirasakan bagi ekosistem SIRCLO Group, tetapi juga kepada seluruh masyarakat secara luas,” kata Brian, Kamis (29/9/2022).

Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 merangkum dampak dan pencapaian yang dihasilkan ke dalam 4 pilar, yakni Bisnis, Sosial Ekonomi, Inklusivitas, dan Lingkungan. Pilar keberlanjutan yang dibuat oleh SIRCLO didasari oleh agenda pembangunan dunia, khususnya kerangka Sustainable Development Goals (SDGs), yang bertujuan untuk memastikan kesejahteraan manusia dan bumi.

Beberapa pencapaian yang dirangkum dalam Laporan Dampak Sosial Ekonomi SIRCLO Group untuk UMKM sebagai berikut:

Pilar 1: Bisnis

Solusi SIRCLO Group mendorong efisiensi proses bisnis sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan usaha UMKM.

Pilar 2: Sosial Ekonomi

SIRCLO Group memperhatikan peningkatan kesejahteraan UMKM yang meliputi pendapatan, konsumsi, literasi, serta dampak bagi konsumen dan lingkungan sekitar mereka.

Pilar 3: Inklusivitas

SIRCLO Group berkomitmen untuk membuka segala peluang bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya perempuan dan penyandang disabilitas untuk bergabung dan ikut berperan dalam kegiatan bisnis di dalam ekosistem SIRCLO Group.

Pilar 4: Lingkungan

SIRCLO Group berupaya mendorong efisiensi bisnis yang berkorelasi dengan penurunan emisi dan dampak terhadap lingkungan yang lebih baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada partner bisnis, mitra UMKM, dan para ibu influencer atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan selama ini. Pada akhirnya, ini merupakan pencapaian bersama yang perlu terus dicapai dan diukur sehingga dampak yang diberikan bersifat jangka panjang guna mendorong ekosistem bisnis UMKM serta lingkungan hidup agar bisa jauh lebih baik lagi. Laporan ini pun akan turut menjadi bahan evaluasi internal mengenai layanan dan produk yang harus dikembangkan kedepannya, khususnya teknologi dan bisnis yang mengedepankan peningkatan literasi dan evaluasi berkala,” tutup Brian.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version