Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Menangkap Potensi Masa Depan Industri Kecantikan Halal di Indonesia

6 April 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
industri kecantikan halal

Menangkap Potensi Masa Depan Industri Kecantikan Halal di Indonesia (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menghadapi era baru yang ditandai dengan inovasi, keberlanjutan, dan adaptasi strategis, industri kecantikan halal di Indonesia berada pada titik krusial.

Dengan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, yang mencapai 86,7% pada November 2023 menurut World Population Review, dan proyeksi dari Pew Research Center yang memperkirakan peningkatan populasi Muslim global hingga 30% pada tahun 2030, Indonesia memiliki peluang emas untuk mendefinisikan ulang industri kecantikan halal.

Perubahan perilaku konsumen yang signifikan, dipicu oleh meningkatnya kesadaran terhadap gaya hidup halal dan preferensi akan produk atau brand yang mengadopsi praktik berkelanjutan, menuntut brand lokal untuk mampu beradaptasi dengan cepat.

Penerapan strategi pemasaran digital dan optimasi teknologi pun kini menjadi krusial untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dengan konsumen dan menguatkan kepercayaan konsumen terhadap brand yang menawarkan produk kecantikan halal.

Di kancah global, pertumbuhan demografis Muslim memberikan kesempatan bagi brand kecantikan halal asal Indonesia untuk tidak hanya menjangkau pasar domestik tetapi juga memperluas cakupan ke pasar internasional.

Baca juga :   Empat Raksasa Startup Indonesia Berbagi Inspirasi di Bandung ICT EXPO

Achmad Alkatiri, CEO dan Founder Hypefast menegaskan, dengan inovasi produk berkelanjutan dan branding yang efektif, Indonesia berpotensi besar menjadi pemimpin pasar kecantikan halal dunia, memanfaatkan kekayaan bahan baku lokal untuk menegaskan posisinya di pasar global.

Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 tentang sertifikasi halal dan penilaian The State of Global Islamic Economy 2023 oleh Dinar Standard, yang menempatkan industri halal Indonesia di urutan ketiga dunia, menandakan momentum untuk percepatan pertumbuhan industri kecantikan halal.

Selain itu, menghadapi regulasi 2026 yang mengharuskan kemasan produk kecantikan di Indonesia bersertifikasi halal, industri harus mampu beradaptasi untuk memprioritaskan kepercayaan konsumen dan keunggulan kompetitif. Kepatuhan pada standar BPOM dan sertifikasi halal menjadi sangat penting, menegaskan komitmen produsen terhadap kualitas dan keamanan.

Baca juga :   NOORE Sport Hijab Menerima Pendanaan Dari Hypefast

“Dengan landasan yang kuat dan visi ke depan, industri kecantikan halal di Indonesia siap mengambil peran kepemimpinan di kancah internasional, membuka era baru pertumbuhan dan inovasi,” kata Achmad, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Oleh karena itu, kolaborasi antar stakeholders, termasuk pemerintah, asosiasi, dan perusahaan seperti Hypefast, akan menjadi kunci dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang. Bersama-sama dapat menciptakan ekosistem kecantikan halal yang inklusif, berkelanjutan, dan inovatif, tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk panggung global.

Tri Widayanti (Tiwi) dari Fabil Natural, brand kecantikan halal yang mengusung pendekatan sunnah dengan bahan-bahan herbal, menyoroti data dari Badan Pusat Statistik, yang menunjukkan pertumbuhan signifikan UMKM dalam industri kecantikan di Indonesia, menandai peluang besar di pasar lokal.

Baca juga :   Enduro Student Program Cetak Entrepreneur Muda di NTT

Meski kemajuan teknologi telah memudahkan dan memberikan banyak manfaat, industri ini tetap menghadapi tantangan berupa persaingan ketat antar brand dan perubahan cara brand dan konsumen saling berinteraksi melalui media sosial, yang menuntut strategi yang lebih fleksibel dan inovatif.

“Efisiensi dalam menjangkau konsumen, mulai dari mengedukasi mereka secara transparan tentang  kandungan  yang  terdapat  dalam  produk  kecantikan  halal,  hingga  memenuhi pesanan dan pengiriman yang cepat juga menjadi faktor penting untuk sukses di pasar kecantikan digital saat ini,” kata Tiwi.

Menurutnya, adanya sertifikasi halal bukan hanya soal memenuhi regulasi, tetapi membangun fondasi kepercayaan yang lebih dalam dengan konsumen.

“Sehingga, dengan dukungan dari pemerintah, ketersediaan sumber daya yang kaya, dan komitmen seluruh pelaku industri, Indonesia siap membawa ambisi menjadi pusat industri halal global dalam beberapa tahun mendatang,” tutup Tiwi.

 

HENNI S.

Tags: Fabil NaturalHypefastIndustri Kecantikan Halal
Previous Post

Cashlez Jadi Penyedia Perangkat Pembayaran untuk Merchant Bank Mayapada

Next Post

JBL Land di Roblox Sediakan Ruang Kreatif untuk Berekspresi

Related Posts

Achmad Alkatiri
Headline

Raih Profitabilitas Penuh di 2024, Hypefast Dorong Ekspansi Brand Lokal di Asia Tenggara

21 Mei 2025
0
belanja online
News

Pendekatan Strategis untuk Mengatasi Perang Harga di Pasar Indonesia

3 Juli 2024
0
Achmad Alkatiri
Headline

Hypefast Advokasi Perubahan Strategi Brand Lokal untuk Menavigasi Kelelahan Pemasaran

14 Mei 2024
0
Load More
Next Post
JBL Land

JBL Land di Roblox Sediakan Ruang Kreatif untuk Berekspresi

Bank DBS Indonesia X Indorama

Dukung Agenda Keberlanjutan, Bank DBS Indonesia Beri Fasilitas Kredit US$10 Juta ke Indorama

ekspor

LPEI Dorong 104 Pelaku UKM Perluas Pasar Ekspor

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version