youngster.id - Pengguna muda Meta, teruatam Gen Z, di Indonesia memiliki karakter berani dalam mengambil keputusan untuk mendapatkan pengalaman online yang menyenangkan sesuai preferensi mereka.
Hal itu terungkap hasil survey terbaru Meta dengan Cretivox. Survei ini dilakukan pada pada bulan Februari 2024 dengan menganalisa tujuh topik; yaitu: aktivisme, media sosial, fashion dan kecantikan, wellbeing, interaksi sosial, kreator, hingga keuangan. Survei yang menyasar responden muda (15-30 tahun) ini diikuti oleh hampir 10,000 pengguna dari berbagai provinsi di Indonesia. 10 provinsi dengan responden terbanyak adalah: Banten, Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Utara.
“Di Indonesia, kami melihat pengguna muda menjadi salah satu penggerak tren, budaya, percakapan dan best practices di platform Meta. Mereka berani berekspresi dan berkreasi untuk membawa manfaat dan pengalaman yang positif. Di Meta, kami fokus untuk mendukung pengguna, terutama para kreator muda, melalui pembaruan fitur yang menjawab kebutuhan agar mereka memiliki lebih banyak ruang untuk berkreasi dengan kreatif,” papar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara, dikutip Jum’at (29/3/2024).
Surveiu menyebutkan, bagi pengguna muda, media sosial bukan hanya tempat untuk selfie atau update status, tapi juga ruang untuk menyuarakan isu-isu sosial. Sebanyak 87% berpendapat, bahwa media sosial adalah platform efektif untuk menyuarakan isu-isu penting.
Hal ini senada dengan laporan dari 2024 Instagram Trend Talk yang menyebutkan, bahwa tahun ini akan menjadi tahun di mana Gen-Z mengambil peran lebih aktif terhadap isu-isu yang mereka anggap penting. Hal ini mereka lakukan dengan cara mengedukasi diri sendiri dan orang lain, menggunakan hak pilihnya, serta memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan awareness terkait isu-isu yang mereka minati.
Survei itu juga menyebutkan, 35% berpendapat, bahwa terhubung dengan orang lain di media sosial adalah hal yang penting karena dapat menciptakan peluang baru. Meta menyediakan berbagai format yang memungkinkan pengguna mengekspresikan diri dengan berbagai cara. Dari Feed, Reels, dan Story untuk berbagi momen seru, hingga Live dan Saluran Siaran untuk tetap terhubung dengan komunitas.
Baru-baru ini Instagram juga melakukan beberapa pembaruan untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna dalam berkirim DM di Instagram; seperti fitur edit pesan dan pin thread. Pengguna juga bisa memilih untuk mematikan atau mengaktifkan read receipt dalam obrolan di DM. Meta juga menghadirkan beberapa pembaruan di Threads seperti tag topik, polling, GIF, hingga pesan suara. Ditambah lagi dengan kehadiran WhatsApp Channel yang memudahkan pengguna berkomunikasi dan terkoneksi dengan orang dan organisasi yang diminati.
Lalu, hampir 65% pengguna muda cenderung mengikuti kreator yang memiliki gaya kasual. Di Meta, ada berbagai macam kreator fashion yang menginspirasi, termasuk yang bergaya kasual. Seperti Farhan Bashel yang sering membagikan tips fashion sehari-hari yang nyaman namun tetap stylish.
Selain peduli terhadap fashion, 86,5% menganggap skincare sebagai hal penting dalam perawatan diri. Namun demikian, hampir setengah dari mereka mengakui, bahwa melakukan perawatan kulit secara rutin menjadi tantangan tersendiri (42,5%).
Survei menyebutkan hampir setengah pengguna muda berkeinginan meraih kesuksesan profesional (42%), namun mereka juga menginginkan ketenangan pikiran dan hati (34%). Cara mereka mengatasi stres juga tergantung pada situasi (35%), salah satunya adalah dengan berselancar di media sosial (28,5%). Pengguna muda juga memiliki kesadaran akan pentingnya menyeimbangkan waktu interaksi online di media sosial dengan kegiatan offline mereka sehari-hari.
Mayoritas pengguna muda memilih menghabiskan waktu dengan hangout, makan-makan, dan menjelajahi tempat-tempat menarik bersama teman (72,5%). Kreator yang rajin berbagi konten menarik menjadi elemen tak terpisahkan dari interaksi sosial yang diinginkan oleh banyak kaum muda. Banyak dari para pengguna muda ini terinspirasi untuk eksplorasi tempat-tempat baru berkat informasi yang dibagikan oleh para kreator konten di Meta.
Pengguna muda mengikuti selebriti atau kreator favorit bukan hanya karena gayanya, tapi juga karena skill yang kreator tersebut miliki (43%). Menariknya, hampir setengah pengguna muda (47%), termasuk yang berada di provinsi Aceh, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Sulawesi Utara menyebutkan, bahwa mereka ingin menjadi terkenal, tetapi masih ragu karena tidak percaya diri.
Sebanyak 66,5% pengguna muda menyadari perlunya asuransi untuk melindungi jiwa dan aset pribadi. Mereka juga memilih berinvestasi pada aset yang nilainya selalu tumbuh seperti properti (58%). Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya perlindungan finansial dan manfaat dari pertumbuhan investasi seiring waktu untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.
STEVY WIDIA