Minggu, 16 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

PDB Industri Ekonomi Kreatif Tahun Depan Capai 6,25%

11 Desember 2017
in Headline, News
Reading Time: 1 min read
Bekraf Developer Conference 2017 : Rumuskan Strategi Ekonomi Kreatif Digital

Hari Santosa Sungkari Deputi Infrastruktur Bekraf pada pembukaan Bekraf Developer Conference (BDC) 2017. (Foto: Bekraf/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif memprediksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor industri ekonomi kreatif bisa mencapai hingga 6,25% pada tahun 2018. Kenaikan ini diharapkan mampu menyerap hingga 16,7 juta tenaga kerja.

“Salah satu sektor industri kreatif yang potensinya sangat besar adalah arsitektur,” kata Hari Santoso, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Minggu (10/12/2017) di Jakarta.

Menurut Hari, bidang arsitektur memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah kurangnya jumlah arsitek di Indonesia. Berdasarkan data Ikatan Arsitek Indonesia, dari 250 juta penduduk, hanya 15.000 orang yang berprofesi sebagai arsitek.

“Selain itu, tantangan lainnya adalah pengembang besar lebih banyak menggunakan arsitek asing daripada arsitek lokal,” tuturnya.

Baca juga :   Peluang Startup Indonesia Jadi Unicorn Terbuka Lebar

Untuk itu, kata dia, Bekraf memasukkan arsitektur sebagai salah satu subsektor yang layak untuk dikelola secara lebih serius.

Selain itu, Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik menyebutkan ada tiga subsektor ekonomi kreatif yang memiliki daya tarik dan dapat memengaruhi berkembangnya sektor lain, yakni film, animasi, dan musik. Bekraf sedang mengembangkan berbagai program yang memerlukan dukungan jejaring internasional kuat, seperti animasi, barang-barang kerajinan, dan tenun. Namun, upaya tersebut tidak akan berhasil bila para pelaku tidak menggali bidang usaha yang tersedia.

Secara keseluruhan, Bekraf membidangi 16 sebsektor ekonomi kreatif, antara lain, fesyen, film dan animasi, kuliner, kriya, seni rupa, seni pertunjukan, seni musik, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, pengembang aplikasi dan games, televisi dan radio, serta fotografi.

Baca juga :   Literasi Digital Nasional Galakkan Cakap Digital di Seluruh Indonesia

Seluruh subsektor ini diharapkan dapat menjadi andalan baru penggerak perekonomian nasional, baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto, peningkatan ekspor, maupun penyerapan tenaga kerja.

 

STEVY WIDIA

Tags: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)industri ekonomi kreatifProduk Domestik Bruto (PDB)
Previous Post

Tips Aman Belanja Online Saat Harbolnas

Next Post

Fasilitasi Anak Muda Kreatif, Telkomsel Gelar LOOP Arena di 11 Kota

Related Posts

beasiswa Moonton Games
Headline

Industri Game Sumbang Rp 24,88 Triliun untuk PDB Indonesia di 2020

18 Agustus 2021
0
Facebook Tawarkan Solusi Konektivitas di Indonesia
Headline

Ekonomi Digital Baru Sumbang 4% PDB Indonesia

30 Juni 2021
0
GoTo2
Headline

GoTo Bisa Berkontribusi Lebih Dari 2% PDB Indonesia

18 Mei 2021
0
Load More
Next Post
Fasilitasi Anak Muda Kreatif, Telkomsel Gelar LOOP Arena di 11 Kota

Fasilitasi Anak Muda Kreatif, Telkomsel Gelar LOOP Arena di 11 Kota

Go-Jek Siap Luncurkan Layanan Blue Bird

Go-Jek Siap Landas Untuk IPO

IdEA Buka Pendaftaran PSE Bagi Bisnis Online

IdEA Buka Pendaftaran PSE Bagi Bisnis Online

Discussion about this post

Recent Updates

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

Laba SeaBank Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar

15 November 2025
Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

Sulianto Indria Putra, Pemuda Beraset Rp 100 Miliar Yang Ingin Berbagi Ilmu

15 November 2025
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version