Pemuda Tani Expo 2022, Wadah Bertukar Informasi Teknologi Pertanian

digital farming

Founder Startup Ditantang Cari Solusi Pertanian Lewat Digital Farming (Foto: ilustrasi)

youngster.id - Jumlah petani muda atau milenial yang ada saat ini terbilang sedikit. Data Kementerian Pertanian mengungkapkan, ada 29% dari 33 juta petani di Indonesia yang berusia dibawah 45 tahun. Karena itu, regenerasi di sektor pertanian merupakan hal yang penting, sebab 10-20 tahun mendatang, 70% petani tersebut sudah memasuki usia pensiun

Untuk mendorong pertumbuhan petani muda, Pemuda Tani Indonesia menggelar Pemuda Tani Expo 2022. Kegiatan bertema “Transformasi Petani Indonesia” selain menghadirkan produk-produk unggulan pertanian, juga menjadi wadah pertukaran informasi teknologi dan inovasi pertanian.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong kader Pemuda Tani menunjukan hasil inovasinya di bidang pertanian dan bagi yang belum mengerti dunia pertanian,” kata Budisatrio Djiwandono Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia dalam keterangan pers, Minggu (27/11/2022).

Pemuda Tani Expo ini berlangsung pada 25-26 November 2022 di Gandaria City Mall, Jakarta. Kegitan ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36, Pemuda Tani Indonesia. “Pemuda Tani Expo 2022 dapat menjadi wadah untuk mencari informasi serta bertukar pikiran mengenai inovasi-inovasi pertanian,” ujar Budisatrio.

Menurut dia, Pemuda Tani Indonesia juga telah menyeleksi para pemuda berbagai daerah di tanah air untuk program Duta Pemuda Tani.  Hasilnya terpilih 5 orang finalis yang telah diberangkatkan langsung dari Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.

“Pemuda Tani Expo memberikan ruang bagi anak-anak muda yang sudah menekuni dunia pertanian, kisah sukses mereka dapat kita gaungkan supaya masyarakat dapat berfikir bahwa dunia pertanian itu asik, keren, dan menguntungkan,” kata Budisatrio.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pemuda Tani Indonesia Suroyo mengajak organisasi mahasiswa pertanian, peternakan dan perikanan seperti ISMPI, FKK Himagri, ISMAPETI dan HIMAPIKANI untuk terus mendorong semangat anak muda dalam pembangunan pertanian, perikanan dan peternakan

“Kami berharap bisa membangun organisasi ini sampai terbentuk perwakilan diberbagai daerah di Indonesia, Ini menjadi tekad kami dengan semangat anak-anak muda.  Kami bisa menjadi organisasi besar sehingga Kedaulatan Pangan bisa terwujud dan pembangunan saat ini ada ditangan generasi muda sehingga perlu kolaborasi dengan banyak pihak,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version