Pendapatan Edtech Cakap Naik Dua kali Lipat, Siapkan Strategi untuk Capai Target Ke Depan

edtech Cakap

Pendapatan Edtech Cakap Naik Dua kali Lipat, Siapkan Strategi untuk Capai Target Ke Depan (Foto: Istimewa)

youngster.id - Edtech Cakap mencatatkan pendapatan yang tumbuh dua kali lipat pada kuartal dua tahun ini, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (YoY). Hasil positif ini diraih secara berturut-turut sejak 2020.

Cakap memiliki tiga pilar usaha yang terdiri dari bahasa, upskill dan bisnis. Hingga saat ini, pilar bahasa masih memimpin sumbangsih terbesar bagi perusahaan dengan peningkatan persentase siswa di Bahasa Jepang, Korea dan Mandarin. Bahkan, peminat Bahasa Korea telah melampaui peminat Bahasa Mandarin dalam enam bulan terakhir.

Jonathan Dharmasoeka, Chief Financial Officer Cakap mengatakan, Cakap menunjukkan kinerja yang baik di kuartal kedua 2023, di mana semua segmen mengalami peningkatan serta membukukan EBITDA positif.

“Pendapatan naik dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai target tahunan,” klaim Jonathan, Kamis (24/8/2023).

Berdasarkan analisa dari lembaga global Euromonitor, industri pendidikan Indonesia diproyeksikan akan terus tumbuh. Laporan ini juga menunjukkan bahwa omzet pasar pendidikan Indonesia akan mencapai US$58,9 miliar atau setara dengan Rp898 triliun.

Omzet diperkirakan tumbuh sekitar 8% CAGR (2021-2026), dengan jenis pendidikan bagi usia dewasa dan lainnya (vokasi) menunjukkan pertumbuhan yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa bidang pendidikan masih menarik dari segi bisnis.

Awal tahun ini, Cakap menerima pendanaan dari MDI ventures dan Heritas Capital. Pendanaan seri C1 tersebut memberikan Cakap valuasi lebih dari US$100 juta.

Secara statistik hingga semester satu 2023, total kumulatif siswa Cakap mencapai empat juta, dengan rating aplikasi yang tinggi di angka 4,9 (App store) dan 4,8 (Play Store). Cakap telah memberdayakan lebih dari 2.000 guru dan pembelajarannya melayani seluruh 38 provinsi di Indonesia.

Untuk mencapai target perusahaan, Cakap menerapkan sejumlah strategi bisnis yang akan maupun sudah diterapkan pada semester dua tahun ini. Strategi yang diselaraskan dengan hasil penelitian Bank Dunia bahwa terdapat masa kehilangan pembelajaran bahasa di kalangan siswa sekolah dasar Indonesia hingga 10,8 bulan, selama masa pandemi Covid-19.

Cakap optimis bahwa sistem pembelajaran bauran antara online dan offline atau blended learning akan menjadi tren yang diminati,” ucapa Jonathan.

Guna mewujudkan strategi tersebut dan menjadi solusi atas masa kehilangan belajar di kalangan siswa, Cakap meluncurkan Cakap Kids Academy, sebuah inisiatif yang mempertemukan pembelajaran bahasa tatap muka yang dilengkapi fasilitas belajar untuk meningkatkan soft skill, keterampilan motorik, dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak usia 4-12 tahun. Perusahaan berencana untuk terus berekspansi melalui penyediaan fasilitas belajar tatap muka di sejumlah kota besar tanah air.

Selain itu, edtech berstatus centaur ini juga baru saja meluncurkan Cakap English Standardized Test (CEST), sistem tes Bahasa Inggris hasil kurasi dan dikembangkan oleh tim kurikulum Cakap. CEST adalah tes Bahasa Inggris yang setara dengan tes standar internasional yang sudah ada, seperti TOEFL. Sejak diluncurkan pada akhir kuartal satu, CEST sudah dipercaya sejumlah institusi belajar formal yang mengadopsi tes ini sebagai alat ukur kemampuan bahasa.

“Sudah terdapat 14 institusi dengan setidaknya 5.000 siswa telah dijadwalkan untuk tes menggunakan CEST,” tambah Jonathan.

CEST hadir dengan menawarkan sejumlah keunggulan. Antara lain bisa dilakukan di mana saja dengan perangkat sendiri, namun dengan validitas yang tetap terjaga karena sistem pengawasan dilakukan oleh perpaduan manusia dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Keunggulan lainnya terdapat dari segi fleksibilitas waktu, biaya yang lebih terjangkau, serta hasil yang lebih cepat.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version