Pengguna Mobile Game di Dunia Belanjakan Rp616 Triliun pada Paruh Pertama 2022

Mobile Premier League

Game dari Mobile Premier League. (Foto: istimewa)

youngster.id - Pengguna mobile game di seluruh dunia membelanjkan US$41,2 miliar atau sekitar Rp616 triliun pada paruh pertama 2022. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower.

Para pengguna mobile game di iOS menghabiskan sekitar US$25,6 miliar di App Store. Itu turun 0,8%secara tahunan dari US$25,8 miliar pada periode yang sama tahun 2021.

Sementara di Google Play, pengguna mobile game menghabiskan US$15,6 miliar. Itu turun 14,8% secara tahunan dari US$18,3 miliar pada periode yang sama tahun 2021.

Nilai itu turun 6,6% secara tahunan (Year over Year, YoY) dari US$44,1 miliar atau sekitar Rp660 triliun pada paruh pertama 2021.

Baik belanja pengguna di App Store maupun Google Play, menurut Sensor Tower, mengalami penurunan, meskipun penurunan di Google Play lebih tinggi.

Meskipun pengeluaran pemain turun di paruh pertama tahun ini, angka unduhannya mengalami sedikit peningkatan secara tahunan. Di App Store dan Google Play, mobile game mencapai sekitar 28,1 miliar unduhan secara global, naik 0,4% secara tahunan dari 28 miliar pada paruh pertama 2021.

Pertumbuhan ini dipimpin oleh Google Play, di mana pemasangan mobile game tumbuh 1,3% secara tahunan menjadi 23,9 miliar dari 23,6 miliar pada periode tahun lalu. Sebaliknya, App Store Apple mencapai sekitar 4,2 miliar, turun 4,5%Y/Y dari 4,4 miliar pada paruh pertama 2021.

Pengeluaran mobile game telah dipengaruhi oleh normalisasi setelah lonjakan selama pandemi serta hambatan ekonomi di seluruh dunia. Riset ini mendapati 2 mobile game paling laris teratas di paruh pertama tahun ini masing-masing menghasilkan lebih dari US$ 1 miliar dari belanja pengguna. Mereka adalah Honor of Kings dan PUBG Mobile dari Tencent, termasuk versi lokal mereka di China.

Honor of Kings menghasilkan USD 1,4 miliar dari belanja pengguna pada paruh pertama tahun ini. Smentara itu, first person shooter PUBG Mobile meraih pendapatan senilasi USD 1,1 miliar.

Di peringkat ketiga, ada Genshin Impact. Mobile game garapan miHoYo itu mencapai US$986,2 juta. Baru-baru ini, Genshin Impact telah melampaui US$3 miliar dalam belanja pengguna seumur hidup mereka; rata-rata sekitar US$1 miliar setiap enam bulan.

Kemudian di posisi berikutnya ada Candy Crush Saga dan Roblox; mereka melengkapi posisi lima besar. Candy Crush Saga mampu menghasilkan sekitar US$593,5 pada periode ini. Sementara itu, Roblox sukses meraup pendapatan sekitar US$576,5 juta.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version