Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Perang Tarif, Telkom Pilih Fokus Pada Kualitas Layanan Fix Broadband

26 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Fix Broadband

Fix Broadband. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 77 % dari total populasi atau sekitar 210 juta. Dari total pengguna itu, APJII mengungkapkan hanya 14,5% yang memiliki fasilitas fixed broadband. Dengan peluang pasar yang besar, maka persaingan diantara para penyedia layanan internet fixed broadband juga semakin ketat.

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk melalui Indihome yang merupakan layanan fix broadband di Indonesia fokus meningkatkan kualitas layanan Indihome kepada seluruh pelanggan di Indonesia. Hal itu disampaikan Telkom, di tengah maraknya perang tarif di industri fix broadband saat ini.

VP Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, pihaknya saat ini lebih fokus untuk memberikan kualitas layanan kepada masyarakat, dengan menaikkan speed kepada pelanggan, dengan harga langganan yang tetap.

Baca juga :   IndiHome Tembus 4 juta Pelanggan

“Karena kami market share terbesar di Indonesia, fokus kami adalah secepatnya memberikan atau meningkatkan kembali speed, sehingga pelanggan bisa menikmati speed yang lebih dari sekarang,” kata E. Kurniawan, VP Marketing Management PT Telekomuniasi Indonesia (Telkom) Tbk dalam acara Selular Business Forum yang bertajuk “Perang Tarif Internet: Mungkinkah Menular ke Penyedia Fixed Broadband,”? Senin (25/10/2022) di Jakarta.

Menurut Kurniawan, IndiHome mengusung konsep Window of Entertainment. Misalnya menyediakan konten menarik yang bekerja sama dengan 14 OTT partner seperti Netflix, MOLA, Vidio, WeTV, serta memiliki variasi paket sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari paket 30 Mbps hingga 300 Mbps.

Sedangkan, dari sisi Average Revenue Per User (ARPU) tidak terlalu berimbas pada Telkom. Karena, Telkom memiliki layanan end to end, yang bisa memberikan layanan kepada semua pelanggan dengan satu tarikan kabel. Sebagi informasi, Telkom saat ini memiliki ARPU untuk layanan fix broadband sebesar Rp 280.000.

Baca juga :   Di Daftar 500 QS World University Ada 3 Perguruan Tinggi Indonesia

“Telkom memiliki layanan bisnisnya yang ditujukan untuk Busniness to Business (B2B), dan Business to Consumer (B2C). Selain itu, dari sisi platform, ada yang fix broadband dan juga mobile seluler. Jadi dengan satu portofolio, akhirnya satu kabel misalnya bisa dipakai bersama-sama. Bisa dipakai buat retail fix broadband, seluler, atau bisa dipakai buat astinet, tarikan-tarikan yang bisa dipakai buat dedicated, perusahaan-perusahaan,” papar Iwan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif mengatakan kebutuhan akan internet membuat kompetisi penyedia jaringan internet meluas..

“Meski demikian, perang harga layanan Fixed Broadband masih dalam batas wajar dan APJII sangat mendukung agar pemerintah terus mengawasi dan menjaga iklim kompetisi bisnis FBB yang sehat,” ujar Arif.

Baca juga :   6 Finalis Miss Internet DKI Jakarta Siap Bersaing di Bali

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel) Sarwoto Atmosutarno menyebut untuk menjaga para pelanggannya maka penyedia layanan internet Fixed Broadband harus kreatif. “Selain menjaga kualitasnya juga serta menawarkan paket bundling dengan berbagai layanan streaming untuk menjaga pelanggan maupun menggaet pelanggan baru,” ungkapnya.

Saat ini terdapat sejumlah pemain utama. Seperti IndiHome, First Media, Biznet, MyRepublic, MNC Play, CBN,  Link Net, dan Oxygen.

Operator selular juga punya layanan sejenis, seperti XL Home (XL Axiata) dan HiFi (Indosat Ooredoo Hutchison). PLN juga sudah menyatakan terjun ke bisnis ini dengan bendera Iconnet. Belakangan, demi memperkuat fondasi bisnis ini, XL Axiata mengakuisisi First Media dari Lippo Group.

 

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)fixed broadbandIndiHomeMasyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel)perang tarifPT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk
Previous Post

Traveloka Staycation Week 2022 Wujudkan Rencana Liburan Singkat

Next Post

Penyatuan Dua Entitas Bisnis Ini Jadi Inspirasi Web Series Bergenre Komedi Romantis

Related Posts

Indonesia Internet Expo and Summit 2025 Ajang Kolaborasi Ekosistem Internet Nasional
Headline

Indonesia Internet Expo and Summit 2025 Ajang Kolaborasi Ekosistem Internet Nasional

22 Agustus 2025
0
Telkomsel Dukung Kemajuan Industri Games dan Esport Tanah Air Lewat MPL ID Season 14
News

Telkomsel Dukung Kemajuan Industri Games dan Esport Tanah Air Lewat MPL ID Season 14

20 November 2024
0
Inklusivitas Digital Menjadi Tantangan Bisnis Telekomunikasi Indonesia di 2024
News

Inklusivitas Digital Menjadi Tantangan Bisnis Telekomunikasi Indonesia di 2024

27 Agustus 2024
0
Load More
Next Post
IoH Web Series

Penyatuan Dua Entitas Bisnis Ini Jadi Inspirasi Web Series Bergenre Komedi Romantis

Bank Neo

Bank Neo Commerce Catatkan Laba Rp10,1 Miliar di Kuartal III

Hackathon Devcamp

Tokopedia DevCamp 2022, Cetak Talenta Digital Yang Dapat Ciptakan Inovasi

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version