Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Perang Tarif, Telkom Pilih Fokus Pada Kualitas Layanan Fix Broadband

26 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Fix Broadband

Fix Broadband. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 77 % dari total populasi atau sekitar 210 juta. Dari total pengguna itu, APJII mengungkapkan hanya 14,5% yang memiliki fasilitas fixed broadband. Dengan peluang pasar yang besar, maka persaingan diantara para penyedia layanan internet fixed broadband juga semakin ketat.

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk melalui Indihome yang merupakan layanan fix broadband di Indonesia fokus meningkatkan kualitas layanan Indihome kepada seluruh pelanggan di Indonesia. Hal itu disampaikan Telkom, di tengah maraknya perang tarif di industri fix broadband saat ini.

VP Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, pihaknya saat ini lebih fokus untuk memberikan kualitas layanan kepada masyarakat, dengan menaikkan speed kepada pelanggan, dengan harga langganan yang tetap.

“Karena kami market share terbesar di Indonesia, fokus kami adalah secepatnya memberikan atau meningkatkan kembali speed, sehingga pelanggan bisa menikmati speed yang lebih dari sekarang,” kata E. Kurniawan, VP Marketing Management PT Telekomuniasi Indonesia (Telkom) Tbk dalam acara Selular Business Forum yang bertajuk “Perang Tarif Internet: Mungkinkah Menular ke Penyedia Fixed Broadband,”? Senin (25/10/2022) di Jakarta.

Menurut Kurniawan, IndiHome mengusung konsep Window of Entertainment. Misalnya menyediakan konten menarik yang bekerja sama dengan 14 OTT partner seperti Netflix, MOLA, Vidio, WeTV, serta memiliki variasi paket sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari paket 30 Mbps hingga 300 Mbps.

Sedangkan, dari sisi Average Revenue Per User (ARPU) tidak terlalu berimbas pada Telkom. Karena, Telkom memiliki layanan end to end, yang bisa memberikan layanan kepada semua pelanggan dengan satu tarikan kabel. Sebagi informasi, Telkom saat ini memiliki ARPU untuk layanan fix broadband sebesar Rp 280.000.

“Telkom memiliki layanan bisnisnya yang ditujukan untuk Busniness to Business (B2B), dan Business to Consumer (B2C). Selain itu, dari sisi platform, ada yang fix broadband dan juga mobile seluler. Jadi dengan satu portofolio, akhirnya satu kabel misalnya bisa dipakai bersama-sama. Bisa dipakai buat retail fix broadband, seluler, atau bisa dipakai buat astinet, tarikan-tarikan yang bisa dipakai buat dedicated, perusahaan-perusahaan,” papar Iwan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif mengatakan kebutuhan akan internet membuat kompetisi penyedia jaringan internet meluas..

“Meski demikian, perang harga layanan Fixed Broadband masih dalam batas wajar dan APJII sangat mendukung agar pemerintah terus mengawasi dan menjaga iklim kompetisi bisnis FBB yang sehat,” ujar Arif.

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel) Sarwoto Atmosutarno menyebut untuk menjaga para pelanggannya maka penyedia layanan internet Fixed Broadband harus kreatif. “Selain menjaga kualitasnya juga serta menawarkan paket bundling dengan berbagai layanan streaming untuk menjaga pelanggan maupun menggaet pelanggan baru,” ungkapnya.

Saat ini terdapat sejumlah pemain utama. Seperti IndiHome, First Media, Biznet, MyRepublic, MNC Play, CBN,  Link Net, dan Oxygen.

Operator selular juga punya layanan sejenis, seperti XL Home (XL Axiata) dan HiFi (Indosat Ooredoo Hutchison). PLN juga sudah menyatakan terjun ke bisnis ini dengan bendera Iconnet. Belakangan, demi memperkuat fondasi bisnis ini, XL Axiata mengakuisisi First Media dari Lippo Group.

 

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)fixed broadbandIndiHomeMasyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel)perang tarifPT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk
Previous Post

Traveloka Staycation Week 2022 Wujudkan Rencana Liburan Singkat

Next Post

Penyatuan Dua Entitas Bisnis Ini Jadi Inspirasi Web Series Bergenre Komedi Romantis

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress
Headline

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
NextDev Academy 2023
Headline

NextDev Academy 2023, Perkuat Fundamental Startup Digital Indonesia

27 Januari 2023
0
Load More
Next Post
IoH Web Series

Penyatuan Dua Entitas Bisnis Ini Jadi Inspirasi Web Series Bergenre Komedi Romantis

Bank Neo

Bank Neo Commerce Catatkan Laba Rp10,1 Miliar di Kuartal III

Hackathon Devcamp

Tokopedia DevCamp 2022, Cetak Talenta Digital Yang Dapat Ciptakan Inovasi

Discussion about this post

Berita Terbaru

perilaku belanja konsumen

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
kosmetik

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
0
Cakap x Telkomcel

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version