Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Perusahaan Label Rekaman Ini Mantap Terjun ke Bisnis Konten OTT

17 Oktober 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
bisnis konten OTT

Perusahaan Label Rekaman Ini Mantap Terjun ke Bisnis Konten OTT (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan label rekaman dan manajemen artis Trinity Optima Production (TOP) kian konsisten membangun ekosistem entertainment yang lengkap di penghujung tahun 2022 ini. Seiring meningkatnya demand  konten dan konsumsi iklan, TOP semakin mantap untuk masuk ke bisnis konten over the top (OTT).

CEO Trinity Optima Production Yonathan Nugroho mengatakan, keputusan TOP untuk serius menjajaki bisnis konten di OTT berangkat dari analisa mendalam. Data dari Clarity Research Indonesia mencatat, pelanggan konten berlangganan atau subscription video on demand (SVOD) di Indonesia naik dari sekitar 200.000 di tahun 2016 menjadi 11,5 juta pengguna pada 2021. Bagi TOP, ini adalah sinyal baik terhadap masa depan konten digital.

Ditambah lagi, keberadaan iklan semakin bergeser dari TV atau media broadcast konvensional lainnya ke konten-konten yang diproduksi untuk OTT.

“Hal ini membuat kami yakin bahwa konten di OTT bisa menghasilkan revenue stream baru dengan tambahan iklan yang masuk. Bedanya, standar penayangan iklan lebih dikurasi dan tidak mempengaruhi jalan cerita maupun script. Konsumsi iklan dan permintaan format konten yang fresh adalah nilai tambah bagi OTT di mata kami, “ jelas Yonathan, Senin (17/10/2022).

Baca juga :   Tara Basro Jadi Brand Ambasador XL Axiata

Berdasarkan riset The Trade Desk dan Kantar berjudul Future of TV Indonesia 2022, Indonesia dipandang sebagai pasar yang paling toleran terhadap iklan di Asia Tenggara. Sebanyak 50 juta penonton di Indonesia bergantung pada OTT berbasis iklan, dimana 42% bersedia untuk menonton empat iklan atau lebih setiap jamnya demi mendapatkan konten gratis.

Riset ini juga memaparkan, tingkat kepekaan pada merek atau brand recall dari sebuah iklan di platform OTT meningkat secara signifikan. Sebanyak 35% penonton OTT mampu mengingat merek yang diiklankan, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu hanya sebesar 23%.

Di sisi lain, melejitnya penggunaan platform OTT melalui peningkatan jumlah penonton VOD di Indonesia, nyatanya memiliki tantangan tersendiri bagi kreator. Menurut Asia Video Industry Association (AVIA), ongkos produksi original content semakin mahal. Selain itu, pencarian talenta andal juga tidak mudah.

Baca juga :   ‘The Resonanz Children’s Choir’ Jadi Juara Umum di Kompetisi Paduan Suara Leonardo Da Vinci International Choral Festival

Trinity Pictures lantas hadir memberikan solusi agar kreator film lokal bisa tetap berkarya. Salah satunya dengan dukungan pendanaan, supervisi produksi, sampai promosi.

Selanjutnya, pemilihan medium tayang juga punya andil. Yonathan mengatakan pihaknya sangat terkesan dengan kinerja MAXStream. Adanya kesamaan visi, menurutnya, adalah langkah pertama yang harus dikantongi setiap bisnis untuk berekspansi.

“MAXstream punya performa yang luar biasa. MAXstream memiliki 8 juta pengguna aktif bulanan dan 32 juta unduhan. Selain di Indonesia, mereka juga sukses merambah pasar di kawasan Asia seperti di Malaysia, Brunei, dan Thailand. Hal ini tentu semakin membuat kami bersemangat dan percaya diri untuk memproduksi konten audio visual, sebagai salah satu fondasi ekosistem entertainment yang sedang dibangun,” katanya.

Baca juga :   Pemerintah Formulasikan Aturan Proposional Bagi OTT

Keseriusan TOP terjun ke bisnis OTT ditunjukkan melalui peluncuran serial terbaru “Diary Putih Abu-Abu”.

Yonathan sangat optimis serial ini mendapat sambutan baik dari penonton. Sebab, grup vokal Putih Abu-Abu memiliki basis fans yang sangat baik dan solid, didukung oleh profesionalisme dan talenta masing-masing anggotanya. Grup yang beranggotakan 6 anggota perempuan yang terdiri dari Cheryll FS (Cheryll), Tiara Kamilah (Taya), Karina Amelia Putri (Karin), Alma Thania (Alma), Reikhansa (Rei), dan Neneng Intan (Intan), ini memiliki akun YouTube dengan subscribers sebanyak 7 juta dan views lebih dari 1.75 miliar views.

“Ini menjadi kunci agar debut di luar core musik bisa sukses. Jadi tidak asal lagi tren lalu terjun ke lini lain. Semua harus ada persiapan dan analisa pasar dan perilaku audiensnya,” pungkas Yonathan.

 

HENNI SOELAEMAN

Tags: bisnis konten OTTOver The Top (OTT)Trinity Optima Production (TOP)
Previous Post

Telkomsel Perluas Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE di 19 Kota/Kabupaten

Next Post

Pertamina Dukung UKM Difabel Dari Maluku Utara Naik Kelas

Related Posts

Dorong Pertumbuhan Pasar di Indonesia iQIYI Gandeng Telkomsel
Headline

Dorong Pertumbuhan Pasar di Indonesia iQIYI Gandeng Telkomsel

1 Juli 2025
0
Trinity Optima Production
Headline

Transformasi Bisnis, Trinity Optima Production Kembangkan Perusahaan Investasi Ventura

23 November 2022
0
Trinity
News

Permudah Akses Pelaku Musik Kedua Negara, TOP Berkolaborasi dengan Perusahaan Hiburan Korea Selatan

8 November 2022
0
Load More
Next Post
Gernas BBI Maluku Utara 2022

Pertamina Dukung UKM Difabel Dari Maluku Utara Naik Kelas

Pocket Founder

East Ventures Pimpin Pendanaan Pre-Seed Untuk Pocket, Startup Keuangan Holistik Keluarga

Budi Ulia - Indodana

Indodana Ajak Mahasiswa Universitas Tanjungpura Paham Fintech Agar Nyaman dan Tepat Guna

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version